Lenovo Vibe S1 REVIEW

Baru-baru ini Lenovo meluncurkan sejumlah varian smartphone terbarunya yang menyasar kalangan yang berbeda. Lenovo Vibe Shot adalah smartphone yang mengandalkan kamera point and shoot sebagai kekuatan utamanya, sedangkan Phab Plus menjadi phablet dengan layar 6.8 inci, dan Vibe P1 hadir dengan kekuatan baterai hingga 5000mAh. Ada pula Lenovo Vibe P1m yang menjadi versi lebih sederhada dari Vibe P1. Perangkat paling anyar yang bergabung dengan mereka adalah Lenovo Vibe S1.[nextpage title=”Design & Display”]Lenovo Vibe S1 dirancang dengan sedemikian rupa guna menyasar pengguna smartphone yang menginginkan desain terbaik. Ditambah lagi, Vibe S1 merupakan smartphone Android pertama di dunia dengan kamera sekunder ganda. Satu untuk mengambil gambar yang beresolusi 8MP, sedangkan satunya lagi berukuran 2MP untuk menginderai kedalaman foto. Dengan menggunakan informasi kedalaman, pengguna bisa melakukan refocus serta menambahkan efek latar belakang yang buram pada foto selfie mereka. Tetapi sekarang kita akan berbicara tentang desain yang ditampilkannya terlebih dahulu.

Lenovo Vibe S1

Lenovo melakukan diferensiasi pasar dengan fokus pada desain yang dimiliki perangkatnya ketika vendor lain berlomba-lomba memenangkan hati masyarakat dengan mengusung harga murah berspesifikasi tinggi. Setidaknya itulah salah satu faktor yang kami lihat dari Vibe S1 ini. Dengan kontruksi bodi metal yang kerap dipakai oleh flagship smartphone, Vibe S1 malahan menyasar kalangan middle-range. Pada pandangan pertama, Vibe S1 terlihat memesona. Kerangka metalnya terbuat dari bahan alumunium yang kokoh yang mengingatkan kami pada seri Moto G dari Motorola. Bagian punggungnya juga dilapisi oleh kaca yang membuatnya terlihat premium. Sedangkan bagian depannya didominasi oleh layar Full HD berukuran 5 inci.

Tetapi Lenovo Vibe S1 tidak menggunakan tombol onscreen, melainkan tombol kapasitif yang terletak di bawah layarnya. Sayangnya, tombol Recent, Home, dan Back tidak dibebat dengan backlit yang sedikit mengecewakan. Meskipun ukuran layarnya termasuk jumbo, Vibe S1 masih terbilang kompak dan sangat mudah digenggam oleh satu tangan. Tetapi bagi Anda yang memiliki tangan berkeringat, Anda harus berhati-hati karena punggung kacanya membuat perangkat ini sedikit licin. Pada bagian atas, Anda akan menemukan audio jack 3.5mm dengan letak yang tak jauh dengan tombol volume dan Power di sisi kanannya. Keduanya terbuat dari metal dan sangat nyaman saat disentuh. Melompat ke bagian bawah adalah port micro USB yang diapit oleh dua speaker. Beralih ke sisi kiri perangkat dihiasi oleh kotak penyimpanan nano SIM ganda dengan karti micro SD.

Seperti disebutkan sebelumnya, Vibe S1 menggunakan layar 5 inci Full HD yang terlihat memproduksi gambar dengan tajam. Tak hanya itu, layarnya pun menawarkan reproduksi warna yang baik dengan kemampuan pencahayaan yang terjaga meski digunakan di bawah terpaan sinar matahari yang terik kala siang hari. Warna-warnanya tergolong vibran tanpa terlalu disaturasi. Untuk sudut pandangnya, Vibe S1 menawarkan viewing angels yang baik sementara level warna putihnya terlihat cerah, dan warna hitamnya terlihat dalam. Saat kami mengggunakannya untuk menonton film, video yang disajikan patut diacungi jempol. Di bawah pengaturan layar, Lenovo juga telah menambahkan Display Color Balance yang memungkinkan Anda mengubah saturasi warna sesuai dengan preferensi masing-masing. Akurasi sentuhannya pun sangat responsif.

Baca Juga  5 Cara Blokir Nomor HP di Android Dengan Cepat & Mudah

[nextpage title=”Softwares & Camera”]Di dalam bodinya yang anggun, Vibe S1 membenamkan prosesor buatan MediaTek bertipe MT6752 64 bit yang berjenis Octa Core. Prosesornya ini melaju pada kecepatan clock 1.7GHz yang dipasangkan dengan RAM sebesar 3GB. Di atas kertas, prosesornya ini sangat cocok untuk para penggemar mobile gamer yang kerap bermain game dengan yang berat.

Lenovo Vibe S1 menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka yang telah dikostumisasi oleh Lenovo. Bisa dikatakan kostumisasinya ini terbilang cukup banyak, mulai dari launcher, ikon aplikasi, tema, hingga fitur seperti wide touch yang memungkinkan jalan pintas aplikasi di layar terlihat melayang, atau secure zone yang meminimalisir antarmuka dan aplikasi-aplikasi yang penting tetapi menyembunyikan aplikasi-aplikasi lain yang kurang digunakan. Mode ini bisa digunakan jika Anda tidak ingin ada orang lain yang mengakses smartphone Vibe S1 milik Anda. Fitur lain yang bisa ditemukan adalah membuka perangkat melalui ketukan ganda dan sentuhan bersensitivitas tinggi yang digunakan saat Anda mengenakan sarung tangan. Sangat efektif.

