OPPO F1 REVIEW

OPPO, produsen smartphone asal China, ingin menghilangkan cap negatif yang ada pada publik. Biasanya, masyarakat awam menilai bahwa produk yang berasal dari Cina, tak memiliki kualitas yang bagus. Setelah mengulas beberapa smartphone OPPO, kami harus mengatakan bahwa cap yang sudah menempel pada masyarakat salah besar.

Kini dengan kehadiran Oppo F1 Selfie Expert, kami justru jatuh cinta dengan OPPO. Produk ponsel pintar mereka yang diklaim sebagai jagoan dalam urusan kamera ini berhasil meninggalkan impresi positif di benak kami. Setelah melalui proses penggunaan daily use, kami berhasil mengulik beberapa fitur unggulan dan performa dari OPPO F1. Inilah OPPO F1 Review dari kami.

[nextpage title=”Design & Display”]

OPPO F1 REVIEW

OPPO mengimplementasikan sebuah desain yang persis dari produk high-end mereka seperti R7 dan R7 Lite. Satu perbedaan yang mencolok antara F1 dan R7 adalah material plastik yang ada di bagian belakang F1. Perangkat ponsel pintar ini datang dengan layar seluas 5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 4. Layar yang ada pada ponsel ini dibalut dengan bingkai metal yang membuatnya terlihat dan terasa premium. Bagusnya, bagian sudut dari OPPO F1 membentuk lengkungan sehingga sangat nyaman ketika digenggam.

Tombol volume di bagian kiri layar sedangkan tombol power/standby berada di sisi kanan layar. Untuk lubang 3.5mm audio, Anda dapat menemukannya pada sisi atas layar. Seperti biasa, lubang microUSB yang berfungsi untuk charging dan data transfer berada di bagian bawah.

Bagian belakang dari OPPO F1 terdiri dari kamera berkekuatan 13 megapiksel, LED, dan speaker di bagian bawah. Penempatan logo OPPO pada bagian tengah menurut kami sangat pas dan serasi berkat penempatan kamera dan speaker pada masing-masing ujung atas dan bawah. Untuk pilihan warna, OPPO F1 tersedia dalam 2 varian, putih dan emas. Walaupun memiliki design dan bahan plastik yang keren, OPPO F1 tidak terasa licin di genggaman. Selain itu F1 juga tidak terasa berat mengingat ketebalannya dan beratnya yang hanya 134 gram.

[nextpage title=”Camera”]Selfie Expert. Itulah slogan yang diemban oleh perangkat ponsel pintar ini. Tak hanya sekedar slogan, OPPO F1 benar-benar dapat memberikan kualitas foto dan video yang sangat baik. Selama melakukan OPPO F1 Review, hasil foto yang kami dapatkan melebihi ekspektasi kami.

OPPO F1 datang dengan dua kamera berkekuatan 13 (Belakang) dan 8 (Depan) megapiksel. Embel-embel selfie expert bukan sekedar pajangan, kamera depan dari F1 ternyata dibekali dengan f/2.0 aperture. Fungsi dari aperture sendiri adalah sebagai pengatur cahaya yang masuk ke lensa kamera. Teknologi aperture f/2.0 ditambah dengan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel secara tidak langsung memberikan kepastian kualitas foto yang apik. Sejauh ini, ketika menggunakan kamera depan dari OPPO F1, kami merasa sangat puas.

Baca Juga  Laptop Gaming Murah 2 Jutaan ? Apa Bisa ?

OPPO F1 REVIEW

Untuk mengambil foto selfie di kala keadaan sedang gelap gulita, Anda bisa memanfaatkan fitur screen flash. Fitur tersebut akan menjadikan layar depan sebagai flash yang nantinya memberikan cahaya ke muka Anda. Namun, tentu saja mengambil foto ketika sedang gelap gulita tak akan lepas dari banyaknya noise pada hasil foto.

Baca Juga: Perkenalkan Perangkat Sefie Expert, OPPO Gelar Seflie Run 2016

Kamera utama, yang terletak di bagian belakang, berhasil menciptakan foto dengan kualitas yang apik. Namun, Anda tetap harus melihat kondisi pencahayaan ketika ingin mengambil gambar. Apabila kondisi pencahayaan sedang oke, kami jamin Anda akan mendapatkan hasil foto yang maksimal. Untuk lebih memaksimalkan hasil foto, Anda juga bisa memanfaatkan fitur HDR.

