Ini Perbandingan Spesifikasi HP Vivo V20 SE dan Oppo A92

Vivo V20 SE dan Oppo A92
(Sumber gambar: Vivo dan Oppo)

Vivo V20 SE dan Oppo A92 adalah dua ponsel pintar atau HP di kelas menengah. Saat sama-sama pertama kali diumumkan, harga kedua HP ini pun tak terpaut jauh.

Oppo A92 pada saat perilisannya pada Mei 2021 dibanderol Rp 4,2 jutaan. Sementara itu, Vivo V20 SE yang merupakan versi murah dari Vivo V20, dirilis pada akhir September 2021 dengan banderol Rp 4 jutaan.

Ada beberapa kesamaan dan perbedaan spesifikasi dari kedua HP ini. Mari kita bahas satu per satu aspeknya, mulai dari desain, spesifikasi system-on-chip, kamera, layar, sampai baterai. Simak selengkapnya dihimpun resumecheap.com dari situs resmi Vivo dan Oppo:

Vivo V20 SE dan Oppo A92 punya desain yang cukup mencolok

Vivo V20 SE dan Oppo A92
(Sumber gambar: Oppo dan Vivo)

Dari segi desain, kedua HP ini sepertinya punya perbedaan yang cukup mencolok. Di bagian depan misalnya, Oppo A92 menggunakan layar dengan punch-hole atau lubang kecil wadah kamera depan. Lubang kamera kecil tersebut berada di pojok kiri atas.

Sementara itu, di bagian depan Vivo V20 SE, layarnya dilengkapi dengan notch atau poni berbentuk tetesan air (waterdrop notch).

Lalu, beralih ke bagian belakangnya, dua HP ini punya desain yang sama-sama menarik.

Pada Vivo SE, di bodi belakangnya terlihat ada gradasi warna. Misal, pada Oxygen Blue, di bagian atasnya warna birunya sedikit lebih cerah ketimbang di bagian bawahnya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Vivo V20 Series di Indonesia

Lalu, kamera belakangnya ditempatkan dalam modul berbentuk persegi panjang yang ujungnya melengkung.

Sementara itu, pada Oppo A92, terdapat sedikit efek kilauan di bodi belakangnya. Efek tersebut seperti berpusat pada modul kamera belakangnya yang berbentuk persegi panjang dengan ujung melengkung.

Spesifikasi layarnya yang berbeda adalah dari segi diagonal dan panel yang digunakan

Masih di bagian depan, V20 SE dan Oppo A92 punya spesifikasi layar yang berbeda.

Pada Oppo A92, layarnya menggunakan panel IPS LCD beresolusi Full HD Plus 2.400 x 1.800 piksel. Layar tersebut berdiagonal 6,5 inci.

Baca Juga  Baterai iPhone 12 Tahan Berapa Lama? Ini Hasil Tesnya

Sementara itu, pada Vivo V20 SE, yang berbeda adalah jenis panel yang digunakan dan diagonal layarnya. Panel yang digunakan adalah AMOLED. Sedangkan, diagonalnya adalah 6,44 inchi. Resolusinya masih sama dengan Oppo A92, yaitu Full HD Plus.

Vivo V20 SE dan Oppo A92 sama-sama menggunakan SoC Snapdragon 665

(Sumber gambar: Tech Centurion)

Beralih ke sektor dapur pacu, dua HP ini rupanya sama-sama dipersenjatai dengan system-on-chip atau SoC Snapdragon 665. SoC tersebut memang banyak digunakan di ponsel pintar kisaran harga Rp 2-4 jutaan.

Di dua HP ini, Snapdragon 665 juga sama-sama dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Kamera selfie di Vivo V20 SE lebih unggul

Vivo V20 SE dan Oppo A92
(Sumber gambar: Vivo)

Untuk urusan memotret, V20 SE dan Oppo A92 punya konfigurasi kamera yang berbeda.

Dalam hal urusan selfie atau swafoto, Vivo V20 SE lebih unggul, pasalnya kamera depannya beresolusi 32 megapiksel. Sementara di Oppo A92, kamera depannya hanya beresolusi 16 megapiksel saja.

Namun, kamera belakang di Oppo A92 justru lebih lengkap. Itu berkat jumlah kameranya yang mencapai empat buah. Ada kamera utama ultra HD beresolusi 48 megapiksel, kamera ultra wide 8 megapiksel, kamera mono 2 megapiksel, hingga kamera portrait 2 megapiksel.

Sementara itu, konfigurasi kamera di Vivo V20 SE adalah kamera utama 48 megapiksel, kamera sensor super wide angle 8 megapiksel, hingga kamera sensor depth 2 megapiksel.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Oppo Reno 4 dan Oppo Reno 4 Pro

Kapasitas baterai di Oppo A92 lebih besar dari Vivo V20 SE

Agar pengguna bisa menggunakan dua HP ini seharian, tentu baterai yang tertanam kapasitasnya haruslah besar. Beruntung kedua HP ini sudah memiliki baterai yang kapasitasnya mumpuni.

Vivo V20 SE menggunakan baterai berkapasitas 4.100 mAh. Baterai tersebut memiliki fitur pengisian daya cepat atau fast charging 33 Watt.

Sedangkan, Oppo A92 memiliki baterai berkapasitas lebih besar dari V20 SE, yaitu 5.000 mAh. Sayangnya, daya fast charging-nya hanya 18 Watt.

Fitur lain

Dua fitur lain yang membuat Vivo V20 SE lebih unggul adalah dari segi keamanan dan adanya NFC. Dari segi keamanan, Vivo V20 SE sudah menggunakan sensor sidik jari di bawah permukaan layar. Sedangkan, di Oppo A92, sensor sidik jarinya ada di samping.

Lalu, seperti diketahui, fitur NFC di sebuah HP seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen Indonesia. NFC memang bisa membantu mempermudah beberapa urusan terutama dalam soal transaksi pembayaran. Misalnya, untuk top-up dan cek saldo eMoney.

Baca Juga  Ini Hasil Kamera Realme 8 Pro, Resolusinya 108MP

Nah, NFC di V20 SE bisa digunakan untuk transfer data, mengecek saldo atau top up uang elektronik, serta melakukan pembayaran secara cashless.

Itulah dia perbandingan spesifikasi dari Vivo V20 SE dan Oppo A92. Anda tertarik membeli yang mana?

Ini Perbandingan Spesifikasi HP Vivo V20 SE dan Oppo A92