Lenovo Vibe S1

Selain itu, Lenovo juga mengisi perangkat ini dengan preloaded apps seperti Evernote, SHAREit, aplikasi Wi-Fi Direct yang membuat Anda bsia berbagi data secara nirkabel dengan perangkat OS lain, aplikasi SYNCit guna mem-backup dan mengembalikan kontak, pesan, serta catatan panggilan. Aplikasi lain yang bisa Anda temukan adalah Truecaller, WeChat, WPS Office, UC Browser, dan Guvera Music.

Dari segi kamera, Vibe S1 memproklamirkan diri sebagai smartphone pertama di dunia dengan kamera sekunder ganda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamera ini hadir bersamaan dengan software yang memungkinkan Anda mebambahkan efek latar belakang buram pada foto selfie. Antarmuka kameranya sendiri terlihat minimalis di mana terdapat satu toggle sentuhan yang bisa membuat penggunanya berpindah antara satu kamera atau dual kamera untuk mengambil selfie. Mode selfie otomatis pun bisa ditemukan pada antarmuka kameranya ini.

Di sisi lain, kamera utama beresolusi 13 MP menawarkan performa yang cukup handal. Saat mencari fokus, kameranya bergerak dengan cepat. Saat digunakan di luar ruangan, kamera utamanya mengambil gambar sedetail mungkin bahkan ketika langit terlihat mendung. Pemotretan close-up pun menghasilkan produksi gambar yang mumpuni di mana warna yang tertangkap terlihat detail dan kaya. Pun demikian, saat mengambil gambar di kala pencahayaan temaram, Vibe S1 tidak terlalu memberikan hasil yang jempolan. Saat menggunakan LED Flash, gambar berhasil ditangkap dengan lumayan baik. Sayangnya gambar yang diproduksi juga terlihat tercampur oleh nuansa jingga akibat LED Flash tadi.

Baca Juga  Harga Infinix Hot S, HP Android Sejutaan Dengan Sensor Sidik Jari

Pun produksi video HD 1080 miliknya yang bisa dihasilkan baik oleh kamera belakang maupun kamera depan Vibe S1 cukup baik. Kualitas perekaman videonya terlihat sangat halus ketika kami putar ulang. Aplikasi kameranya pun memungkinkan Anda menangkap foto saat merekam video, meskipun terlihat sedikit buram dan ternoda noise. Harus dikatakan aplikasi kameranya mengagumkan dengan banyaknya fitur dan kontrol pada satu tempat. Kontrol tersebut termasuk pengaturan manual dan triaxal leveling, serta kontrol resolusi baik untuk foto maupun video.

[nextpage title=”Performance”]Untuk penggunaan yang biasa, Vibe S1 adalah perangkat yang tangguh. Selain antarmukanya yang telah mengalami peningkatan dan ukuran RAM-nya yang lebih besar, Vibe S1 tidak akan menjebak Anda dalam pengalaman yang laggy ketika menggunakan hampir seluruh fitur yang ada. Prosesor Octa Core dari MediaTek miliknya memastikan performa perangkat yang baik, terutama saat berkaitan dengan fungsi-fungsi yang menyangkut kualitas grafis. Pemutaran video dan fungsi gaming, bisa dijalankan secara halus.

Berlanjut pada segi konektivitas, spesifikasi Lenovo Vibe S1 ini sudah cukup mumpuni karena memiliki slot dual SIM. Namun, slot pada SIM 2 ini bersifat opsional dan bisa dialihfungsikan menjadi slot memori eksternal. Dengan adanya teknologi jaringan 4G LTE, smartphone ini mampu memenuhi keperluan download hingga kecepatan maksimal 150 Mbps, serta upload hingga kecematan 50 Mbps. Lenovo Vibe S1 pun juga sudah dilengkapi dengan slot microUSB V2.0 yang akan membantu melakukan debug USB ataupun bersinergi dengan perangkat lain. Sayangnya, untuk urusan navigasi Vibe S1 ini belum secanggih Zuk Z1 karena hanya mengandalkan navigasi A-GPS saja yang akan membuat penguncian lokasi menjadi kurang akurat.

Lenovo Vibe S1

Jika berbicara masalah benchmark, maka Vibe S1 menjadi smartphone berprosesor MediaTek MT6752 yang lebih baik jika dibandingkan perangkat sekelas lain ,seperti HTC One E9s misalnya. Pengujian melalui AnTuTu menghasilkan poin 46.358 dan Quadrant 21.207. Untuk urusan jaringan, perangkat ini berfungsi dengan baik di jaringan 3G maupun 4G. Sedangkan produksi suaranya sangat bisa diandalkan ketika digunakan untuk memutar musik.

Lenovo Vibe S1 menggunakan baterai berkapasitas 2420mAh yang bisa bertahan hingga seharian penuh. Tetapi tentu saja hal ini dipengaruhi juga oleh penggunaan masing-masing individu. Penggunaan standar yang meliputi pemutaran musik, video streaming, panggilan telepon hingga satu jam, jejaring sosial untuk beberapa lama, dan menggunakan kamera untuk mengambil foto dan merekam video membuat Vibe S1 bertahan hingga kurang lebih enam jam. Penggunaan yang lebih sederhana dengan mematikan sinkronisasi email, data mobile, dan menonaktifkan Wi-Fi selama beberapa saat membuat perangkat bisa bertahan seharian penuh.

Lenovo Vibe S1 REVIEW