Kelebihan iOS 14.5, Emoji Baru hingga Cegah App Tracking

kelebihan iOS 14.5
iOS 14.5 (Sumber gambar: situs resmi Apple)

Ada beberapa kelebihan iOS 14.5 yang perlu diketahui oleh pengguna iPhone. Update atau pembaruan sistem operasi Apple untuk perangkat iPhone dan iPad, yakni iOS dan iPadOS 14.5 memang telah resmi digulirkan pada 26 April 2021.

Perilisan ini menandai pembaruan besar kelima dari iOS dan iPadOS 14 yang telah dirilis sejak Desember. Sebelumnya, Apple juga telah merilis iOS 14.4.2 yang membawa pembaruan di sektor keamanan.

Kelebihan paling menarik yang dibawa pada pembaruan iOS kali ini tentu saja adalah App Tracking Transparency. Pasalnya, fitur ini sempat dikritik oleh Facebook.

Dihimpun resumecheap.com dari The Verge dan MacRumours, berikut ini adalah sederet kelebihan iOS terbaru ini:

Baca juga: iOS 14.4.2 dan iOS 12.5.2: Ini Perbaikan dan Cara Update-nya

Kelebihan iOS 14.5

App Tracking Transparency

Berkat fitur ini, pengguna iPhone bisa mengatur apakah akan mengizinkan atau tidak sebuah aplikasi untuk melacak aktivitas pengguna saat menggunakan aplikasi lain dan mengakses sebuah situs untuk kepentingan periklanan. Sebuah pop-up akan muncul kapan pun sebuah aplikasi hendak melacak aktivitas penggunanya.

Dukungan untuk AirTag

Beberapa waktu lalu, Apple telah merilis AirTag. Itu adalah sebuah perangkat berbentuk bulatan kecil (pin) yang dapat membantu pelacakan sebuah barang. Perangkat ini bisa dikaitkan ke beberapa barang berharga, misalnya dompet, kunci, ransel, tas, dan barang lainnya.

Nah, kini iOS 14.5 sudah mendukung pengguna AirTag. Perangkat itu bisa diaksses melalui aplikasi Find My. AirTag bisa secara presisi ditemukan melalui visual, audio, hingga haptic feedback yang akan menjadi petunjuk bagi pengguna iPhone.

Membuka kunci iPhone menggunakan Apple Watch

Sejumlah pengguna mengeluh kesulitan membuka kunci iPhone menggunakan Face ID saat mengenakan masker. Kini, permasalahan tersebut bisa terselesaikan. Pengguna bisa membuka kunci iPhone (mulai dari iPhone X dan lebih baru lagi) menggunakan perangkat Apple Watch (minimal Apple Watch Series 3).

Baca juga: iOS 14.4.1: Kelebihan, Perbaikan Keamanan, dan Cara Update

Siri

Siri, asisten virtual Apple juga mendapatkan pembaruan. Di iOS 14.5, kini sudah tersedia opsi suara Siri yang lebih beragam.

Selain itu, Siri memiliki fitur baru dalam hal panggilan suara. Panggilan masuk ke perangkat bisa diumumkan oleh Siri, termasuk siapa yang menelpon akan diberitahukan oleh Siri. Fitur ini berfungsi ketika pengguna mengenakan AirPods atau earphone lain yang kompatibel.

Baca Juga  Oppo A54, Ini Kelebihan dan Kekurangan dari Spesifikasinya

Emoji baru

Ada sejumlah emoji baru yang dibawa di iOS 14.5 ini. Beberapa emoji itu di antaranya adalah warna kulit yang beragam untuk emoji yang memiliki unsur manusia. Lalu, ada juga beberapa emoji wajah baru, emoji pasangan dengan lambang hati yang lebih beragam, hingga emoji perempuan dengan janggut.

iOS 14.5
Emoji baru di iOS 14.5 (Sumber gambar: situs resmi Apple)

Peningkatan 5G

Bagi pengguna yang perangkat iPhone-nya sudah bisa terkoneksi ke jaringan 5G, kini iOS 14.5 juga membawa peningkatan untuk mendukung jaringan masa depan tersebut. iOS 14.5 memiliki dukungan SIM ganda yang memungkinkan konektivitas 5G pada saluran yang menggunakan data seluler pada model ‚ÄĆiPhone 12.

Selain itu, ada juga peningkatan di Smart Data Mode. Berkat fitur ini, masa pakai baterai saat menggunakan jaringan 5G akan lebih dioptimalkan alias tak akan boros.

Baca juga: iOS 14.4 dan iPadOS 14.4: Fitur Baru, Kelebihan, Cara Update

Apple Music

Aplikasi Apple Music pun tak ketinggalan mendapatkan pembaruan fitur pada iOS 14.5. Kini, pengguna bisa membagikan lirik favorit menggunakan Messages, Facebook, dan Instagram Stories. Pengguna juga dapat memutar cuplikan di Messages tanpa meninggalkan percakapan.

Nah, itu dia beberapa kelebihan iOS 14.5 yang kami rasa penting diketahui pengguna iPhone. Masih banyak kelebihan lain dari pembaruan iOS kali ini. Anda bisa membaca lebih lanjut kelebihannya melalui laman resmi Apple. Semoga konten tulisan ini membantu.

Kelebihan iOS 14.5, Emoji Baru hingga Cegah App Tracking