iOS 14.3 dan iPadOS 14.3: Kelebihan, Fitur Baru, Cara Update

iOS 14.3 dan iPadOS 14.3
iOS 14.3 dan iPadOS 14.3 resmi diluncurkan oleh Apple (Sumber gambar: Apple)

iOS 14.3 untuk perangkat iPhone dan iPadOS 14.3 untuk perangkat iPad telah resmi dirilis oleh Apple. Pembaruan sistem operasi (OS) tersebut digelontorkan pada 14 Desember 2021.

Bagi Anda pengguna iPhone atau iPad yang mendukung pembaruan OS ini, sebaiknya cek apakah ada notifikasinya atau tidak. Pembaruan OS ini sudah bisa diunduh atau di-download secara over-the-air (OTA).

Ada beberapa bug yang diperbaiki pada pembaruan OS kali ini. Pada versi sebelumnya, memang ditemukan beberapa bug.

Baca juga: iOS 14.2.1, Perbaiki Masalah di iPhone 12, Ini Cara Update-nya

Bug itu di antaranya adalah beberapa pesan MMS tidak dapat diterima, beberapa video tidak muncul dengan benar saat dibagikan dari aplikasi ‌Photos‌, folder aplikasi bisa gagal dibuka, opsi Bluetooth tak muncul di pengaturan, hingga MagSafe Duo Charger gagal mengisi daya ‌iPhone‌ secara maksimum.

Selain bug, tentu saja pembaruan OS ini juga membawa sejumlah fitur baru. Apa saja fitur baru itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

Fitur baru iOS 14.3 dan iPadOS 14.3

Apple Fitness+

Ini merupakan salah satu layanan terbaru dari Apple. Dengan berlangganan $9.99 per bulan, pengguna bisa mendapatkan panduan workout dari trainer yang direkrut langsung oleh Apple. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memantau proses workouts lewat Apple Watch.

Untuk video latihan atau workout-nya, bisa ditonton langsung lewat iPhone, iPad, atau Apple TV, lengkap dengan metrik dari Apple Watch di layarnya. Adapun jenis workout yang tersedia di antaranya adalah High Intensity Interval Training, Indoor Cycling, Yoga, Core, Strength, dan masih banyak lagi.

Baca juga: iOS 14.2: Kelebihan, Emoji dan Fitur Baru, serta Cara Update

Dukungan untuk AirPods Max

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Apple telah merilis produk terbaru mereka, yaitu headphone bernama AirPods Max. Kini, pembaruan OS ini sudah mendukung untuk mengatur penggunaan AirPods Max.

Pengguna bisa mengatur mengaktifkan high fidelity audio, Adaptive EQ, Active Noise Cancellation, dan masih banyak lagi.

Dukungan ProRAW

Kamera di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max kini semakin optimal. Berkat iOS 14.3, kini dua iPhone tersebut bisa mengambil gambar berformat ProRAW.

Baca Juga  Pilih Poco M3 atau Redmi Note 9? Ini Perbandingan Speknya

Untuk mengaktifkan mode pengambilan gambar berformat ProRAW, pengguna tinggal mengaturnya saja di pengaturan aplikasi kamera di pojok kanan atas.

Format ProRAW dirancang bagi mereka yang lebih suka memotret dalam RAW tetapi juga ingin memanfaatkan data pipeline gambar Apple seperti pengurangan noise dan penyesuaian multiframe exposure.

iOS 14.3 dan iPadOS 14.3
Dukungan ProRAW di iOS terbaru (Sumber gambar: macrumours)

Pembaruan Siri

Siri merupakan asisten digital yang ada di perangkat Apple. Siri di iOS 14 mampu mereplikasi semua jenis suara, dari binatang hingga alarm, alat musik, dan lainnya.

Anda dapat menanyakan pertanyaan ‌‌ke Siri‌‌ seperti “seperti apa suara paus bungkuk?” atau “seperti apa suara singa?” agar ‌‌Siri‌‌ memainkan suara ikan paus atau singa.

Kini, Apple menambahkan ratusan suara berbeda. Di ‌iPhone‌ dan ‌iPad‌, ‌‌Siri‌‌ juga akan menampilkan gambar binatang atau perangkat, lalu setelah memutar suara Siri menautkannya ke informasi lebih lanjut dari Wikipedia.

Baca juga: Baterai Boros Setelah iPhone Update iOS 14? Ini Cara Atasinya

Ecosia Search Engine

Berbeda dari mesin pencari pada umumnya, Ecosia memungkinkan pengguna secara otomatis telah mendanai penanaman pohon ketika pencarian dilakukan. Kini, berkat iOS 14,3, mesin pencari Ecosia bisa diaktfikan sebagai mesin pencari default di browser.

Ecosia search engine (Sumber gambar: Ecosia)

Section baru di The Health App

Pada Health App atau aplikasi kesehatan, kini ada bagian baru, yaitu mengenai kehamilan. Fitur ini berfungsi dengan perangkat pelacakan kehamilan dan memberikan informasi tentang kehamilan.

Itulah dia beberapa fitur baru yang ada di pembaruan OS kali ini. Masih banyak fitur lainnya yang belum dimuat dalam tulisan ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fitur-fitur tersebut, bisa membacanya di laman resmi Apple atau di situs macrumours.com.

Baca juga: Cara Update iOS 14 dan iPad OS 14 di iPhone atau iPad

Cara update ke iOS 14.3 atau iPadOS 14.3

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, update atau pembaruan ini bisa didapatkan secara otomatis. Anda tinggal mengecek saja notifikasi khusus di perangkat iPhone atau iPadOS.

Jika perangkat Anda tak mendapatkan notifikasi, maka untuk melakukan update tinggal akses saja menu “Setting” > “General” > “Software Update”. Perlu diketahui, pembaruan OS ini berukuran sekitar 5 GB.

Sumber: MacRumours, Engadget.

iOS 14.3 dan iPadOS 14.3: Kelebihan, Fitur Baru, Cara Update