Pakai Snapdragon 678, Apa Kelebihan Redmi Note 10 di Segi Performa?

Kelebihan Redmi Note 10
Kelebihan Redmi Note 10 yang menggunakan chipset Snapdragon 678 (Sumber gambar: Xiaomi dan GSMArena)

Apa kelebihan Redmi Note 10 dari segi performa yang menggunakan chipset Snapdragon 678? Saat ini, pertanyaan itu mungkin banyak dilontarkan oleh orang yang penasaran akan performa smartphone atau ponsel Xiaomi penerus Redmi Note 9 tersebut.

Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro diluncurkan di Indonesia pada 31 Maret 2021. Untuk urusan performa, Redmi Note 10 dipersenjatai chipset Snapdragon 678. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Kelebihan Snapdragon 678

Chipset Snapdragon 678 yang dibuat oleh Qualcomm merupakan penerus dari Snpadragon 675. Menurut laman Kompas Tekno, Snapdragon 678 dirancang dengan fabrikasi 11 nm (nanometer).

Kemudian, Snapdragon 678 menggunakan pengolah grafis GPU Adreno 612. Lalu, chipset itu memakai CPU Kryo 460 dengan clock speed 2,2 Ghz. Clock speed itu lebih cepat dari pendahulunya, Snapdragon 675 yang mempunyai clock speed 2,0 Ghz.

Laman resmi Qualcomm mengklaim, ada empat kelebihan utama dari Snapdragon 678. Dari segi performa, chipset itu memiliki kemampuan komputasi yang kuat dan memiliki tingkat efisiensi yang diklaim luar biasa. Alhasil, chipset itu memungkinkan pengalaman penggunaan perangkat yang mulus dan tahan lama.

Menurut Qualcomm, performa seperti itu diperoleh lantaran adanya teknologi CPU Kryo 460 yang telah ditingkatkan (bekerja hingga 2,2 GHz) dan berkat adanya teknologi Hexagon 685 DSP dengan Qualcomm® Hexagon ™ Vector eXtensions (HVX).

Redmi Note 10 (Sumber gambar: GSMArena)

Selanjutnya, GPU Adreno 612 yang tertanam dapat membuat chipset itu menampilkan grafik dalam aplikasi dengan mulus dan tanpa cela. Ditambah lagi, ada teknologi Qualcomm® Aqstic ™ Audio yang bisa menghasilkan suara Hi-Fi otentik untuk film, game, dan musik.

Di sektor fotografi, berkat teknologi Qualcomm Spectra ™ 250L ISP, chipset itu mendukung pengambilan gambar di kamera hingga 192 MP, mendukung penggunaan kamera ganda hingga 16 MP, mendukung fitur zoom optik 5x, mendukung portrait mode, dan masih banyak. Selain itu, berkat teknologi Hexagon 685 DSP, chipset tersebut membuat foto yang dijepret jadi lebih cerah tanpa menguras banyak daya.

Selanjutnya, karena menggunakan modem Snapdragon X12 LTE, chipset ini mendukung kecepatan unduh (download) yang bisa mencapai 600 Mbps dan kecepatan unggah (upload) hingga 150 Mbps.

Skor Antutu

Kini, laman Kimovil sudah merilis skor Antutu v8 benchmark dari Redmi Note 10 versi global. Skor yang diperoleh adalah 277.254.

Baca Juga  Ini Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Note 20 Series

Perolehan skor itu lebih besar dari Redmi Note 9 yang menggunakan chipset MediaTek Helio G85. Redmi Note 9 memperoleh skor 205.946.

Jika merujuk kelebihan Snapdragon 678 yang tercantum di laman resmi Qualcomm, maka kelebihan-kelebihan itu pun kemungkinan besar akan ada di Redmi Note 10. Namun, perlu digarisbawahi, performa yang dimunculkan bisa saja berbeda hasilnya dari beberapa klaim Qualcomm dan juga dari skor Antutu.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi performa sebuah ponsel saat digunakan langsung. Jadi, pengujian performa Snapdragon 678 di Redmi Note 10 secara langsung lebih bisa mewakili ketimbang klaim di atas kertas tersebut.

Itulah penjelasan kelebihan Redmi Note 10 dari segi performa apabila merujuk pada chipset yang digunakan untuk “mengotakinya”.

Link pembelian Redmi Note 10: Tokopedia | Shopee

Pakai Snapdragon 678, Apa Kelebihan Redmi Note 10 di Segi Performa?