Lenovo PHAB Plus REVIEW

Pasar phablet memang samar-samar. Tidak semua orang berkenan menggunakan produk yang istilahnya setengah-setengah. Smartphone bukan, tablet pun bukan. Lenovo menghadirkan PHAB Plus sebagai perangkat yang akan meyakinkan publik kalau phablet juga bisa menjadi produk andalan.

Lenovo PHAB Plus

Kali ini, vendor asal Tiongkok itu memperkenalkan Lenovo Phab Plus yang merupakan gadget berlayar sangat luas. Sebuah phablet seperti Lenovo Phab Plus ini, pastinya yang menjadi keunggulan utama adalah tampilan visualnya. Lenovo Phab Plus bisa dibilang sebuah gawai hibrida atau biasa disebut phablet. Kategori ini untuk mengisi kekosongan antara ponsel pintar dan tablet, dengan lebar layar antara 5,5 dan 6,9 inci.

[nextpage title=”Design and Display”]

Lenovo PHAB Plus hadir dengan rentang diagonal layar seluas 6,8 inci yang masih bisa dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan jika Anda memiliki tangan yang besar. Saat dimasukkan ke dalam saku celana, gadget (gawai) ini terlihat menyembul ke luar. Dengan dimensi penuh 186,6 x 96,6 x 7,6 milimeter, bagian depannya dialokasikan untuk earpiece dan kamera sekunder dengan resolusi mencapai 5 MP.

Berpindah pada bagian kanan terdapat tombol fisik Volume dengan tombol Power di bawahnya. Sementara kartu SIM satu tempat dengan slot untuk kartu SD. Seperti biasa, tiga tombol kapasitif yang terdiri atas Back, Home, dan Menu terletak di bagian bawah layar dengan bezel di sebelah kiri dan kanannya.

Lenovo PHAB Plus

Beralih ke bagian punggungnya, Anda akan menemukana kalau gawai ini menyerupai perangkat iPhone 6 Plus dari Apple. Hal ini bisa ditandai dari garis antena di bagian atas yang sangat mirip. Pada bagian belakangnya ini, Anda juga akan menemukan kamera sebesar 13 MP yang disertai lampu kilat LED di kiri atasnya.

Layar PHAB Plus yang berukuran 6,8 inci menawarkan kerapatan piksel sebesar 324 ppi dengan resolusi 1080 x 1920 piksel full high definition (Full HD) yang mampu menampilan gambar dengan baik. Warna dan kecerahan cahaya yang dipancarkan oleh perangkat tergolong baik. Bahkan untuk bermain game, seperti Asphalt atau Crossy Road. Tidak hanya kualitas layar di dalam ruangan yang teruji, saat dipakai di luar layarnya bisa dilihat dengan cukup baik.

Lenovo Phab Plus menghadirkan koneksi 4G LTE, di samping koneksi 3G tentunya. Untuk koneksi nirkabel lainnya bisa lewat Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (dual band), Bluetooth 4.0, atau GPS. Adapun untuk jaringan telepon disediakan dua slot kartu SIM dan slot memori tambahan berupa micro-SD. Untuk memori internal, gawai ini menyediakan ruang sebesar 32GB.

Baca Juga  Spesifikasi Oppo Reno5, Desain Stylish, Harga Rp 5 Juta

[nextpage title=”Features & Camera”]

Lenovo PHAB Plus beroperasi pada sistem Android 5.0.2 Lollipop dengan kostumisasi user interface Vibe yang dapat diubah sesuai dengan keinginan pengguna. Modifikasinya terasa pada gambar ikon dan sejumlah fitur. Secara garis besar, phablet ini menawarkan pengalaman menggunakan Android Lollipop yang mudah digunakan. Keberadaan mode one-handed memungkinkan penggunanya untuk mengubah ukuran layar sehingga bisa lebih nyaman sesuai dengan selera masing-masing.

Lenovo PHAB Plus

Di lain pihak, kamera utama PHAB Plus cukup bisa diandalkan. Lenovo mengusung kamera utama 13 MP dengan fitur lensa f/2.2 dan lampu LED ganda yang mempermudah penggunanya memotret di ruangan yang minim cahaya. Keseimbangan warnanya juga terjaga dengan dynamic range yang cukup solid. Untuk merekam video, Phab Plus sudah menyajikan beberapa format rekam video 1080p, 720p dan resolusi standar 480p.

Gambar yang diproduksi terlihat cukup baik dengan noise yang hampir tak ada jika dilakukan di luar ruangan. Sementara mengambil gamabr di dalam ruangan memperlihat noise menganggu jika Anda memperbesar gambar. Autofocus juga kadang tak sesuai dengan keinginan kita dan detail gambar masih kurang menonjol. Sementara kamera sekunder yang disediakan cukup bisa digunakan untuk mengambil gambar selfie atau melakukan video call.

[nextpage title=”Performance”]

Lenovo membenamkan prosesor 1,5 GHz octa-core Qualcomm Snapdragon 615 (MSM8939) dengan prosesor grafik Adreno 405. Keduanya didukung RAM sebesar 2GB yang untuk sekarang ini cukup ketinggalan. Pun begitu, saat digunakan untuk bermain game, gawai ini terbilang sukses menampilkan performa gaming yang menengah. Anda bisa bermain Crossy Roads atau Hay Day dengan baik.

Lenovo PHAB Plus

Tidak hanya performa gaming menengah, Asphalt 8 juga cukup bisa dijalankan dengan mudah meskipun Anda mungkin akan menemukan sedikit laggy. Untuk memperkuat sektor multimedia, khususnya audio, Lenovo membekali PHAB Plus ini dengan fitur Dolby Atmos. Fitur ini menawarkan kualitas suara yang terpancar dari speaker bawaannya dengan cukup memuaskan. Artinya antara bass dan treble terdengar seimbang sehingga suara menjadi sangat baik. Untuk memutar musik, Lenovo menyediakan dua aplikasi pemutar musik, yakni aplikasi music bawaan dan android dan aplikasi yang disediakan khusus dari Lenovo.

Lenovo Phab Plus hadir dengan kapasitas baterai 3.500 mAh yang tak bisa dicabut. Daya tahan baterainya ini cukup tangguh. Untuk penggunaan yang biasa, PHAB Plus bisa Anda jagokan untuk bertahan selama seharian penuh. Sedangkan dengan tambahan pemutaran video, musik, dan bermain game, daya tahannya hampir mencapai 9 jam.

Baca Juga  Cara Membuat Tahu Crispy Renyah dan Tahan Lama

Lenovo PHAB Plus REVIEW

Tags: