Konveksi Adalah – Kalor, Pengertian, dan Contoh Soal

konveksi adalah

Konveksi adalah perpindahan panas (kalor) yang ditandai dengan berpindahnya materi (benda) tersebut.

Salah satu materi dalam fisika tentang konveksi adalah sebagai berikut. Sebelum mempelajarinya, perlu diketahui tentang apa itu kalor, kemudian jenis-jenis perpindahan panas, serta contoh soal yang relevan. Simak rangkuman materi berikut ini.

Kalor
Adalah dalam Ilmu Fisika

Dapat dipahami secara mudah, bahwa kalor merupakan sebuah perpindahan. Lebih tepatnya perpindahan panas antara satu benda ke benda lainnya dalam selang waktu tertentu.

Terdapat jenis-jenis kalor atau ini, dan salah satunya adalah konveksi.

  1. Konduksi;
  2. Konveksi;
  3. Radiasi.

Konveksi
Merupakan Salah Satu Kalor

Dalam fisika, konveksi adalah perpindahan panas (kalor) yang ditandai dengan berpindahnya materi (benda) tersebut. Mudahnya, jika Anda merebus kedelai dalam air mendidih, maka kedelai tersebut akan bergerak turun dan naik. Itulah arus konveksi yang dimaksud.

konveksi adalah
Ilustrasi proses konveksi

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali
kejadian untuk proses konveksi fisika. Sebab pada dasarnya konveksi ini
berpindah dari tempat yang lebih panas menuju tempat yang lebih dingin serta
diiringi dengan perpindahan materi yang berubah suhunya tersebut.

Contoh
Konveksi dalam Soal

Guna mempelajari konveksi lebih jelas, alangkah semakin mudah kalau menggunakan contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari. Konveksi adalah arus yang akan terus berputar (sirkulasi) seiring perpindahan suhu sampai ada kesetaraan di dalamnya.

Contoh soal konveksi 1

Pergerakan air saat dipanaskan dalam panci dan pergerakan kedelai saat direbus adalah contoh yang mudah untuk dilihat untuk contoh konveksi. Pada saat itu terjadi putaran atau sirkulasi yang karena perpindahan panas bersama materi.

Contoh soal konveksi 2

Suhu hangat atau panas yang ikut terbawa bersama ombak laut akan lebih mudah dilihat jika menggunakan alat khusus. Seorang peneliti dapat melakukan pengamatan di mana udara yang panas tersebut dibawa oleh arus laut dalam skala yang sangat besar.

Contoh soal konveksi 3

Angin yang berembus di atmosfer bumi ini terjadi karena perpindahan udara dari tempat yang dingin menuju tempat yang lebih hangat. Kita bisa merasakan angin berembus tersebut namun tidak bisa melihatnya.

Contoh soal konveksi 4

Pada suatu Fluida mempunyai Koefisien Konveksi Termal 0,01 kal/msC kemudian memiliki luas penampang aliran 10 cm2. Jika fluida tersebut mengalir pada sebuah dinding dengan suhu 100C dan menuju dinding lainya dengan suhu 50C, lalu kedua dinding dalam keadaan sejajar, maka berapa besar kalor yang dirambatkan.

Baca Juga  Ideologi Pancasila

Jawab:
h = 0,01 kal/msC
A = 10 cm= 1 x 10-3 m2
∆ T = (100C-50C) = 50C

H = h A ∆ T
= (0,01 kal/msC) (1 x 10-3 m2) (50C)
= 5 x 10-4 kal/s


Itulah beberapa penjelasan terkait konveksi dalam fisika mulai dari pengertian, kalor, hingga Dengan mengetahui contoh secara langsung, akan paham terhadap penjelasan konveksi adalah yang sudah dijelaskan tersebut.

ulai dari pengertian, kalor, hingga contoh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui contoh secara langsung, akan paham terhadap penjelasan konveksi adalah yang sudah dijelaskan tersebut.

Konveksi Adalah – Kalor, Pengertian, dan Contoh Soal