iOS 14.4 dan iPadOS 14.4: Fitur Baru, Kelebihan, Cara Update

iOS 14.4
iOS 14.4 (Sumber gambar: Apple)

iOS 14.4 dan iPadOS 14.4 resmi diluncurkan pada 27 Januari 2021. Kini, pengguna iPhone dan iPad sudah bisa memperbarui sistem operasi di perangkatnya ke versi terbaru tersebut.

Jika pembaruannya tersedia di perangkat Anda, notifikasi khusus akan muncul. Atau, Anda juga bisa mengeceknya di menu “setting” > “general” > “software update”.

Ada beberapa perbaikan dan pembaruan fitur yang dibawa oleh pembaruan sistem operasi kepunyaan Apple untuk perangkat mobile ini. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah HomePod mini, mendukung QR Codes yang lebih kecil, hingga perbaikan keamanan. Namun, yang paling penting adalah soal perbaikan kerentanan keamanan.

Baca juga: iOS 14.3 dan iPadOS 14.3: Kelebihan, Fitur Baru, Cara Update

Dihimpun resumecheap.com dari Macrumors.com, berikut ini adalah perbaikan bug dan fitur-fitur terbaru dari pembaruan iOS dan iPadOS tersebut:

Perbaikan Bug

  • Perbaikan saat menghidupkan fitur switch control di menu aksesibilitas. Sebelumnya, saat switch control dihidupkan dapat membuat panggilan telepon tak bisa dijawab saat berada di lock screen.
  • Ada perbaikan untuk bug yang menyebabkan audio stories dari aplikasi berita di CarPlay tidak dilanjutkan setelah dijeda untuk petunjuk arah lisan atau untuk Siri.
  • Perbaikan pada bug yang menyebabkan keyboard bahasa yang salah muncul ketika berada di pesan.
  • Sebelumnya ada bug yang menyebabkan pengetikan tertunda serta kata yang disarankan tidak muncul di keyboard. Kini, bug tersebut sudah diperbaiki.
  • Ada bug yang menyebabkan fitness widget tidak menampilkan data aktivitas terbaru. Bug itu sekarang telah diperbaiki.
  • Perbaikan bug ketika foto HDR yang diambil oleh beberapa model iPhone 12 Pro dapat memiliki artefak gambar yang terlihat.

Baca juga: iOS 14.2.1, Perbaiki Masalah di iPhone 12, Ini Cara Update-nya

Pembaruan fitur

Perbaikan kerentanan keamanan

Pembaruan sistem operasi ini menjadi penting karena ada perbaikan untuk tiga kerentanan dalam sistem keamanan. Berdasarkan dokumen dukungan yang dibagikan Apple, ada kerentanan kernal dan WebKit yang mempengaruhi iPhone dan iPad yang menggunakan iOS atau iPadOS 14.

Kerentanan kernel ini memungkinkan malicious apps untuk meningkatkan hak istimewanya. Kemudian, masalah WebKit juga memungkinkan penyerang jarak jauh menyebabkan eksekusi kode arbitrer telah dieksploitasi.

Peringatan keaslian kamera

Pembaruan ini berguna agar iPhone 12 series milik Anda tetap terjaga keaslian kameranya. Pasalnya, bisa saja ketika saat iPhone 12 series Anda diperbaiki oleh orang tak bertanggung jawab, kameranya diganti dengan yang bukan original atau kamera yang didaur ulang dari model iPhone 12 lainnya.

Baca Juga  Bocoran Spesifikasi HP Oppo Reno 4F, Punya 2 Kamera Selfie

Kini, ketika kamera yang terpasang tidak asli, Apple akan mengirimkan pemberitahuan. Apple mengatakan bahwa pemberitahuan ini akan dikirim saat kamera di salah satu model ‌iPhone 12‌ baru “tidak dapat diverifikasi sebagai kamera Apple baru dan asli”.

iPhone 12 (Sumber gambar: Apple)

Dukungan untuk QR code yang lebih kecil

Keseluruhan fungsi pengenalan QR code telah ditingkatkan. Kini, kamera dari perangkat iPhone dapat mengenali QR code yang lebih kecil.

Pembaruan pengaturan Bluetooth

iOS terbaru ini kini menyertakan pengaturan untuk menentukan jenis perangkat audio pihak ketiga yang terhubung dengan Bluetooth. Alhasil, pengukuran tingkat audio headphone dapat dilakukan dengan benar.

Kerennya, Apple melacak tingkat audio headphone untuk mengirim peringatan jika musik diputar pada tingkat yang berpotensi merusak kesehatan pendengaran.

Baca juga: iOS 14.2: Kelebihan, Emoji dan Fitur Baru, serta Cara Update

Time to Walk

Fitur ini berguna bagi Anda yang kerap berolahraga berjalan. “Time to Walk” adalah cerita yang berisi kisah inspiratif dari artis musik, atlet, dan orang berpengaruh lainnya. Cerita tersebut dapat didengarkan oleh pemilik Apple Watch dan pelanggan Apple Fitness + sambil berjalan.

Adapun fitur Time to Walk muncul ketika di aplikasi Apple Watch Workout ketika Apple Watch terhubung menjalankan watchOS 7.3 dan berlangganan Apple Fitness +.

Itulah dia penjelasan mengenai iOS 14.4 dan iPadOS 14.4, dari mulai pembaruan fitur hingga perbaikan bug.

iOS 14.4 dan iPadOS 14.4: Fitur Baru, Kelebihan, Cara Update