Membuat Kartu Ucapan Selamat Berbuka Puasa di HP Android dan iPhone

kartu ucapan selamat berbuka puasa
Di momen Ramadan, Anda bisa membagikan ucapan selamat beruka puasa (Sumber gambar: Pixabay)

Membuat kartu ucapan selamat berbuka puasa kini bisa via aplikasi di smartphone atau ponsel Android dan iPhone. Berkat aplikasi Canva, Anda bisa membuat kartu ucapan tersebut secara mudah.

Pada saat menjalankan puasa Ramadan, salah satu momen yang ditunggu-tunggu adalah berbuka puasa. Nah, sambil menikmati sajian berbuka puasa, Anda juga bisa mengirimkan ucapan buka puasa.

Adapun ucapan buka puasa ini dapat dikirimkan ke teman, keluarga, dan orang-orang terdekat lainnya yang lokasi atau jaraknya sedang berjauhan dengan Anda. Ucapan berbuka puasa ini dapat dikirimkan melalui aplikasi perpesanan instan WhatsApp atau Telegram hingga melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Baca juga: Membuat Kartu Ucapan Menyambut Ramadhan di HP Android dan iPhone

Nah, agar ucapannya lebih beda, Anda bisa mengirimkannya dalam bentuk kartu ucapan digital. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kartu ucapan selamat berbuka puasa via ponsel Android dan iPhone:

Membuat kartu ucapan selamat berbuka puasa

Langkah 1: Silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Canva. Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi PlayStore atau App Store.

Langkah 2: Apabila baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, Anda akan diminta untuk mendaftar terlebih dulu. Biar lebih praktis, tinggal hubungkan saja aplikasi Canva dengan akun Google atau Facebook milik Anda.

Tampilan Canva

Langkah 3: Jika sudah masuk ke menu utamanya, di bagian atas Anda akan melihat kolom pencarian lengkap dengan “ikon kaca pembesar”. Ketik “Ramadan” di kolom pencarian itu, lalu enter atau OK.

Langkah 4: Berikutnya, Anda akan disuguhkan sejumlah template desain digital bertema Ramadan. Silakan pilih yang Anda sukai. Untuk yang gratis, pilih saja yang berlabel “FREE”.

kartu ucapan selamat berbuka puasa

Langkah 5: Apabila sudah memilih dan menekan salah satu template, Anda akan dihadapkan pada menu editing. Di sini, Anda bisa meng-edit template tersebut. Anda bisa mengganti warna, gambar, menambahkan emoji, shape, dan masih banyak lagi.

Langkah 6: Saran kami, bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Canva, sebaiknya ganti tulisannya saja. Caranya, tinggal tekan saja tulisannya, lalu pilih opsi “Edit” di bagian bawah.

Langkah 7: Berikutnya, jika sudah memilih opsi “edit”, akan muncul keypad virtual di ponsel Anda. Silakan ganti tulisannya via keypad tersebut. Anda bisa menggantinya dengan kalimat “Selamat berbuka puasa untuk temanku…”

kartu ucapan selamat berbuka puasa

Langkah 8: Jika sudah puas dengan hasil editan kartu ucapan digitalnya, Anda bisa menyimpannya jadi file gambar ke perangkat ponsel Anda secara langsung. Caranya, tinggal pilih saja “ikon panah ke bawah” di pojok kanan atas, lalu pilih “Save” atau “Simpan”.

Baca Juga  iOS 14.2: Kelebihan, Emoji dan Fitur Baru, serta Cara Update

Langkah 9: Atau, Anda juga bisa langsung membagikannya ke media sosial atau ke aplikasi perpesanan instan, caranya pilih saja “ikon panah ke atas” di pojok kanan atas. Berikutnya, silakan cari ikon aplikasi media sosial atau aplikasi perpesanan instannya.

Baca juga: Cara Buat Kartu Ucapan Permohonan Maaf Jelang Ramadan

Demikianlah cara membuat kartu ucapan selamat berbuka puasa. Mudah kan? Selamat mencoba ya.

Membuat Kartu Ucapan Selamat Berbuka Puasa di HP Android dan iPhone