Masalah Ekonomi Adalah: Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab, Dampak dan Contohnya

masalah ekonomi adalah
Ilustrasi oleh dribbble.com

Masalah ekonomi adalah masalah yang timbul saat keinginan dan kebutuhan bertemu dengan sumber daya yang terbatas. Masalah ini sering muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Ekonomi sangat berperan penting dalam jalannya suatu negara. Buktinya, sampai ada masalah ekonomi yang harus diperhatikan negara dan harus kita pelajari saat ini. Ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi adalah masalah yang timbul saat keinginan dan kebutuhan bertemu dengan sumber daya yang terbatas. Masalah ini sering muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Inti dari masalahyaitu terbatasnya sumber daya dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang bermacam-macam dan tidak terkendali.

Adanya kebutuhan yang semakin rumit dalam masyarakat menimbulkan ketergantungan sosial yang kian tinggi. Akhirnya, akan berakibat muncul dampak negatif perubahan sosial yang lama-lama berubah jadi fenomena sosial yang buruk.

Jenis-jenis Masalah Ekonomi

4 Masalah Pokok Ekonomi Modern dan Klasik | Pedoman Bengkulu

Terdapat 2 jenis masalah ekonomi, diantaranya sebagai berikut:

Masalah Ekonomi Modern

Permasalahan ekonomi modern berfokus pada what, how, dan for whom.

  1. Barang apa yang diproduksi dan berapa banyak? (What)
    Hal ini manusia harus pandai dalam membuat prioritas barang apa saja yang akan diproduksi dan berapa jumlah yang sesuai.
  2. Bagaimana cara memproduksi? (How)
    Pertimbangan teknologi modern atau padat modal maupun teknologi manual atau padat karya tentu harus melalui proses penghitungan yang detail.
  3. Untuk siapa barang diproduksi? (For Whom)
    Masalah ini menyangkut pasar mana yang dibidik, didasarkan pada penghasilan, daerah, gender, atau sisi usia.

Masalah Ekonomi Klasik

Jenis masalah ekonomi klasik mencakup proses produksi, distribusi, dan konsumsi.

  1. Proses produksi
    Adanya masalah ekonomi dalam proses produksi ialah tentang jumlah barang yang tersedia dan besarnya kebutuhan masyarakat.
  2. Distribusi
    Realitanya, barang atau jasa yang makin langka dan makin dibutuhkan masyarakat, harganya pun akan semakin tinggi. Sehingga distributor melakukan hal ini guna mengontrol dan mengatur kebijakan.
  3. Konsumsi
    Masalah yang terakhir berkaitan dengan konsumsi. Dalam hakikatnya, masyarakat memiliki peran penting dalam proses konsumsi meskipun tidak melulu barang atau jasa dikonsumsi oleh masyarakat.

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Ekonomi

4 Hal Ini yang Menyebabkan Ekonomi Dunia Galau

Berikut beberapa penyebab terjadinya permasalahan ekonomi.

1. Utang negara yang berlebihan

Salah satu penyebab terjadinya krisis ekonomi adalah karena banyaknya beban utang negara sehingga tidak mampu membayarnya.

Baca Juga  Hubungan Internasional Merupakan Sebuah Hubungan Antara?

Hal ini sama seperti halnya suatu perusahaan. Apabila memiliki banyak utang dan tidak mampu membayarnya, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut akan bangkrut.

2. Laju inflasi yang tinggi

Inflasi merupakan sebuah peristiwa di mana harga barang dan jasa mengalami kenaikan dalam waktu yang panjang. Sebenarnya, inflasi tidak selalu menjadi hal yang negatif, bergantung pada tinggi rendahnya tingkat presentase inflasi.

3. Pertumbuhan ekonomi yang macet

Penyebab lainnya dari masalah ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi di suatu negara tidak berkembang atau macet.

Semakin buruk pertumbuhannya, maka ada kemungkinan negara tersebut masuk ke jurang krisis perekonomian.

Dampak Masalah Ekonomi

Krisis ekonomi memberikan dampak yang sangat besar bagi negara dan tentunya dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

Saat suatu negara mengalami peristiwa tersebut, dipastikan banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawannya, karena tidak memiliki cukup uang untuk memberikan gaji kepada mereka.

Dengan kejadian tersebut, dipastikan juga angka pengangguran akan semakin naik. Setelahnya, angka kemiskinan juga meningkat karena orang-orang tidak memiliki pendapatan.

Selain itu, pemerintah dipastikan akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan belanja negara. Apalagi, masyarakat juga kesulitan memenuhi kehidupan sehari-hari karena harga kebutuhan naik secara tajam.

Contoh Masalah Ekonomi

Uang jajan bulanan yang selalu kurang juga termasuk contoh masalah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lainnya adalah terbatasnya sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Nah itulah ulasan tentang Masalah Ekonomi, baik dari pengertian, jenis-jenisnya, faktor penyebab dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Masalah Ekonomi Adalah: Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab, Dampak dan Contohnya