OPPO R7s REVIEW

Oppo-R7sSegmen menengah namun berekelas premium yang dihantarkan OPPO melalui R7s, rupanya patut untuk kami acungi jempol. Walau terbilang cukup bongsor, namun di zaman sekarang nampaknya OPPO tepat menghadirkan R7s dengan ukuran 5,5 inci.

Desain

Dengan mengaku mengadopsi bahan metal alloy yang premium, R7s hadir bersama dimensi yang cukup dipadatkan. Setiap ponsel berbahan metal hadir untuk diuji coba, hal pertama yang kami lakukan adalah mengetuk bagian punggu ponsel terkait.

Pada kasus R7s, kami tak menemukan suara ketukan yang lancang. Sehingga, hal tersebut menandakan ponsel dikemas dengan rapat, tanpa tertinggal rongga. Walau demikian, dimensi 151.8 x 75.4 x 7 mm yang dimiliki R7s harus kami akui tidak membuat nyaman saat dioperasikan dengan hanya satu tangan.

Disisi lain, ketipisan yang diembannya terbilang cukup, tidak tebal untuk dikatakan norak, dan tidak terlalu tipis untuk dikatakan sebagai barang ringkih. Pada wajah utamanya, OPPO melapisi R7s dengan 2.5 arc edge screen.

BACA JUGA: OPPO Service Center Bandung Terbesar di Asia Tenggara

Hal tersebut membuat layarnya terlihat sedikit curved, dan terbilang mewah, walau telah banyak digunakan oleh vendor lain di masing-masing produk mereka. Untuk bagian bawah layar tersebut dihiasi dengan logo OPPO, dan disebelah ear speaker pada bagian atas terdapat lensa kamera depan.

Tombol power berada di sisi yang sama dengan slot dual SIM card/microSD, yakni disebelah kanan layar. Sedangkan, tombol volume dapat Anda temui pada sisi kiri ponsel besutan vendor Asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Untuk charge port terletak di sisi bawah bersama speaker dan microphone, dan pada di sisi atas terdapat lubang jack audio. Berpindah pada bagian belakang, logo OPPO terpampang agak ke tengahnya.

Penempatan lensa kamera utama juga terbilang mainstream, yakni di pojok kiri atas, dengan lampu flash yang menemani dibawahnya.

[nextpage title=”Performance”]

oppo_r7s_batal_masuk_indonesia_151120_0-minOPPO menghadirkan R7s dengan kemampuan yang terbilang cukup gahar. Sebelum kami mencicipi lensa kamera dari ponsel berlayar bentang cukup luas tersebut, terlebih dahulu kami menjajal kemampuan dapur pacunya dengan memainkan beberapa game.

Tidak hanya satu game di satu waktu, kami langsung mencicipi 2 buah game yang menawarkan grafik tinggi secara bergantian dengan OPPO R7s. R7s yang menjadi lanjutan dari seri ponsel menengah besutan OPPO, hadir dengan dapur pacu yang berisi.

Bagaimana tidak? Selain RAM sebesar 4GB dan ROM 32GB, di dalam R7s tersemat model CPU Snapdragon 615 8 core keluaran Qualcomm, yang dilengkapi dengan unit prosesor grafis Adreno 405. Spesifikasi yang dimiliki ponsel tersebut mendorong kami untuk meng-install Mortal Kombat X dan Need For Speed: No Limits ke dalamnya.

Seusai kami menyentuh ikon dari game Mortal Kombat X pada layar R7s, display AMOLED berkomposisi 16 juta paduan warna tersebut menghantarkan kualitas gambar video pembuka game dengan sangat apik. Terlebih, tidak kami rasakan lagging ataupun gerakan terpatah dari video yang disajikan oleh pihak developer game.

BACA JUGA: Resmi Diperkenalkan, Oppo R9 dan R9 Plus Usung Kamera Selfie 16MP

Saat kami memulai permainan, game berjalan dengan mulus. Respon control juga tak kami temukan delay atau jeda, walau layar menjadi alat kendali kami dalam memainkan game. Gerakan-gerakan, seperti pukulan atau tendangan karakter yang kami mainkan juga smooth, begitu pula dengan animasi yang jurus yang dikeluarkan.

Merasa kemampuan R7s kurang keluar, akhirnya kami menjalankan game kedua bergrafis tinggi, Need For Speed: No Limits. Game tersebut kami jalankan tanpa menghentikan terlebih dahulu putaran Mortal Kombat X di balik layar.

