Lenovo Vibe P1M REVIEW

Menjelang akhir tahun lalu menjadi ladang bagi Lenovo untuk memperkenalkan berbagai varian smartphone baru andalannya. Selain Vibe S1 dan juga Vibe P1, Lenovo juga memperkenalkan seri Lenovo Vibe P1M. Seperti apakah kinerja smartphone yang dari luar tampak sangat tangguh ini?

Lenovo Vibe P1M

Di pasar dengan sensitivitas harga yang tinggi di mana banyak perusahaan menekan biaya produksi hingga seminim mungkin, desain mungkin menjadi perkara yang kerap dilupakan. Hampir semua smartphone dengan harga di bawah Rp 2 juta memiliki desain yang generik. Terkesan monoton dan terlihat membosankan saat dilihat. Lenovo Vibe P1M memiliki sedikit perbedaan. Meskipun sangat bulky ketika berada di dalam genggaman tangan, desain utilitarian miliknya bisa menjadi daya tarik sendiri.

Untuk memahami lebih jauh tentang Lenovo Vibe P1M, berikut kami hadirkan ulasan mendalam perangkat ini.

[nextpage title=”Design & Display”]

Sebetulnya desain Vibe P1M sendiri bisa terlihat lebih catchy dan atraktif jika Lenovo menggunakan bahan dasar plastik yang lebih mumpuni. Plastik yang menyelimuti seluruh bodi Lenovo Vibe P1M memang sangat lembut saat disentuh serta menggunakan sentuhan akhir matte, tetapi penampilannya tidak terkesan dpremium. Karenanya, semua desain yang berada di kategori smartphone dengan harga terjangkau memang tampak sama. Tidak berlebihan rasanya kalau Lenovo Vibe P1M mungkin tidak akan terlalu menonjol jika dilihat dari segi desain.

Pun demikian, kualitas build perangkat ini terlihat baik dan percaya diri. Untuk menambah kebahagiaan konsumennya, Lenovo menyertakan sebuah cover belakang yang halus pada kotak pembeliannya. Meskipun saya tergolong pengguna yang menyukai sebuah smartphone “telanjang” apa adanya, keberadaan back cover ini tentunya menguntungkan konsumen.

Lenovo Vibe P1M

Untuk urusan penempatan tombol, Lenovo Vibe P1M memiliki seperangkat tombol yang standar. Tombol tiga serangkai Android, Menu, Back, dan Home, dilengkapi dengan pencahayaan backlit sehingga Anda masih bisa menggunakan perangkat ini dengan sempurna saat berada di kegelapan.

Tetapi ada hal lain yang berbeda dari Vibe P1M. Keberadaan tombol tambahan yang serupa dengan tombol silent milik iPhone. Tombol ini ditempatkan di sisi kiri atas perangkat.

Satu hal lain yang menarik dari Vibe P1M adalah penempatan speaker yang berada di bagian dasar layar, bukannya di belakang perangkat. Penempatan ini akan membuat Lenovo tetap menghasilkan produksi suara yang jernih meskipun kita menyenderkannya ke dinding atau membaringkannya di atas meja.

Lenovo Vibe P1M juga hadir dengan coating yang bisa menyelamatkannya dari cipratan air. Bagian punggung Vibe P1M sendiri bersifat removable dan saat membukanya, Anda bisa melihat ada dua slot kartu SIM serta kartu memori microSD yang bisa diisi dnegan memori berkapasitas 32GB. Baterainya sendiri tidak dapat dipisahkan.

Baca Juga  Moto 360 2nd Generation REVIEW

Dari sektor layar, Lenovo Vibe P1M memiliki layar berukuran 5 inci dengan resolusi mencapai 720p. Resolusinya ini menjadi standar di kelas smartphone menengah ke bawah. Tetapi resolusi bukanlah faktor utama pengguna mendapatkan pengalaman tingkat tinggi saat menatap smartphone mereka. Seperti yang bisa kita lihat dari perangkat iPhone besutan Apple. Pun begitu, Vibe P1M memiliki layar yang baik yang menampilkan warna-warna yang vibran dan jelas. Sudut pandangnya sendiri tergolong mumpuni karena gambar tetap terlihat jelas meskipun kita melihatnya dari berbagai arah.

Sayangnya, layar menjadi kurang tangguh ketika kita meletakkannya di bawah pencahayaan sinar matahari langsung. Pencahayaan yang telah diatur hingga titik maksimum juga tidak terlalu membantu. Kekurangan lain yang dirasakan dari layar perangkat ini adalah kemudahannya terkena sidik jari.

[nextpage title=”Softwares & Camera”]

Lenovo Vibe P1M menggunakan sistem operasi Android 5.1 atau Lollipop yang berbeda. Mengapa demikian? Sudah menjadi standar smartphone Lenovo (dan vendor dari Tiongkok lain) yang mengawinkan sistem operasi Android dengan interface buatan sendiri. Vibe P1M tidak menggunakan app drawer karena semua aplikasi bisa diakses melalui homescreens, sama seperti iPhone. Ikon-ikon aplikasinya pun tidak sama dengan apa yang disediakan oleh Google untuk Android. Semuanya tampak jauh lebih berwarna dan membulat.

