iOS 14.4.2 dan iOS 12.5.2: Ini Perbaikan dan Cara Update-nya

iOS 14.4.2, iPadOS 14.4.2, dan watchOS 7.3.3
iPadOS 14.4.2 (Sumber gambar: OSXDaily)

iOS 14.4.2, iPadOS 14.4.2, dan watchOS 7.3.3 resmi dirilis oleh Apple. Pembaruan sistem operasi itu ditujukan untuk pengguna smartphone atau ponsel iPhone, tab iPad, dan juga jam tangan pintar Apple Watch.

Tak hanya iOS 14, Apple juga merilis pembaruan iOS 12 ke versi 12.5.2. Pembaruan sistem operasi itu ditujukan untuk pengguna iPhone 6, iPhone 5s, iPad mini generasi ketiga, iPad Air generasi pertama, dan iPod touch generasi keenam.

Apple menyarankan agar pengguna segera update atau memperbarui sistem operasi di perangkatnya ke versi terbaru tersebut. Dikutip Teknonia.com dari laman Engadget, pembaruan sistem operasi ini ditujukan untuk memperbarui celah keamanan.

Baca juga: iOS 14.4.1: Kelebihan, Perbaikan Keamanan, dan Cara Update

Di laman support, Apple menyebut ada kerentanan yang memungkinkan situs web berbahaya melakukan cross-site scripting. Hal itu memungkinkan seseorang mendapatkan informasi dari halaman web lain yang telah Anda buka di perangkat. Apple mencatat, ada satu laporan terkait kejadian tersebut.

Bagi Anda pengguna iPhone dan iPad, saat ini bisa segera perbarui sistem operasinya ke versi terbaru. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting > General > Software Update.

iOS 14.4.2 dirilis menjelang iOS 14.5

Pembaruan iOS 14.4.2 ini dirilis tiga minggu setelah sebelumnya Apple merilis iOS/iPadOS 14.4.1. Sebentar lagi, Apple juga bakal merilis iOS 14.5. Saat tulisan ini dibuat, iOS 14.5 masih dalam tahap beta untuk developer.

Menurut laman 9to5Mac, iOS 14.5 akan dirilis pada April 2021. iOS 14.5 membawa beberapa fitur terbaru, satu di antaranya adalah bisa membuka kunci layar iPhone hanya menggunakan Apple Watch. Selama pandemi ini, banyak pengguna iPhone mengeluhkan tak bisa membuka kunci layar menggunakan pengenalan wajah lantaran sedang mengenakan masker.

Baca juga: iOS 14.4 dan iPadOS 14.4: Fitur Baru, Kelebihan, Cara Update

Fitur lain dari iOS 14.5 adalah App Tracking Transparency. Fitur itu mewajibkan aplikasi untuk meminta izin sebelum membagikan informasi pengguna ke pihak ketiga.

Selain itu, ada juga 217 emoji baru yang mengikuti format Emoji 13.1. Di antara banyaknya emoji itu, yang mencuri perhatian adalah emoji wajah dengan mata spiral, emoji dengan wajah tertutup awan, dan emoji wajah menghela napas.

Kemudian, ada juga emoji yang diperbarui, yaitu emoji jarum suntik. Sebelumnya, di emoji itu ada cairan warna merah yang melambangkan darah. Namun, kini gambar cairan di emoji itu dihilangkan lantaran suntik saat ini identik dengan vaksinasi.

Baca Juga  Ini Dia Cara Bom Komentar Facebook di Android

Demikanlah info mengenai iOS 14.4.2.

iOS 14.4.2 dan iOS 12.5.2: Ini Perbaikan dan Cara Update-nya