Pun demikian, game kedua mampu berjalan tanpa adanya hambatan. Control yang kami dapat juga tak jauh berbeda dari game pertama, mulus tanpa terjadi lagging. Kedua game tersebutpun kami mainkan secara bergantian.

Selain itu, kami juga tak menghentikan beberapa aktifitas lainnya, seperti messaging, chatting, maupun social media. Hawa panaspun tak kami rasakan, walau tumpukan aktifitas tersebut telh berjalan lebih dari 20 menit.

Kami turut menjalankan benchmark AnTuTu, dan nilai yang didapatkan oleh OPPO R7s adalah 34304. Dengan begitu, walau R7s menjadi ponsel yang berstrata menengah keatas, namun performa premium terasa hadir dari ponsel besutan OPPO ini.

[nextpage title=”Operating System”]

oppo-r7s-phablet-with-5-5-inch-fhd-display-4gb-ram-officially-unveiled-494787-2-minMasih disibukan dengan mengutak-atik R7s, kali ini Gadget+ akan curhat mengenai pengalaman kami bersama operasi sistem berbasiskan Android besutan OPPO, ColorOS. Dengan mengadopsi Android versi 5.1.1 alias Lollipop, OPPO rupanya berhasil memperbarui operasi sistemnya menjadi ColorOS 2.1.

Pada kesan pertama yang disajikan oleh sistem operasi tersebut adalah ringan. Animasi di tatap muka yang dihasilkannya sama sekali tak membebani kinerja dapur pacu dari R7s. Kelancaran yang kami rasakan juga hadir berkat RAM 4GB dalam ponsel teranyar besutan OPPO tersebut.

Baca Juga  6 Aplikasi Peningkat Kecepatan Agar Hp Android Tidak Lemot

Fingerprint masih belum menjadi cara kami dalam membuka layar yang terkunci dari R7s. Default lockscreen dari ColorOS menggunakan gerakan geser keatas untuk membukanya. Selain swipe, terdapat pilihan lain untuk membuka layar, contohnya pattern password, simple password, dan complex password.

Color OS menawarkan cukup banyak gerakan gesture, seperti double tap to wake up. Kami pun dapat dengan cepat membuka kamera, hanya dengan menggambar huruf O saat layar pada keadaan mati/off.

Selain itu, Anda dapat mengkustom sendiri gerakan gesture untuk mengaksek fitur lainnya, seperti meluncur ke kamera ataupun sekedar menyalakan flashlight. Dengan didasari oleh Lollipop, R7s sudah tak lagi memisahkan home screen dengan tempat tersedianya aplikasi.

Cukup menggeser ke kanan, maka kami sudah disajikan dengan aplikasi-aplikasi lain yang telah terinstall secara default. Seri kelima OS besutan Google tersebut juga menjadikan cara mencari multitasking dengan menahan logonya, tidak lagi sekedar menyentuhnya sesaat.

BACA JUGA: OPPO F1 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Berapa Harganya?

Shortcut dari music juga dapat Anda temui dengan menggeser layar ke kanan, dari hone screen. Saat membicarakan aplikasi bawaan, nampaknya OPPO tak terlalu berlebihan.

Pihaknya hanya menyematkan O-Cloud sebagai ruang penyimpanan awan pribadi untuk pengguna, dan aplikasi Security yang sekaligus menjadi pembersih memory. Adapun aplikasi bawaan lainnya yang tersemat adalah buatan Google, seperti Chrome, Maps, Gmail, Drive, Play Music dan Voice Search.

ColorOS dari OPPO memberikan dukungan kepada pengguna yang ingin mengganti tema. Tema default yang ditampilkannya membuat kami teringat dengan buatan si “buah raksasa Amerika”, dan hal tersebut membosankan.

Namun beruntung, pada aplikasi Themes yang hadir di home screen, kami dapat menggantinya dengan beragam tema tersedia di OPPO Theme Store secara gratis.

Di area notifikasi, yang bisa Anda akses dengan menariknya ke bawah, akan ditemukan beberapa quick toggles, seperti pengatur brightness, shortcut auto brightness, notifikasi terbaru, shortcut ke setting, airplane mode, bluetooth, GPS, kalkulator, hingga apps cleaner.

[nextpage title=”Camera”]

oppo-r7s-camera-asknextOPPO menghadirkan R7s dengan kemampuan kamera belakang 13MP aperture f/2.2, yang juga dilengkapi dengan Phase Detection Autofocus. Namun sayang, kamera utama tersebut hanya dikawal dengan single LED Flash untuk mempersenjatai para penggunanya.

