Kelebihan dan Kekurangan Software Desain CorelDraw

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan software CorelDraw, bakalan ngebantu kamu banget buat memilih software desain mana yang akan kamu gunakan. Karena kamu bisa melakukan pertimbangan sebelum memilih. 

Kelebihan dan Kekurangan CorelDraw

Saya yakin banget, semua yang punya laptop pasti kenal sama CorelDraw ya. Kenal, tapi nggak mendalam. Hal ini karena CorelDraw kerap dijadikan sebagai software desainer yang langsung diinstallkan kalau kamu beli laptop. Pemilihan software ini pasti nggak ‘ujuk-ujuk’ asal pilih CorelDraw dong. Pasti ada yang special dari software desainer satu ini.

Baca Juga: Pentingnya Punya Skill 3D Desain, Banyak Untungnya

Kelebihan CorelDraw

Kita bakal bahas kelebihan CorelDraw dulu ya. Jadi, jika menggunakan CorelDraw, maka ada berbagai keuntungan yang kamu dapatkan. Seperti hasil gambarnya yang sangat bervariasi. 

Sudah didukung dengan berbagai format export dan juga import, sangat mudah digunakan, baik bagi yang pemula ataupun yang sudah professional, ada berbagai jenis tools yang bisa kamu pilih, mulai dari section, editing, hingga pemilihan efek. 

Kamu akan menemukan berbagai fasilitas menarik, seperti property bar, status bar, color palette, docker, dialog bog, toolbox, dan lain sebagainya. Dimana, masing-masing fasilitas ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Dan yang terakhir adalah, aplikasi ini sudah menjadi standar di berbagai perusahaan dan industri dalam mengerjakan berbagai projeknya. Bahkan, sudah ada yang memasukkan software CorelDraw ini sebagai meteri pembelajaran loh.

Kekurangan CorelDraw

Setelah membahas kelebihannya, kamu juga harus tahu dong kekurangan CorelDraw. Karena bagaimanapun, semua software desainer tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Nah, kekurangan dari aplikasi keren ini adalah ukuran filenya yang besar banget, sehingga memakan penyimpanan yang besar, hal ini karena ada banyak banget fitur-fiturnya. 

Jadi, system aplikasi desain ini, kalau fitur yang ditawarkan makin banyak, maka makin gede juga resource memory. Dan bahkan, file mentahannya saja mempunyai ukuran yang gede loh. 

Tentu ini cukup memberatkan pengguna PC yang spesifikasinya masih rendah ya. Tapi tenang deh, karena kualitasnya sebanding kok sama resourcenya yang gede.

1. Agak Sulit Kalau digunakan Membuat Tabel

Kalau kamu akan membuat sebuah desain yang membutuhkan table, maka siap-siap kesulitan ya. Karena ternyata, proses membuat table di CorelDraw memang bukanlah perkara mudah. Hal ini karena aplikasi keren ini memang basisnya adalah vector, meskipun sudah menyediakan tool table. Dan table di Corel bukan Cuma bisa kamu sisipkan huruf doang, tapi juga bisa disisipkan gambar.

2. Nggak Cocok Buat Ngedit Foto

Kekurangan Corel berikutnya adalah ‘nggak cocok kalau buat ngedit foto’. Kamu tahu dong, setiap software pasti punya target atau pasar platformnya masing-masing. Dan hal ini sama seperti Corel. 

Dimana, platformnya berbeda, sehingga nggak begitu cocok kalau kamu gunakan sebagai alat ngedit foto.  Beda banget dong sama software lain. Ya meskipun nggak cocok, tapi tetep worth it kok. Asalkan kamu sudah mahir menggunakannya.

Jadi, udah jelas ya kelebihan dan kekurangan software desain CorelDraw.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Aplikasi Desainer Terbaik untuk Pemula

Semua software desain pastinya punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jadi, untuk memilih software desain terbaik, pastikan sesuaikan dengan kebutuhan desain yang akan kamu buat.

Referensi

https://kelasdesain.com/desain-grafis-dan-macam-macam-software-yang-di-gunakan/

Kelebihan dan Kekurangan Software Desain CorelDraw