Olahraga Lari: Pengertian, Aturan, Nomer Lari, dan Teknik Dasarnya

nomor lari
Ilustrasi oleh dribbble.com

Nomor lari jarak pendek untuk putra adalah 100 m, 200 m, dan 400 m sedangkan untuk putri: 100 m, 200 m, 400 m dan pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Lari merupakan salah satu yang efektif untuk membakar lemak. Dan tentunya juga sangat menyehatkan.

Menurut pengertiannya sendiri, lari adalah kegiatan menggerakkan kedua kaki untuk melakukan gerakan berlari. Baik dalam tempo yang mediun ataupun cepat, gerakan yang lebih cepat maupun berjalan.

Pengertian Olahraga Lari Menurut Para Ahli

1. Menurut Bahagia

Manurut Bahagia (2000:11) pengertian lari merupakan gerakan tubuh di mana terdapat kedua kaki ada saat melayang di udara (kedua telapak kaki lepas dari tanah). Yang mana lari diartikan berbeda dengan jalan yang selalu kontak dengan tanah.

2. Menurut Djuminar

Menurut Djuminar (2004:13) pengertian lari adalah sebagai frekuensi langkah yang dipercepat sehingga terdapat suatu waktu di mana saat berlari kedua kaki mengalami kecendrungan badan melayang atau sekurang-kurangnya kaki tetap menyentuh tanah

3. Menurut Wikipedia

Lari didefinisikan sebagai gerakan tubuh (gait), di mana pada suatu saat semua kaki tidak menginjak

Macam-Macam Lari

Beberapa jenis lari yang resmi diperlombakan. Dan masing-masing jenisnya memiliki teknik yang berbeda. Berikut adalah penjelasan mengani macam-macam lari yang wajib kamu ketahui.

1. Lari jarak pendek atau sprint

Merupakan cabang lari di mana atlet yang mengikuti lomba harus berlari secepat mungkin dengan tenaga yang maksimal dengan jarak tempuh yang tak terlalu jauh.

Jarak yang ditempuh dalam lari lari jarak pendek atau sprint ini biasanya mulai dari 100 m, 200 m,sampai 400 m. Dalam perlombaan lari terdapat tiga cara start, yaitu:

  • Start berdiri (standing start)
  • Start jongkok (crouching start)
  • Star melayang (flying start)

2. Lari jarak menengah

Jarak lari menengah ini memiliki jarak tempuh yang tak terlalu jauh maupun terlalu dekat. Kisaran antara 800 m hingga 1500 m.

Baca Juga  Tahapan-Tahapan dalam Mencapai Suatu Perjanjian Internasional

Sedikit berbeda dengan lari jarak pendek, lari jarak menengah menggunakan gaya menapak kaki yang disebut dengan istilah ball-hell-ball.

Ball-hell-ball merupakan gerakan menapakkan kaki yang bertumpu pada ujung tumit serta menolakkan tapak kaki dengan ujung kaki. Untuk posisi start yang dilakukan dengan posisi berdiri.

3. Lari jarak jauh atau marathon

Menjadi salah satu olahraga yang populer membuat perlombaan marathon sering diadakan dan peminatnya pun kian bertambah. Sebab, marathon menjadi favorit masyarakat karena dianggap bisa menantang adrenalin dan mengukur kekuatan para pesertanya.

Untuk jarak tempuhnya sendiri, lari marathon biasanya mulai dari jarak 3 km, 5 km, hingga 10 km. yang tentunya akan diakhiri dengan rasa letih yang luar biasa.

Sehingga tak heran jika nama lari ini dinamakan sebagai marathon. Sedangkan ada pula lari cross cauntry yang jaraknya lebih jauh lagi dari marathon.

4. Lari sambung atau estafet

Lari estafet merupakan lari sambung yang dilakukan oleh beberapa orang dalam satu grup secara bersamaan dengan membawa sebuah tongkat. Dalam satu grup pada umumnya terdiri dari empat orang pelari yang dilakukan secara bergantian.

Teknis dalam melakukan estafet ini yaitu semua peserta menempati posisi dalam lintasannya masing-masing. Lalu, pelari pertama akan berlari secepat mungkin dan kemudian memberikan tongkat ke dua dan seterusnya hingga mencapai garis finish.

Terdapat sebuah area yang mempunyai zona 20 m, di mana pergantian pelari serta penyerahan tongkat hanya dapat dilakukan di dalam zona tersebut. Jika tidak berada dalam zona tersebut, maka otomatis regu yang melanggar peraturan akan langsung didiskualifikasi.

Nomor lari estafet yang diperlombakan biasanya mempunyai jawak 4x100m atau 4x400m.

Teknik Lari

Teknik dasar start

Teknik start yang biasa digunakan oleh pelari jarak jauh hampir sama dengan teknik start yang digunakan pada lari jarak menengah. Yakni menggunakan teknik start berdiri

Teknik dasar lari

Pada lari jarak jauh diusahakan agar pelari mampu berlari dengan cepat sekaligus lebih lama. Adapun teknik yang digunakan dalam lari jarak jauh, yaitu:

  • Posisi kaki menapak pada tanah, dimulai dari tumit lalu ke ujung kaki
  • Lutut diangkat tidak terlalu tinggi
  • Diikuti dengan gerakan lengan yang diayunkan dengan santai
  • Badan dalam keadaan santai agak condong ke depan ±10 s.d 15 derajat
  • Bernapas dengan wajar dan disesuaikan dengan irama langkah kaki

Teknik melewati garis finish

Pada umumnya, sebelum peserta mencapai garis finish, pelari akan berlari lebih cepat untuk memperebutkan posisi terdepan.

Baca Juga  Apa itu Seminar

Pada waktu mencapai garis finish, kemudian pelari menjatuhkan salah satu bahu ke depan, membungkukkan badan ataupun membusungkan dada.

Nomor-Nomor Olahraga Lari

Lari jarak pendek

  • Putra: 100 m, 200 m, dan 400 m
  • Putri: 100 m, 200 m, dan 400 m

Lari jarak menengah

  • Putra: 800 m, 1.500 m, 3.000 m
  • Putri: 800 m, 1.500 m, 3.000 m

Lari jarak jauh

  • Lari Jarak jauhPutra 5.000 m, 10.000 m
  • Lari marathon: 41,195 km

Jalan cepat

  • Putra: 10 km, 20 km
  • Putri: 5 km, 10 km

Lari estafet

  • Putra: 4×100 m, 4×400 m
  • Putri: 4×100 m, 4×400 m

Lari gawang

  • Putra: 110 m, 400 m
  • Putri: 100 m, 400 m

Demikianlah penjelasan mengenai olahraga, semoga dapat membantu kegiatan belajar kamu.

Referensi: yuksinau.id

Olahraga Lari: Pengertian, Aturan, Nomer Lari, dan Teknik Dasarnya