Setelah kami menekan logo kamera yang tersedia secara default pada bagian menu utama layar, interface dari aplikasi kamera R7s menyambut dengan hangat. Untuk berganti dari mode Photo ke Video, kami cukup menggeser layar ke kanan atau ke kiri.

Tombol shutter berada disisi tengah bagian bawah layar, dengan diapit oleh shortcut ke Gallery dan shooting mode button. pengaktifan Flash berada di pojok kiri atas dan camera toggle berada di sudut kanan layar.

Pada shooting mode, OPPO menyajikan beragam pilihan unik yang bisa dimanfaatkan penggunanya dalam mengabadikan gambar. Adapun pilihan yang disediakan olehnya adalah Normal, Ultra HD, Beautify, Filters, Panorama, HDR, GIF, Slow Shutter, dan Audio Photo.

Selain itu, pada pilihan More Function para profesional akan dimanjakan dengan beberapa fitur tambahan, seperti Double Exposure, Super Macro, Expert Mode, RAW, Time-lapse dan Slow-mo untuk Video.

Untuk Expert Mode, mereka para camera addict dapat lebih kreatif pada hasil fotonya, dengan mengatur white balance, shutter speed, ISO, dan exposure.

Bagi mereka yang kurang mengerti terhadap Expert Mode, tetap dapat menikmati hasil foto yang terbilang baik pada mode Normal. Pun demikian, hasil foto pada kamera utama akan terlihat sedikit lebih kuning dan terganggu dengan sedikit noise pada kondisi cahaya minim.

Camera R7s cukup cepat dalam mencari focus, walau dengan akurasi waktu yang cukup terlambat. Kami harus menunggu sebentar setelah menekan tombol shutter, sebelum akhirnya memindahkan arah lensa untuk hasil yang terbaik. Mode HDR pada ponsel ini juga terbilang memukau untuk sebuah ponsel berkelas menengah.

[nextpage title=”Selfie Camera”]

oppo-r7s-06-minOPPO rupanya menciptakan R7s dengan kemampuan kamera selfie yang sangat baik. Lensa 8MP yang tidak ditemani dengan LED Flash tersebut memiliki aperture f/2.4. Hasil foto yang detail mampu tercipta dari kamera depan OPPO R7s. Warna kulit akan tertangkap dengan cukup akurat. helaian rambut objek foto juga terlihat dengan jelas.

Terdapat 3 tingkatan pada fitur Beautify kamera selfi R7s, Weak, Medium, dan Strong. Walau tak dilengkapi lampu LED Flash, namun OPPO menggantikannya dengan Screen Flash, yang memanfaatkan cahaya dari layar R7s.

 

[nextpage title=”Video”]

OPPO-R7s_1-minOPPO R7s mampu menangkap video dengan hasil 1080p/30fps. Terdapat mode Time-lapse yang akan menghasilkan speed 2x hingga 10x, dan juga Slow-mo yang menghasilkan video lambat 1/4x dengan resolusi 720×480.

Gambar video yang dihasilkan juga akan sedikit berlebih warna kuning. Exposure akan terlihat patah-patah saat diambil dengan kondisi yang kurang stabil (tak menggunakan tripod). Dan juga, tak ada pencarian fokus saat kami merekam video.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi MRT Jakarta (MRT-J)

Walau tak bisa dikatakan sempurna, namun kemampuan kamera dari R7s besutan OPPO ini patut diacungi jempol. Anda akan memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen berarti.

[nextpage title=”Battery”]

oppo-r7s-leadR7s adalah ponsel yang memiliki kapasitas baterai cukup besar, yakni 3070 mAh, dengan balutan body seluas 5,5 inci dan tebal 7mm. Maka dari itu, tak berlebihan jika kami menyebut OPPO sebagai vendor yang sukses dalam menghadirkan baterai “bagong” ke dalam body ponsel yang ramping.

Sedari kondisi full charge, OPPO R7s mampu mengawal Gadget+ beraktifitas selama 1,5 hari lebih, hingga ponsel benar-benar mati. Adapun penggunaannya adalah aktif jaringan 4G LTE, mendengarkan musik selama perjalan pergi dan pulang kantor (sekitar 45 menit sekali jalan), mengetik di note, dan bermain beberapa game sesekali waktu.

Dengan begitu, lontaran OPPO pada acara peluncuran yang mengatakan jika ponsel ini mampu bertahan selama 2 hari bisa kami percaya.

