Pakaian Adat Jawa Barat [LENGKAP] dan Penjelasannya

pakaian adat jawa barat
ilustrasi oleh dribbble.com

Pakaian adat jawa barat bermacam-macam seperti jas beludru, bedahan, pangsi, beskap, baju mojang jajaka dan selengkapnya dibahas disini.

Indonesia merupakan negara yang memiliki berjuta adat dan budaya, mulai dari berbagai macam seni hingga mitos yang berkembang di masyarakat. Dari sisi seni sendiri terdapat beberapa jenis yaitu seni tari, musik hingga cara berpakaian. Setiap budaya memiliki keunikan masing-masing.

Pulau Jawa sendiri dinaungi oleh banyak suku dan budaya salah satunya di Provinsi Jawa Barat. Di Provinsi Jawa Barat sendiri di dominasi oleh suku sunda, provinsi yang terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota tersebut memiliki pakaian adat yang beragam loh!  Berikut ini daftar provinsi Jawa Barat.

Pakaian Adat Jawa Barat

pakaian adat jawa barat
moondoggiesmusic.com

Berbicara tentang pakaian adat Jawa Barat pasti langsung terpintas pakaian kebaya dengan kain bermotif batik sebagai bawahan. Ya memang benar, budaya berpakaian khususnya di pulau Jawa dan bali sendiri tidak jauh-jauh dari kebaya.

Namun, ada keunikan tersendiri dari setiap nama pakaian adat Jawa Barat yang dikenakan, yakni didasarkan pada kelas sosialnya. Kala memakai jas biasanya digunakan untuk kaum bangsawan sedangkan untuk  celana pangsi biasa dipakai untuk masyarakat kelas bawah, sehingga biasa dipakai sebagai baju harian. Berikut penjelasanya:

1. Jas beludru

Pakaian adat ini sesuai dengan Namanya yang memiliki konotasi “mewah” yaitu Jas Beludru. Jas ini  sering dipakai oleh raja-raja Sunda pada jaman dulu sebagai baju kebanggaan. Kainnya terbuat dari beludru sehingga kesannya mewah dan mengkilap. Untuk laki-laki dan perempuan mengenakan bahan beludru ini.

Kebaya beludru yang dipakai oleh para bangsawan atau masyarakat dengan kelas sosial tertinggi bisa kalian lihat pada baju yang dipakai oleh R.A. Kartini. Kebanyakan berwarna hitam. Pakaian ini biasanya dipadu padankan dengan warna emas sehingga menambah kesan kebangsawananya.

Biasanya pakaian adat ini dikenakan dengan beberapa aksesoris seperti, jika laki-laki mengenakan beskap sebagai penutup kepala dan bros besar sebagai penutup kancing kerahnya, sedangkan untuk perempuan biasanya mengenakan bros di bagian depannya.

2. Bedahan

Pakaian adat ini tidak asing bagi suku sunda karena pakaian ini dulunya sering dikenakan oleh pedagang atau pengusaha. Nah pakaian ini sekarang menjadi pakaian kebanggaan suku sunda.

Baca Juga  Contoh Kalimat Interogatif

Baju Bedahan ini lebih simple walau memiliki model sama seperti baju bangsawan tadi yaitu kebaya namun tetap memiliki kesan anggun. Model pakaian nya pendek di bagian depannya. Kancingnya bukan di bagian tengah, melainkan di bagian pinggir dan hanya berupa kancing pengait saja.

Untuk prianya memakai setelan jas berwarna putih dengan kemeja putih bagian dalam. Untuk yang versi modernnya menggunakan dasi kupu-kupu hitam. Pakaian adat ini biasanya digunakan dengan bawahan kain corak batik yang mencolok dari atasan.

3. Pangsi

Pangsi merupakan pakaian khas Jawa Barat yang sangat populer. Pakaian ini merupakan pakaian sehari-hari suku sunda. Pakaian ini biasanya dikenakan denan baju selontreng, serta ikat kepala khas Jawa Barat.

Celana pangsi berbentuk celana kombor, pakaian ini dulunya pakaian untuk orang yang berstrata social rendah seperti petani. Namun di masa Sekarang pakaian sudah tidak menunjukan strata sosial. Bahkan celana pangsi ini merupakan ikon Jawa Barat.

4. Baju pengantin Jawa Barat

Baju pengantin Jawa Barat merupakan salah satu pakaian adat idaman banyak wanita di Indonesia karena baju pengantin ini sangat cantik dan elegan dengan bentuk yang simple.

Pakaian adat satu ini memiliki bentuk seperti bedahan namun lebih mencolok dengan riasan dan aksesoris berupa mahkota  dan roncean bunga melati untuk pengantin perempuan dan blangkon untuk pengantin laki-laki.

Pakaian adat ini memiliki desain yang bagus karena memadukan desain mode modern dengan tradisional hal ini lah yang membedakan pakaian adat ini dengan pakaian adat lainya. 

Terdapat 3 nama pakaian adat Jawa Barat untuk pengantin, yakni Sanggul Ciwidey, Sanggul Puspasari dan Sunda Siger. Ketiga nama tersebut diambil dari tiga model sanggul yang dipakai pengantin wanita.

5. Baju Mojang Jajaka

Baju Mojang Jajaka merupakan pakaian adat Jawa Barat yang mirip dengan pakaian adat masyarakat keturunan bangsawan tadi.

Terbuat dari kain beludru tapi motifnya lebih simple. Untuk baju cowoknya model beskap tanpa ada motif benang emas yang mencolok. Pakaian adat ini dijadikan model berpakaian remaja di daerah ini.

6. Beskap

Beskap merupakan pakaian yang biasanya dikenakan oleh orang dewasa dan remaja pria di Jawa Barat ketika ada acara tertentu. Pakaian ini memiliki bentuk seperti jas polos dengan desain yang sangat simpel dan elegan.

Baskap biasanya dipakai dengan aksesoris emas untuk di bagian pergelangan tangan dan saku kirinya. Bawahan bekas biasanya kain jarik motif.

Baca Juga  Fungsi Kebijakan moneter

7. Pakaian adat untuk anak-anak

Kalian pasti kan udah nggak asing lagi dengan model pakaian adat Jawa Barat yang dipakai oleh anak-anak. Ya, beskap.

Ada beskap ukuran kecil untuk anak-anak yang biasanya dipakai saat ada perayaan tertentu atau acara di sekolah.

Pemilihan beskap ini bukan tanpa alasan. Karena lebih praktis. tidak perlu lagi memakai kaos dalam baru jas, dll. Cukup pakai beskap, kain sinjang Jawa Barat, serta blangkon.

Kebaya juga menjadi pakaian adat Jawa Barat yang bisa dipakai anak-anak. Ada kebaya kecil khusus anak-anak.

Referensi:

Pakaian Adat Jawa Barat [LENGKAP] dan Penjelasannya