Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro, Kameranya Bagus?

Kelebihan dan kekurangan Realme 8 Pro
Realme 8 Pro (Sumber gambar: situs Realme Indonesia)

Kelebihan dan kekurangan Realme 8 Pro menarik untuk diketahui. Realme Indonesia resmi meluncurkan ponsel penerus Realme 7 Pro ini pada 7 April 2021. Ada dua varian yang dibawa, yakni Realme 8 dan Realme 8 Pro.

Realme 8 Pro dibanderol Rp 4,5 juta. Untuk saat ini di pasar tanah hanya tersedia varian memori internal 128 GB dan RAM 8 GB saja.

Dengan harga Rp 4,5 jutaan, apa saja kelebihan dan kekurangan ponsel tersebut? Berikut ini adalah pemaparannya menurut versi resumecheap.com.

Kelebihan

Kamera 108 megapiksel

Satu kelebihan yang paling menarik perhatian tentu saja adalah kamera yang beresolusi 108 megapiksel. Kamera itu menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM2 108MP dengan ukuran pixel 0,7 mikron.

Biasanya, kamera beresolusi tersebut hanya disematkan di ponsel kelas flagship saja yang harganya di atas Rp 7 juta, bahkan belasan juta. Namun, dengan status dan harganya yang mencirikan ponsel ini sebagai ponsel kelas menengah, tentu adanya kamera 108 megapiksel adalah sebuah keistimewaan.

Baca juga: Perbedaan Realme C25 vs Realme C21, Harga Mulai 1,6 Juta

Apalagi kamera di Realme 8 Pro ini dilengkapi beberapa fitur menarik. Fitur itu di antaranya adalah adanya 9 in 1 pixel binning, smart IOS, hingga 3X in-sensor zoom. Selain itu, ada juga fitur lainnya seperti dual-view video, tilt-shift, starry time-lapes, neon portrait, hingga super nightscape.

Menurut laman xda-developers.com, hasil jepretan di Realme 8 Pro terlihat detail. Pun begitu dalam kondisi minim cahaya, gambar cukup tajam dan terdefinisi dengan baik. Namun, warna tetap seperti diperkuat secara artifisial meski penyempurnaan AI dimatikan.

Secara lebih rinci, susunan kamera belakang di Realme 8 Pro adalah 108 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF; 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); dan kamera black & white potrait lens 2 MP. Kemudian, di bagian depan ada kamera 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm.

Sudah Ada NFC

Ini adalah fitur yang banyak dicari oleh pengguna ponsel di kota-kota besar terutama Jakarta, apalagi pengguna yang sering bertransaksi dengan uang elektronik atau eMoney. Transaksi menggunakan eMoney biasanya dilakukan di tol, MRT, dan lain sebagainya.

Untungnya, Realme 8 Pro sudah dibekali fitur NFC. Hal ini memungkinkan pengguna ponsel tersebut untuk mengecek saldo hingga top up eMoney langsung di perangkat.

Layar sudah AMOLED

Realme 8 Pro dibekali dengan layar berpanel AMOLED. Tentu ini juga menjadi sebuah kelebihan. Menurut themobileindian.com, ada beberapa keunggulan dari layar AMOLED, di antaranya adalah bisa menyajikan sudut pandang yang lebih baik, lebih irit daya, hingga bisa menampilkan gambar dengan warna yang lebih cerah.

Adapun rincian spesifikasi layar dari Realme 8 Pro adalah, layar berpanel Super AMOLED dengan diagonal 6,4 inci dan beresolusi 1.080 x 2.400 piksel. Layar itu punya rasio layar ke bodi sebesar 83,3 persen, tingkat kecerahan maksimal sampai 1.000 nits, hingga kerapatan piksel 411 ppi.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60 Series, Sistem Kameranya ZEISS

Baca juga: Bisakah Main Genshin Impact di Realme Narzo 30A? Ini Tesnya

Fitur pengisian daya cepat

Realme 8 Pro memang tak dibekali baterai jumbo. Kapasitasnya adalah 4.500 mAh. Namun, yang menarik tentu saja adalah fitur pengisian daya cepatnya yang mencapai 50 Watt.

Menurut laman resmi Realme Indonesia, baterai itu bisa terisi sampai 50 persen hanya dalam waktu 17 menit. Kemudian, baterai tersebut bisa terisi penuh sampai 100 persen dalam waktu 47 menit saja.

Chipset bertenaga

Di sektor dapur pacu, Realme 8 Pro dibekali chipset Snapdragon 720G. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, chipset itu dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Untuk ponsel kelas menengah, chipset itu sudah termasuk bertenaga. Menurut laman GSMArena, Realme 8 Pro memperoleh skor Antutu v8 286.666. Sedangkan, menurut laman Kimovil, Realme 8 Pro memperoleh skor Antutu v9 327.458.

Seperti diketahui, chipset berpengaruh terhadap performa pengoperasian ponsel hingga performa saat digunakan dalam bermain game.

Nah, sebagai perbandingan, menurut video di channel YouTube Gadgetin, Realme 8 Pro ini dapat menjalankan game Mobile Legends di pengaturan tertinggi dengan mode high frame rate, lalu bisa menjalankan PUBG Mobile dalam pengaturan grafis smooth dan frame rate ultra secara lancar.