Pengujian terhadap kemampuan baterai dari OPPO R7s kami lanjutkan dengan fitur VOOC yang ditawarkannya. Fitur mampu memperkecil waktu pengisian baterai ponsel.

BACA JUGA: OPPO F1, Langkah Awal OPPO Untuk Serius di segmen Camera Phone

Kabel USB dan adapter khusus disiapkan OPPO dalam paket penjualan R7s, guna mendukung fitur VOOC. Keduanya bekerja sama untuk menghantarkan aliran listrik sebesar 5V ke ponsel besutan OPPO tersebut.

Dari kondisi 0% atau baterai benar-benar habis hingga ponsel tidak aktif, fitur VOOC hanya memakan waktu 1,5 jam untuk mengisi baterai R7s hingga ke kapasitas penuh.

Hal tersebut pastinya sangat membantu Gadget+ yang dituntut mobilitas tinggi. Beberapa kali aktifitas charging kami lakukan sebelum waktu tidur. Namun, hingga saat ini tak kami temui penurunan performa pada baterai OPPO R7s.

Rasa penasaran kami pun muncul. Apa jadinya jika kabel USB dan adapter yang ditujukan untuk OPPO R7s kami gunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel lain?

Xperia M2 keluaran Sony kami jadikan kelinci percobaan. Seakan dibuat khusus untuk OPPO R7s, beberapa kali kami temukan jika Xperia M2 tak menerima suplai listrik dari socket saat dihubungkan dengan kabel USB dan adapter tersebut.

Adapun percobaan lain yang kami lakukan adalah mengisi baterai R7s dengan bantuan aksesoris charger smartphone lain. Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi baterai ponsel jauh lebih lama, dibandingkan dengan menggunakan aksesoris charger bawaannya.

Dari hasil dua percobaan diatas, kami bisa pastikan jika VOOC hanya dapat dimanfaatkan saat pengguna mengisi ulang baterai R7s dengan aksesori charger yang telah disematkan OPPO ke dalam kotak R7s.

[nextpage title=”Conclusion”]

oppo-r7s-07OPPO telah melampaui ekspektasi Gadget+ dari sebuah ponsel kelas menengah melalui R7s. Dimulai dari desain lebar nan cantik, performa lancar berkat perpaduan operasi sistem besutan sendiri bersama memory besar, hingga baterai yang mampu bertahan hingga 1,5 hari, membuat kami menaruh hati pada ponsel berkamera depan 8MP dan belakang 13MP ini.

Jika dihitung-hitung, OPPO R7s telah menemani aktifitas Gadget+ kurang lebih selama 1 bulan. Beragam tempat pun telah kami datangi bersama ponsel berlayar 5,5 inci tersebut, sehingga sudah tak diketahui lagi berapa banyak permukaan yang menjadi tempat bersandarnya R7s.

Berkat Silicon transparan yang disematkan OPPO ke dalam paket penjualan R7s, kami tak perlu takut akan goresan yang ditimbulkan ke body premium ponsel ini karena meletakan ponsel permukaan alas yang kasar.

Walau begitu, kami harus rajin-rajin membuka silicon dan membersihkan punggung ponsel dari debu, yang tak sengaja menempel di jarak antara silicon dan body R7s.

Layar lebar dengan teknologi AMOLED berlapiskan Corning Gorilla Glass 3 menjadi sudut pandang kami dalam menjalankan OPPO R7s, sehingga tampilan terbilang jernih dan real. Performa yang dihadirkanpun terasa lancar, berkat perpaduan Snapdragon 615 dan RAM 4GB dengan Color OS 2.1 yang stylih dan functional.

Tambahan screen gesture menjadi nilai lebih tersendiri ponsel besutan OPPO ini. Walau kualitas foto dari kamera utama menampilkan warna kuning yang sedikit berlebih, namun sangat kaya akan fitur.  Pada kamera depan, kami menemukan lensa yang sangat menjanjikan dalam mengabadikan momen secara selfie.

OPPO mendukung seluruh kemampuan R7s tersebut dengan ukuran baterai yang cukup besar, yakni 3070 mAh. Tidak hanya besar, namun baterai tersebut mampu bertahan dengan waktu yang sangat panjang, dalam penggunaan yang cukup sibuk.

Fitur VOOC yang mempersingkat waktu dari pengisian baterai juga menambah nilai plus dari OPPO R7s. Pengguna tak harus kehilangan waktu untuk mengisi melakukan pengisian daya baterai. Hingga saat ini, kami tak menemukan masalah saat R7s terlalu lama terhubung dengan socket listrik.

OPPO R7s REVIEW

Tags: