Inilah 15 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru

Punya laptop baru? Nah, itu tandanya Anda harus segera mengisi laptop tersebut dengan beberapa aplikasi wajib untuk laptop. Aplikasi tersebut akan membuat kinerja laptop baru Anda jadi lebih optimal.

Sebelum mulai mengisi aplikasi, pastikan Anda sudah menginstall sistem operasi di laptop baru Anda. Jika ingin OS mutakhir, Anda bisa menggunakan Windows 10. Namun, bila Anda masih belum bisa move on dari Windows 8, maka install OS Windows 8 di laptop Anda.

Seperti biasa, Resumecheap.com akan memberikan daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru Anda. Yuk, langsung saja simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. Google Chrome

google chrome

Setiap laptop tentu membutuhkan browser untuk memungkinkan Anda berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, aplikasi yang harus ada di laptop yang baru dibeli adalah browser. Saat ini, peramban web yang paling populer adalah Google Chrome.

Popularitas Chrome berhasil menyingkirkan beberapa browser lain yang sudah lebih dulu ada, seperti Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox. Google Chrome telah menjadi salah satu browser yang paling banyak didownload dan diinstall saat ini.

2. Avast Antivirus

Avast Antivirus Aplikasi yang Harus Ada Di Laptop

Avast Antivirus sudah ada sejak tahun 1988. Bahkan, sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini. Bahkan, ini adalah program antivirus pertama yang dirancang khusus sistem operasi Windows x64. Namun, jika saat ini Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 8 atau Windows 10, Anda tetap bisa menginstall Avast Antivirus versi terbaru.

Seperti antivirus lainnya, Avast diciptakan untuk melindungi laptop Anda dari virus, malware, atau spyware yang mengancam komputer Anda. Avast adalah antivirus yang paling ringan dan tidak membuat laptop Anda menjadi lambat.

3. Microsoft Office

Microsoft Office

Selain sembilan aplikasi penting yang sudah kami sebutkan di atas, Microsoft Office juga software yang tidak kalah penting dan wajib ada di laptop Anda. Pasalnya, Microsoft Office menyediakan aplikasi perkantoran yang memang dirancang agar bisa bisa dipakai di OS Windows dan Mac OS X.

Anda pasti sudah akrab dengan Microsoft Windows, Excel, dan PowerPoint, kan? Nah, salah satu dari ketiga aplikasi Office di atas pasti biasa Anda pakai sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki Microsoft Office di laptop Anda.

4. Adobe Reader

Jika Anda pelajar atau mahasiswa, Anda wajib memasang Adobe Reader di komputer Anda. Aplikasi ini berfungsi sebagai pembaca data PDF yang merupakan salah satu format dokumen terpopuler di dunia.

Adobe Reader juga memungkinkan Anda untuk mencetak dan mengomentari dokumen PDF dengan andal. Dan sekarang, Adobe Reader terhubung ke Adobe Document Cloud – membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk bekerja di seluruh komputer dan perangkat seluler.

Adobe Reader satu-satunya penampil PDF yang dapat membuka dan berinteraksi dengan semua jenis konten PDF, termasuk formulir dan multimedia.

5. K-Lite Codec Pack

* sumber: filehippo.com

K-Lite Codec Pack adalah kumpulan codec audio dan video untuk Microsoft Windows DirectShow yang memungkinkan sistem operasi dan perangkat lunaknya memainkan berbagai format audio dan video yang umumnya tidak didukung oleh sistem operasi itu sendiri.

Baca Juga  Download Google Camera (GCam) Redmi Note 7 / 7 Pro

Jika Anda suka memutar film atau mendengarkan lagu, Anda bisa memasang aplikasi ini di komputer baru agar format audio dan video yang ingin diputar didukung. Anda dapat mengunduh K-Lite Codec Pack di sini.

6. CCleaner

CCleaner

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab mengapa komputer Anda berjalan dengan lambat adalah banyaknya junk yang terdapat dalam komputer tersebut? Junk tersebut bisa berupa cookies, browser history, dan file-file yang tidak perlu. Nah, jika Anda tidak melakukan pembersihan secara teratur, maka laptop akan berjalan dengan lambat dan mudah lag.

Salah satu solusi untuk menjaga laptop tetap “bersih” dari junk adalah dengan menginstall CCleaner. Aplikasi yang satu ini akan menjaga agar laptop memiliki kinerja yang lebih baik dan cepat. Anda bisa mendapatkan CCleaner dalam versi gratis atau premium dengan berbagai fitur pendukung yang lebih baik.

7. WinRAR

Dengan lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia, WinRAR adalah alat kompresi paling populer di dunia! WinRAR menawarkan cara yang lebih baik untuk mengompres file untuk transfer file yang efisien dan aman.

Menyediakan transmisi email cepat dan opsi penyimpanan data yang terorganisir dengan baik, WinRAR juga menawarkan solusi untuk pengguna yang bekerja di semua industri dan sektor.

RAR dan WinRAR kompatibel dengan Windows 10; tersedia dalam lebih dari 50 bahasa dan dalam 32- dan 64-bit; kompatibel dengan beberapa sistem operasi (OS), dan ini adalah satu-satunya perangkat lunak kompresi yang dapat bekerja dengan Unicode.

8. Spotify

Spotify

Masih sering mengunduh lagu-lagu terbaru melalui browser? Tinggalkan cara lama tersebut karena saat ini tren streaming lebih digemari. Spotify adalah layanan musik streaming musik gratis yang bisa diinstall di smartphone atau laptop Anda. Di Spotify, Anda bisa menemukan jutaan lagu-lagu baru yang mungkin belum tersedia di situs download yang biasa Anda kunjungi.