Baca juga: Spesifikasi Realme Narzo 30A, HP Gaming Harga Terjangkau

Nyaman digenggam

Beberapa tech YouTuber Indonesia sudah memberikan pengalamannya ketika menggenggam ponsel ini. Hasilnya, Realme 8 Pro memang nyaman digenggam.

Pasalnya, ponsel ini cukup ramping dan ringan. Ketebalan ponsel ini adalah 8,1 mm. Kemudian, beratnya hanya 179 gram saja.

Sebagai informasi, sebuah ponsel yang bobotnya lebih dari 200 gram biasanya akan kurang nyaman dipegang dalam jangka waktu yang lama karena terasa berat.

Kekurangan

Desain terlalu mencolok

Mari lanjut membahas kelebihan dan kekurangan Realme 8 Pro. Setelah kelebihannya, berikut ini adalah pemaparan beberapa kekurangannya.

Realme 8 Pro secara desain keseluruhan sebenarnya sudah tampil elegan, apalagi di bodi belakangnya. Di bodi belakangnya itu, seperti ada efek butiran-butiran kecil yang mengkilat.

Realme menyebut desain tersebut dengan Infinite Starry Design. Realme mengibaratkan desain itu sebagai tampilan langit berbintang di dalam genggaman. Adapun desain itu dibuat dengan proses teknologi AG-Crystal.

Selain itu, Realme 8 Pro juga punya bingkai kamera belakang yang tampil premium. Keempat lubang kameranya tersusun 2×2 di bingkai berbentuk persegi. Kemudian, di bawahnya ada bagian kecil berwarna silver.

Baca juga: Cek Performa Gaming Realme Narzo 30A, PUBG hingga COD

Sayangnya, di bodi belakang itu terdapat slogan dari Realme yang ukurannya sangat besar. Slogan bertuliskan “Dare To Leap” itu memanjang berorientasi landscape.

Baca Juga  Pakai Snapdragon 678, Apa Kelebihan Redmi Note 10 di Segi Performa?

Inilah desain yang menurut kami terlalu mencolok. Andai saja tulisan “Dare To Leap” itu dibuat lebih kecil, atau bahkan dihilangkan, desain Realme 8 Pro akan tampil sempurna.

Namun tetap, masalah desain adalah selera pribadi masing-masing. Mungkin saja, tak sedikit juga ada yang menyukai desain Realme 8 Pro yang mencolok ini. Atau, mungkin ada juga pembeli yang berencana menambahkan case dengan warna pekat agar desain bodi belakang Realme menjadi tak terlalu mencolok.

Tampilan desain Realme 8 Pro (Sumber gambar: situs Realme Indonesia)

Refresh rate layar 60 Hz

Meski sudah berpanel AMOLED, ternyata refresh rate layar di Realme 8 Pro masih 60 Hz. Tentu saja ini patut disayangkan. Biasanya, ponsel di kelas menengah sudah memiliki opsi mengganti refresh rate layar ke 90 Hz, atau bahkan ke 120 Hz.

Perlu diketahui, semakin tinggi refresh rate, maka pergerakan layar akan semakin mulus. Namun, di balik tingginya refresh rate layar, ada juga konsumsi daya yang semakin tinggi.

Secara sederhana, angka di refresh dapat diartikan sebagai seberapa cepat sebuah piksel memperbarui tampilan konten atau gambar di atas layar per detiknya. Jadi, refresh rate 60 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 60 kali. Kemudian, refresh rate 90 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 90 kali.

Baca juga: Menjajal Performa Gaming Realme Narzo 20 Pro, PUBG Oke?

Nah, demikianlah pemaparan mengenai Kelebihan dan kekurangan Realme 8 Pro menurut versi resumecheap.com. Ponsel ini punya beberapa kelebihan, di antaranya adalah kamera 108 MP, layar AMOLED, fitur pengisian daya cepat, chipset bertenaga, hingga nyaman digenggam.

Namun, di samping itu Realme 8 Pro juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah desain yang menurut kami terlalu mencolok, hingga refresh rate layar yang masih 60 Hz.

Sebagai tambahan referensi, berikut ini adalah rincian spesifikasi Realme 8 Pro dihimpun dari GSMArena:

Rincian spesifikasi Realme 8 Pro

  • Dimensi: 160.6 x 73.9 x 8.1 mm
  • Berat: 176 gram
  • Material: Kaca di bagian depan, bodi belakang plastik, frame plastik
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Super AMOLED, diagonal 6,4 inci, resolusi 1.080 x 2.400 piksel, 83,3 persen rasio layar ke bodi, kerapatan piksel 441 ppi, tingkat kecerahan layar maksimal mencapai 1.000 nits
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut Realme UI 2.0
  • Chipset: Snapdragon 720 G
  • RAM dan memori internal: RAM 8 GB dan memori internal 128 GB
  • Kamera belakang: 108 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF; 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); kamera black & white potrait lens 2 MP
  • Kamera depan: 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm
  • NFC: Ada
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Pemindai sidik jari(di bawah permukaan layar, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 4.500 mAh, pensian daya cepat 50 Watt
  • Warna: Infinite black dan infinite blue

Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro, Kameranya Bagus?