Landasan Pendidikan: Pengertian, Fungsi dan Ruang Lingkupnya

landasan pendidikan adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Landasan pendidikan adalah suatu tumpuan, dasar, atau asas konseptual yang menyelubungi pendidikan secara keseluruhan.

Umumnya yang dibahas meliputi hakikat manusia sebagai makhluk pembelajar, situasi, proses, perubahan sosial, aliran pelaksanaan, hingga permasalahan-permasalahan pendidikan.

landasan pendidikan adalah

Pengertian Landasan Pendidikan

Secara leksikal, landasan berarti tumpuan, dasar atau alas, artinya landasan merupakan tempat bertumpu atau titik tolak atau dasar pijakan. Titik tolak atau dasar pijakan ini dapat bersifat material ataupun konseptual.

Sehingga dapat diartikan landasan pendidikan adalah sesuatu yang bersifat konseptual berkenaan dengan asumsi umum mengenai teori pendidikan dan pengajaran.

Pengertian Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian landasan pendidikan menurut para ahli, diantaranya:

  1. Ki Hajar Dewantara

Pendidikan dilihat sebagai tuntunan dalam hidup tumbuhnya anak-anak, yang senantiasa menuntun kekuatan kodrat mereka agar mencapai kebahagiaan yang setinggi-tinggi.

2. Thomas Groome

Pendidikan dapat dilihat sebagai bersama peziarah yang dengan sengaja dan terarah mendampingi manusia dahulu, sekarang dan nanti.

Fungsi Landasan Pendidikan

Terdapat beberapa fungsi landasan pendidikan, diantaranya sebagai berikut:

  • Sebagai acuan atau tolak ukur atau acuan konsep dan teori bagi setiap pendidik dalam praktik pendidikan.
  • Sebagai konsep atau cara pandang dan bersikap dalam melaksanakan tugas kependidikan
  • Sebagai motivator dalam menemukan dan menggali konsep-konsep pendidikan
  • Mendorong pemikiran kritis terhadap teori-teori pendidikan sehingga bisa memilah mana yang bisa dipraktikkan dan dikembangkan dalam proses pendidikan
  • Membentuk pola pikir dan pola kerja dalam praktek belajar mengajar.

Tujuan Landasan Pendidikan

Berikut beberapa tujuan dari adanya landasan pendidikan adalah, diantaranya:

  • Membangun sistem pendidikan yang berkualitas dan kuat, untuk itu diperlukan landasan atau pondasi yang kuat pula.
  • Dengan adanya landasan pendidikan diharapkan tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik.
  • Landasan pendidikan bisa digunakan sebagai tolak ukur atau acuan dalam studi berkenaan dengan kualitas sebuah sistem pendidikan
  • Adanya landasan pendidikan yang ditetapkan, diharapkan pendidikan tersebut bisa mencetak sumber daya manusia yang cerdas.
  • Landasan pendidikan menjadi pedoman yang kongkret dalam melaksanakan praktek pendidikan.

Ruang Lingkup Landasan Pendidikan

Ruang lingkup landasan pendidikan adalah batasan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Baca Juga  20 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar dan Lengkap

Ruang lingkup dari landasan pendidikan terdiri dari:

Filosofis pendidikan, merupakan titik permulaan dalam proses pendidikan dan menjadi titik tolak akan arah dan tujuan dalam pendidikan, terutama ketika menentukan aspek tujuan-tujuan dalam pendidikan.

Dalam suatu landasan pendidikan, filosofi memberikan suatu gambaran atau pandangan dalam menyusun sebuah konsep landasan pendidikan.

Di Indonesia, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa lah yang dijadikan landasan filosofi pendidikan di Indonesia.

Hal ini sebagaimana termaktub dalam Pasal 2 UU RI No.2 Tahun 1989 yang menyatakan bahwa pendidikan nasional adalah berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Ruang lingkup sosilogis pendidikan yaitu mengatur hubungan atau interaksi antara individu dan kelompok dengan sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

Interaksi ini penting untuk menciptakan hubungan yang sinergis dan berkelanjutan sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik.

Landasan kutural pendidikan berasal dari keterikatan yang cukup kuat antara kebudayaan dan pendidikan.

Kebudayaan kini berkembang dalam masyarakat akan dapat menentukan bagaimana sistem pendidikan akan disusun dan di praktekkan dalam masyarakat tersebut.

Selain itu, kebudayaan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi belajar serta memberi sudut pandang masyarakat terhadap pendidikan.

Landasan psikologis merupakan salah satu ruang lingkup dalam menentukan landasan pendidikan yang akan dibuat, khususnya dalam mempelajari aspek kejiwaan manusia.

Karena aspek kejiwaan anak didik harus dikuasai untuk membantu memilih metode dan teknik pembelajaran yang tepat, baik ketika mengajar, membina mental, dan memberikan petunjuk. Sehingga jika guru tidak mampu memahami aspek psikologis anak didik akan berakibat fatal dalam pembelajaran.

  • Landasan Ilmiah dan Teknologis

Pendidikan sangat erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain untuk menciptakan, mengajarkan, dan mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan juga dipraktikkan dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Dengan demikian pendidikan bukan hanya berperan dalam pewarisan iptek tetapi juga ikut menyiapkan manusia yang sadar IPTEK dan calon pakar IPTEK itu. Selanjutnya pendidikan akan dapat mewujudkan fungsinya dalam pelestarian dan pengembangan IPTEK tersebut.

Contoh Landasan Pendidikan

Berikut beberapa contoh landasan pendidikan, yaitu:

  • Pembuatan kurikulum pendidikan yang dibuat sebagai dasar panduan dalam praktek pendidikan dan pengajaran di sekolah secara umum.
  • Pembuatan silabus pelajaran sebagai panduan bahan ajar yang akan diberikan dana tau diterima siswa dalam proses belajar mengajar.

Demikian ulasan tentang landasan pendidikan, fungsi serta ruang lingkupnya. Semoga bermanfaat!

Landasan Pendidikan: Pengertian, Fungsi dan Ruang Lingkupnya

Baca Juga  15 Contoh Teks Argumentasi (Berbagai tema)