Selain mengambil foto biasa, F1 juga memiliki beberapa fitur menarik seperti GIF, UltraHD, double exposure dan masih banyak lagi. Setiap fiturnya bisa Anda unduh sesuai dengan keinginan.

[nextpage title=”Performance & Battery”]OPPO F1 dibekali dengan chipset Qualccomm Snapdragon 616 serta RAM sebesar 3 GB. Spesifikasi tersebut berhasil memberikan performa yang mulus. Jika Anda merupakan pengguna yang gemar mengunduh banyak aplikasi yang memakan memori seperti Snapchat dan Path, Anda akan mengalami animasi yang sedikit patah-patah. Namun hal tersebut tidak mengganggu performa dari OPPO F1.

Kualitas suara juga menjadi satu hal yang kami uji. Ketika menggunakannya untuk menelpon, earpiece speakers pada bagian depan dapat mengantarkan suara dengan sangat jelas. Namun kami tidak begitu menyukai penempatan posisi audio speaker yang letaknya di bagian belakang. Untuk mendengarkan musik dengan nyaman, kami sarankan Anda menggunakan earphones demi kualitas suara yang lebih maksimal.

OPPO F1 REVIEW

Untuk urusan benchmarks, Snapdragon 616 berhasil memberikan performa yang lebih baik dari chipset pendahulunya yaitu 615. Selain menguji performanya dengan aplikasi seperti Benchmark Test, kami juga langsung mencoba memainkan aplikasi-aplikasi permainan dengan tingkat grafis yang berat seperti Vainglory dan Asphalt 8: Airborne. Selama OPPO F1 Review, memainkannya dalam durasi lama membuat F1 menjadi sedikit panas, namun tidak sampai ke tingkat panas sekali. Hal ini menandakan bahwa pengaturan panas di dalam smartphone F1 sangat baik. Selama permainan berlangsung pun tidak ada kendala sama sekali.

OPPO F1 memiliki kapasitas baterai 2500 mAh yang merupakan non-removable Li-ion. Baterai yang dimiliki oleh smartphone ini sangatlah awet. Jika Anda hanya menggunakan smartphone untuk aplikasi jejaring sosial, baterai akan awet hingga malam hari. Namun jika Anda sering menggunakannya untuk fotografi, merekam video dan bermain games, baterai akan habis lebih cepat.

Baca Juga  Cara Transfer Data dari iPhone Lama ke iPhone Baru

[nextpage title=”Operating System”]

OPPO F1 Review

Seperti halnya produk smartphone OPPO yang lain, F1 pun berjalan dengan sistem operasi Android 5.1 namun menggunakan ColorOS 2.1 sebagai tampilannya. Color OS ini tetaplah Android, yang membedakannya adalah beberapa fitur tambahan yang tidak dapat Anda temui di versi Android yang biasa.

Ketika dalam masa OPPO F1 Review, kami menyadari bahwa ColorOS tidak memiliki app drawer, sehingga Anda akan merasakan tampilan seperti yang ada pada iOS. Pada sistem operasi ini, OPPO juga telah menambahkan beberapa aplikasi penting seperti O-Cloud, Lock Now, Security Center, Theme Store dan masih banyak lagi.

Untuk aplikasi tools, OPPO telah menyediakan banyak pilihan. Mulai dari Sound Recorder, Flashlight, Compass, Download Manager, Kingsoft Office, System Update dan Clear Memory. Semua aplikasi tersebut ditempatkan pada satu folder yang bernama Tools.

Ada juga satu perbedaan ColorOS dengan launcher Android, hal tersebut adalah bagian paling kiri dari homescreen. Jika pada Android Anda akan menemukan tampilan Google Now, ColorOS menyediakan tampilan music player. ColorOS 2.1 merupakan tampilan yang sangat bersih dengan beberapa fitur ekstra demi kemudahaan pengguna konsumen. Sejauh ini, kami sangat menyukainya berkat beberapa fiturnya yang sangat membantu dalam penggunaan sehari-hari.

OPPO F1 REVIEW

Tags: