Oppo A74 5G, Ini Kelebihan dan Kekurangannya, Ada NFC?

Oppo A74 5G kelebihan dan kekurangan
Oppo A74 5G (Sumber gambar: Oppo Indonesia)

Oppo A74 5G kelebihan dan kekurangan spesifikasinya perlu Anda ketahui jika Anda hendak membeli ponsel tersebut. Di Indonesia, Oppo A74 dirilis dalam dua versi, yakni yang versi 4G dan 5G.

Untuk yang versi 5G ini, harganya adalah Rp 3,7 juta. Hal ini membuat Oppo A74 5G menjadi smartphone atau ponsel 5G termurah yang ada di pasaran Indonesia, setidaknya saat tulisan ini dibuat.

Dengan banderol harga seperti itu, simak kelebihan dan kekurangan dari ponsel Oppo seri A tersebut:

Kelebihan Oppo A74 5G

Bisa terkoneksi ke jaringan 5G

Sesuai embel-embel namanya, ponsel ini bisa terkoneksi ke jaringan masa depan, 5G. Kecepatan jaringan 5G tentu saja lebih cepat dari 4G. Disebut-sebut, kecepatan unduh jaringan 5G bisa 10 sampai 20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet saat ini.

Saat ini, jaringan 5G memang masih belum tersedia di Indonesia. Jaringan itu diperkirakan baru akan hadir di ibu kota negara (IKN) baru pada 2024.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 5 5G, Harganya 7 Juta

Desain stylish

Oppo memang selalu membuat ponsel yang tampilannya stylish. Kali ini, desain Oppo A74 5G pun termasuk stylish.

Ponsel ini hadir dalam dua varian warna, yakni Fluid Black dan Space Silver. Kedua varian warna itu tampil dalam finishing matte, namun tetap terlihat sedikit mengkilat jika terkena cahaya.

Warna bodi belakangnya berpadu sempurna dengan desain bingkai kamera belakangnya yang terlihat elegan. Bentuk bingkai kameranya persegi dengan ujung melengkung dan didominasi warna gelap.

Di pojok kanan bawah bodi belakangnya, Anda bisa melihat ada tulisan “Oppo” yang ukurannya kecil. Tulisan itu berorientasi landscape.

Baca juga: Oppo Reno 5, Ini Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasinya

Chipset bertenaga

Oppo A74 5G dipersenjatai chipset Snapdragon 480 5G. Kami yakin, banyak yang beranggapan chipset itu mempunyai kemampuan yang terkesan biasa saja. Pasalnya, sebelumnya chipset Snapdragon seri 4 memang banyak ditanamkan pada ponsel kelas entry-level.

Namun jangan salah sangka dulu, Snapdragon 480 5G ternyata termasuk chipset bertenaga. Menurut hasil ujicoba yang dilakukan Nextren Grid, kemampuan chipset itu melampaui Snapdragon seri 6 dan hampir menyamai performa Snapdragon seri 7.

Baca Juga  Poco X3 NFC Si Mid-Range Killer, Ini Spesifikasi dan Harganya

Ponsel ini meraih skor Antutu v8 di kisaran 313.000-an. Dan seperti diketahui, chipset sangat berpengaruh terhadap performa sebuah ponsel saat dioperasikan, terutama ketika menjalankan game.

Oppo A74 dapat memainkan game Call Of Duty Mobile dalam pengaturan grafik very high, frame rate very high, dan semua efek aktif kecuali water reflection. Lalu, game MOBA Arena Of Valor dapat dimainkan dalam kualitas HD display ultra, display quality nyaris HD, particle quality high, high frame rate mode dapat diaktifkan.

Refresh rate 90 Hz

Di Oppo A74 5G sudah tersedia opsi refresh rate layar sampai 90 Hz. Itu artinya, layarnya bisa berjalan lebih mulus ketimbang layar dengan refresh rate 60 Hz.

Refresh rate 60 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 60 kali. Sementara itu, refresh rate 90 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 90 kali.

Baterai besar

Oppo A74 5G dibekali baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh. Pihak Oppo mengklaim, baterai itu bisa membuat ponsel bertahan 3hingga 27 jam digunakan untuk menelpon dan 40 jam siaga.

Baca juga: Cara Menggunakan NFC Oppo Reno 5 dan Oppo Reno 5 5G Buat eMoney

Ada NFC

Berbeda dari versi 4G yang hadir tanpa NFC, Oppo A74 5G sudah hadir dengan dukungan NFC. Fitur ini membuat pengguna bisa langsung mengecek saldo dan isi saldo e-money langsung di perangkat ponselnya.

Kekurangan Oppo A74 5G

Mari lebih lanjut membahas Oppo A74 5G kelebihan dan kekurangan spesifikasinya. Kali ini, kami akan memaparkan beberapa kekurangannya. Berikut rinciannya:

Punch-hole cukup besar

Layar Oppo A74 5G memang sudah dilengkapi punch-hole atau lubang sebagai “wadah” kamera selfie-nya. Lubang itu berada di pojok kiri atas.

Namun, lubang itu terlihat berukuran cukup besar. Padahal, di ponsel lain kelas Rp 3 jutaan, biasanya lubang tersebut bisa berukuran lebih kecil lagi dan membuat layar terkesan lebih lapang.

Baca juga: Ini Performa Gaming Oppo A54, Mobile Legends dan PUBG Lancar?

Panel layar masih IPS

Berbeda dari Oppo A74 versi 4G yang sudah menggunakan panel layar AMOLED, Oppo A74 5G justru masih menggunakan layar berpanel IPS LCD. Memang, kedua panel layar itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun layar berpanel AMOLED dianggap lebih menarik oleh para pengguna ponsel di Tanah Air.

Baca Juga  One UI 3.1: Fitur, Kelebihan, dan HP Samsung yang Kebagian

Layar AMOLED punya kelebihan bisa menampilkan gambar dengan saturasi warna lebih tinggi, lebih irit daya, hingga mampu menyajikan sudut pandang yang lebih baik. Sementara itu, layar IPS LCD memiliki kelebihan bisa tampil lebih cerah meski saat di bawah sinar matahari, hingga memiliki harga yang lebih terjangkau.

Speaker masih satu, bukan stereo

Jika beberapa Oppo seri A sebelumnya sudah dibekali speaker stereo, Oppo A74 5G ini justru masih memiliki satu speaker yang ditempatkan di bagian bawah. Ini tentu membuat pengalaman saat menonton video atau film, mendengarkan musik, hingga bermain game tak sebaik di ponsel dengan speaker stereo.

Baca juga: Oppo A54 vs Samsung A12, Mending Mana? Ini Rekomendasinya

Fast charging tak secepat Oppo A74 versi 4G

Oppo A74 5G memang telah dibekali fitur fast charging atau pengisian daya cepat. Namun ternyata, dayanya lebih rendah daripada yang ada di Oppo A74 versi 4G.

Di Oppo A74 4G, fitur pengisian daya cepatnya 33 Watt, sementara itu Oppo A74 5G fitur pengisian daya cepatnya hanya 18 Watt. Ini tentu membuat pengisian daya baterai di Oppo A74 5G lebih lambat daripada di Oppo A74 4G.

Demikianlah pemparan mengenai Oppo A74 5G kelebihan dan kekurangan dari segi spesifikasi dan fiturnya. Semoga dapat menjadi panduan bagi Anda yang hendak membeli ponsel tersebut.

Rincian spesifikasi

  • Dimensi: tinggi 162.9mm, lebar 74.7mm, tebal 8.4mm
  • Berat: 190g
  • Layar: LCD 6.49 inci, single punch-hole, FHD Plus (2400 x 1080); 405 PPI; Refresh rate 90HZ ; Rasio bodi terhadap layar 90.5%
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut ColorOS 11.1
  • Chipset: Snapdragon 480 5G 2 x 2.0 GHz ARM Cortex-A76 CPU+6 x 1.8 GHz ARM Cortex-A55; GPU 650 MHz Adreno 619
  • RAM dan memori internal: RAM 6 GB LPDDR 4X ROM 128 GB UFS 2.1
  • Kamera belakang: 48 MP (f/17) kamera utama; 8 MP (f/2.2) kamera ultra wide; 2 MP (f/2.4) kamera mono; 2 MP (f/2.4) kamera makro
  • Kamera depan: 16 MP (f/2.0)
  • Pemindai sidik jari: Di bodi bagian samping
  • Baterai: 5.000 mAh, dukungan fast charging 18 watt
  • Fitur lain: 3.5mm Audio Jack, Bluetooth, NFC, Dual-mode 5G (SA & NSA), 4G LTE, VoLTE
  • Warna: Fluid Black dan Space Silver

Oppo A74 5G, Ini Kelebihan dan Kekurangannya, Ada NFC?