Tidak hanya itu, perbedaan lain adalah area notifikasi cepat yang juga telah dimodifikasi di mana antarmuka Setting tidak menggunakan tampilan yang disediakan oleh Google. Meskipun dari segi desain antarmuka Moto G terlihat lebih cantik dan simpel, antarmuka Vibe P1M sendiri menyediakan fungsionalitas yang menjamin.

Anda akan mendapatkan berbagai tema, kemampuan menciptakan jalan pintas aplikasi sendiri, gesture menggoyangkan perangkat yang bisa mengatur tatanan aplikasi, dan lain sebagainya. Lenovo Vibe P1M juga hadir dengan sejumlah aplikasi preloaded. Sebut saja Twitter dan Facebook.

Bahkan ada juga aplikasi buatan Lenovo sendiri yang banyak faedahnya, semisal ShareIt dan FileExplorer. Namun, aplikasi seperti Guvera Music dan Tap The Frog adalah aplikasi yang bersifat bloatware. Tidak bisa Anda singkirkan dengan mudah.

Lenovo Vibe P1M

Lenovo Vibe P1M menggunakan kamera utama beresolusi 8 MP dengan tambahan kamera sekunder sebesar 5 MP di bagian depan. Secara keseluruhan, performa kamera utamanya tergolong dapat diandalkan meskipun Anda tidak berharap banyak ketika melakukan pemotretan di ruangan berpencahayaan rendah.

Pun demikian, saat mengambil foto kamera Vibe P1M berfungsi dengan cepat. Produksi gambarnya terbilang mumpuni karena mampu menangkap gambar yang kaya akan detail.

Vibe P1M sanggup menekan noise hingga titik terendah. Bahkan Anda mungkin bisa mengambil gambar mikto yang menarik dengan kamera milik Vibe P1M. Kamera utamanya ini juga sudah didukung oleh segudang fitur menarik diantaranya adalah fitur autofokus, LED Flash, Digital Zoom, Geo-tagging, Face Detection, Touch Focus, Panorama dan fitur HDR.

Baca Juga  Cara Cek iPhone Asli Atau Palsu (Replika) Dengan Mudah

Sejumlah masalah yang kami temukan dengan kamera utamanya ini adalah metering-nya yang terkadang meleset. Pada mode otomatis, kamera Vibe P1M cenderung mengambil foto yang overexposed.

Untungnya hal ini tidak akan terjadi setiap saat karena bergantung juga pada kapasitas kontras dan cahaya saat mengambil gambar. Selain itu, titik fokus akan mengambil waktu yang cukup lama di dalam situasi-situasi tertentu, semisal objek foto yang bergerak.

Di lain pihak, kamera depan Lenovo Vibe P1M cukup baik digunakan untuk mengambil selfie di ruangan dengan pencahayaan yang baik. Sedangkan di ruangan dengan pencahayan yang rendah, kami jamin Anda enggan membagi foto selfie ke Facebook atau Instagram saking remangnya.

[nextpage title=”Performance”]

Dengan prosesor yang menengah serta antarmuka beranimasi, kami berpikir Lenovo Vibe P1M akan menghasilkan performa yang biasa-biasa saja. Vibe P1M ditenagai oleh prosesor MT6735P dari Mediatek yang menggunakan inti ARM 53.

Ada empat inti yang terdapat di dalam MT6735P yang semuanya melaju pada kecepatan pacu hingga 1GHz. Sementara itu, prosesor grafisnya menggunakan Mali T720 dengan RAM sebesar 2GB. Ruang penyimpanan internalnya sendiri berkapasitas 16GB dengan memori sebesar 11GB yang hanya bisa diakses oleh pengguna.

Lenovo Vibe P1M

Saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, termasuk browser Chrome, kecepatannya terasa melambat. Meskipun begitu, hal ini masih tergolong baik-baik saja karena tidak ada glitch atau lag sedikit pun.

Performa gaming-nya juga bisa diandalkan. Tetapi saat Anda bermain Asphalt 8, Anda harus menurunkan kualitas grafisnya hingga tingkat medium jika ingin permainan lebih responsif.

Kualitas suara saat melakukan panggilan telepon juga tidak mengalami kendala papun. Suara yang terdengar dari seberang sana terdengar apik dan jernih.

Salah satu kelebihan dari Lenovo Vibe P1M ini adalah daya tahan baterainya yang luar biasa. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Vibe P1M hadir dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Saat kami gunakan, perangkat ini bertahan hingga gampir 15 jam.

Penggunaan meliputi browsing di Internet, mendengarkan musik, membuka sosial media, kamera, dan video. Lenovo Vibe P1M juga memiliki fitur battery saver yang bisa diaktifkan dengan mengklik tombol di sisi kiri perangkat. Mode ini membuat smartphone Anda bertahan jauh lebih lama.

Lenovo Vibe P1M REVIEW

Tags: