Menjajal Performa Gaming Redmi Note 10, Genshin Impact hingga Mobile Legends

Performa gaming Redmi Note 10
Performa gaming Redmi Note 10 saat digunakan bermain Genshin Impact hingga Mobile Legends (Sumber gambar: Xiaomi dan Mihoyo)

Ingin tahu performa gaming Redmi Note 10? Saat ini, tak sedikit yang ingin mengetahui kemampuan smartphone atau ponsel penerus Redmi Note 9 ini saat digunakan untuk bermain game.

Di Pasar Indonesia, Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro diluncurkan pada 30 Maret 2021. Ponsel yang dibanderol mulai Rp 2,5 jutaan ini dipersenjatai chipset Snapdragon 678 yang dipadankan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Untuk mendukung kinerjanya, ponsel ini dibekali juga dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Baterai tersebut didukung dengan fitur pengisian daya cepat 33 Watt.

Kemudian, sistem operasi (OS) yang tertanam adalah Android 11. Antarmuka MIUI 12.1 turut membalut tampilan sistem operasi tersebut.

Kini, layar Redmi Note 10 juga sudah menggunakan panel AMOLED. Layar itu berdiagonal 6,43 inci dan beresolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel).

Berdasarkan performa di atas kertas, Redmi Note 10 meraih skor Antutu v8 277.254. Hal itu ditampilkan oleh laman Kimovil.com.

Lantas, bagaimana dengan performa gaming-nya? Dihimpun resumecheap.com dari channel YouTube FlashGadget dan Pricebaba.com, berikut ini adalah kemampuan Redmi Note 10 saat digunakan bermain beberapa game.

Performa gaming Redmi Note 10

Redmi Note 10 dipersenjatai Snapdragon 678 (Sumber gambar: Xiaomi dan SeekPNG)

Pertama, mari kita melihat performa Redmi Note 10 saat bermain game Mobile Legends. Game MOBA terpopuler di Indonesia ini ternyata bisa diatur ke pengaturan grafik ultra. Selain itu, pengaturan lainnya juga bisa diaktifkan di “rata kanan” alias pengaturan tertingginya.

Saat dalam permainan, game Mobile Legends ini bisa berjalan sangat lancar dan jarang sekali terjadi framedrop. Kisaran FPS-nya adalah 59. Angka itu tentu tinggi dan membuat game berjalan smooth.

Game berikutnya adalah PUBG Mobile. Game ber-genre battle royale yang dipublikasikan Tencent Games ini bisa dimainkan di tiga pilihan grafis, yakni smooth, balanced, dan HD. Saat dimainkan di smooth dan balanced, framerate-nya bisa diatur ke ultra. Sedangkan, saat dimainkan di HD, framerate-nya hanya sampai high saja.

Ketika bermain di pengaturan smooth-ultra, PUBG Mobile dapat dimainkan secara lancar. Kendati begitu, pemain akan menemukan framedrop di momen-momen tertentu. FPS-nya berjalan di kisaran 44.

Bagi Anda yang kerap membidik senjata ke musuh menggunakan sensor gyro di PUBG Mobile tak perlu khawatir. Pasalnya, gyro di Redmi Note 10 dapat difungsikan dengan baik, tanpa adanya delay.

Baca Juga  DJI Mavic Mini: Drone Mini Ringan, Murah, dan Bermutu

Selanjutnya, game yang harus diketahui performanya adalah Call Of Duty Mobile atau COD Mobile. Game yang dipublikasikan Garena ini bisa dimainkan di pengaturan grafik high dan frame rate tertingginya.

Saat dimainkan di pengaturan seperti itu, COD Mobile dapat dijalankan dengan lancar, jarang terjadi framedrop. FPS-nya berjalan di kisaran 50-an.

Nah, berikutnya bagi Anda yang gemar bermain game balap, maka harus tahu juga performa Redmi Note 10 saat memainkan Asphalt 9 Legends. Game arcade racing dari Gameloft ini dapat dimainkan dalam pengaturan high quality. Namun sayang, pengaturan mode 60 FPS dan juga efek motion blur-nya belum bisa diaktifkan.

Ketika dimainkan dalam pengaturan high quality, Asphalt 9 bisa dimainkan secara lancar. Meski memang, beberapa kali terjadi frame drop saat momen-momen tertentu, seperti misalnya saat bertabrakan atau saat nitro dikeluarkan.

Terakhir, game yang wajib diketahui hasil performanya saat dimainkan di Redmi Note 10 adalah Genshin Impact. Game ber-genre RPG buatan Mihoyo ini datang dengan pengaturan awal (default) low 30 FPS di Redmi Note 10.

Agar lebih lancar, pemain disarankan mengatur pengaturan grafiknya jadi lowest atau paling rendah. Pasalnya, saat bermain di pengaturan low saja, FPS rata-rata yang didapatkan hanya 25. Lalu, saat di momen-momen tertentu, seperti ketika bertarung melawan monster, FPS-nya drop jadi 20-an saja.

Begitulah penjelasan performa gaming Redmi Note 10. Kami berharap konten ini bermanfaat buat Anda yang memang mengincar membeli ponsel tersebut untuk digunakan dalam bermain game.

Rincian spesifikasi

  • Dimensi: 160.5 x 74.5 x 8.3 mm
  • Berat: 178, 8 gram
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Panel Super AMOLED, tingkat kecerahan maksimal 1100 nits (peak), diagonal layar 6.43 inci, 83,5% rasio layar ke bodi, resolusi 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio, kerapatan piksel 409 ppi, proteksi Corning Gorilla Glass 3
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut MIUI 12
  • Chipset: Snapdragon 678
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
  • GPU: Adreno 612
  • Kartu memori: microSD
  • RAM dan memori internal: RAM 4 GB, memori internal 64 GB
  • Kamera belakang: 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: 13 MP, f/2.5, (wide), 1/3.06″, 1.12µm
  • Video kamera belakang: [email protected], [email protected]/60fps
  • Video kamera depan: [email protected]
  • 3,5 mm jack: Ada
  • USB: USB Type-C 2.0
  • Sensor: Pemindai sidik jari di bodi samping, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 5.000 mAh, pengisian daya cepat 33 Watt
Baca Juga  Spesifikasi Wiko View4 Lite, HP Harga Rp 1,2 Juta dari Eropa

Link pembelian Redmi Note 10: Tokopedia | Shopee

Menjajal Performa Gaming Redmi Note 10, Genshin Impact hingga Mobile Legends