Perlu Anda ketahui, Spotify adalah layanan streaming legal karena menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman. Untuk mendengarkan musik di Spotify, Anda hanya memerlukan jaringan internet saja. Bila Anda membeli Premium di Spotify, Anda bisa memutar lagu tanpa shuffle dan tanpa iklan.

9. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan awan milik Google yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna Google. Cukup dengan email Google (Gmail), Anda bisa menggunakan layanan ini hingga kapasitas 15 GB. Google Drive juga menawarkan paket berbayar jika Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan awan yang lebih banyak.

10. Netflix

Netflix

Pecinta film juga tidak boleh melewatkan aplikasi Netflix di laptopnya. Pasalnya, Netflix ini punya segudang film juga seri drama yang pastinya Anda suka. Anda bisa mendapatkan aplikasi Netflix secara gratis di Microsoft Store. Namun, untuk menikmati semua film dan seri dramanya, maka Anda harus berlangganan, setiap bulannya akan dikenakan biaya sekitar $7.99 sampai dengan $13.99.

11. Internet Download Manager

Internet Download Manager atau IDM adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengunduh beragam file di internet dengan mudah dan cepat. IDM mengklaim kalau aplikasinya ini dapat meningkatkan kecepatan unduh hingga 5 kali, dengan fitur melanjutkan dan menjadwalkan unduhan.

Selain itu, IDM juga memiliki kemampuan melanjutkan dan pemulihan kesalahan yang komprehensif di mana ia dapat memulai kembali unduhan yang rusak atau terputus karena koneksi yang hilang, masalah jaringan, komputer mati, atau pemadaman listrik yang tidak terduga.

Baca Juga  Aplikasi Grammarly vs Microsoft Editor

Aplikasi ringan ini dapat diunduh secara gratis di situs resminya. Namun, IDM adalah aplikasi berbayar dan Anda perlu memasukkan lisensi untuk dapat menggunakannya.

12. LastPass

LastPass

Dewasa ini, banyak para hacker yang bisa mendapatkan username dan password secara online. Bahkan, hacker tersebut bisa berbahaya jika mereka mendapatkan username dan password internet banking Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan layanan password manager, seperti LastPass.

Semua password yang tersimpan di dalam software ini bisa sinkron ke Cloud dan bisa diakses di berbagai browser. Anda bisa membuat password berbeda untuk setiap akun Anda tanpa perlu mengingatnya satu persatu. LastPass akan mengisi password secara lebih cepat dan aman ketika Anda hendak log in di suatu akun.

13. Evernote

Evernote adalah salah satu aplikasi catatan paling populer di dunia. Namun, Evernote bukan sebatas untuk catat mencatat saja. Evernote adalah tempat Anda dapat menyimpan segala sesuatu mulai dari momen pribadi hingga proyek bisnis, dan tahu bahwa semuanya selalu aman, selalu aman, dan siap kapan pun Anda membutuhkannya.

Evernote dibekali dengan beragam fitur canggih untuk kenyamanan penggunanya. Aplikasi ini dapat sinkron otomatis di semua perangkat, termasuk desktop, ponsel cerdas, dan tablet.

Evernote dapat digunakan secara gratis untuk fitur dasarnya. Namun Anda dapat berlangganan untuk fitur-fitur yang lebih premium dan mendukung beragam kebutuhan. Selain tersedia untuk PC (Windows), Evernote juga tersedia dalam aplikasi mobile di Play Store dan App Store.

14. Franz

Franz

Terkadang, beberapa orang juga melakukan chatting di laptop. Namun, banyaknya aplikasi chatting membuat kita bingung harus mendownload aplikasi chatting yang cocok untuk kebutuhan. Daripada Anda harus mendownload satu persatu aplikasi chatting, mengapa Anda tidak mendownload Franz saja?

Ya, aplikasi Franz ini bisa menyuguhkan semua aplikasi chatting dalam satu aplikasi saja. Franz menyediakan WhatsApp, WeChat, Telegram, Hangout, Slack, Skype, Steam, Messager, dan aplikasi chatting lainnya. Jadi, Anda tidak perlu mengunduh semua aplikasi chatting dan lebih praktis, bukan?

15. Ninite

Ninite

Ada banyak software yang harus diinstall pada laptop baru Anda. Namun, pernahkah terpikir dalam benak Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menginstall aplikasi dalam jumlah banyak? Belum lagi Anda harus mencari file aplikasi yang ingin didownload melalui browser. Ninite akan membantu untuk menginstall aplikasi penting secara mudah. Pasalnya, di dalam Ninite terdapat berbagai software yang sudah up-to-date.

Selain itu, Anda juga bisa meng-update aplikasi yang sudah ada di laptop Anda dengan versi yang lebih baru melalui Ninite. Dengan kata lain, Ninite akan menginstall software penting di laptop Anda secara otomatis. Kunjungi situs resmi Ninite dan pilih sendiri aplikasi yang ingin diinstall di laptop baru Anda.

Dengan 15 aplikasi yang harus ada di laptop ini, maka laptop baru Anda akan menjadi lebih fungsional dan memiliki kinerja yang lebih optimal. Adakah aplikasi wajib lain yang menurut Anda harus ada di laptop baru? Yuk, tuliskan rekomendasi Anda di kolom komentar.

Inilah 15 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru