Pengertian Internet

Seiring waktu, internet terus tumbuh dan berkembang bahkan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia.

Internet menyediakan berbagai hal dan informasi, mulai dari menonton film dan acara hiburan lain, menyediakan tutorial untuk membuat sesuatu, hingga memesan dan membeli barang. Tapi, tahukah Anda apa pengertian internet dan bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Internet secara Umum

Pengertian Internet secara Umum

Internet adalah jaringan area luas global yang menghubungkan sistem komputer di seluruh dunia. Jaringan ini mencakup beberapa jalur data bandwidth tinggi yang membentuk “tulang punggung” Internet.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Sejumlah definisi Internet menurut beberapa ahli dan sumber adalah sebagai berikut:

1. Onno Purbo (dalam Prihatna, 2005)

Menurut Onno Purbo, pada dasarnya internet adalah sebuah media yang disambungkan lewat berbagai aplikasi seperti E-mail, Web, dan VoIP, yang bertujuan untuk mengefisiensikan proses komunikasi.

2. Oetomo (2002)

Oetomo mengatakan bahwa internet adalah singkatan dari “international network“, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer raksasa (sangat besar) yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang saling terkait/terhubung.

3. Harjono (2009)

Internet adalah kumpulan jutaan komputer yang ada di seluruh dunia, yang dapat saling terhubung atau terkoneksi karena memiliki media penghubung berupa satelit, kabel/serat optik, dan sambungan telepon.

4. Ramdhani (2003)

Definisi internet menurut Ramdhani adalah sistem lintas negara yang menggunakan Transmission Control/Internet Protocol (TCP / IP) untuk menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia.

Jaringan ini terdiri dari jaringan pemerintah, akademik, bisnis, publik, dan pribadi, mulai dari lingkup lokal hingga global. Teknologi penghubungnya dapat berupa jaringan nirkabel, elektronik, atau optik.

5. Sibero (2011)

Bagi Sibero, internet adalah singkatan dari “Inter-connected Network“, yang berarti sebuah jaringan komputer yang menghubungkan jutaan komputer di dunia dan membawa segala jenis layanan serta sumber informasi, seperti aplikasi dari World Wide Web (WWW), linked hypertext dokumen, berbagi file, dan surat elektronik.

6. Supriyanto (2006)

Internet adalah jaringan raksasa yang menghubungkan berbagai jenis komputer di dunia dan memiliki sistem operasi serta aplikasi yang berbeda-beda.

Penghubungan ini menggunakan perangkat komunikasi canggih satelit dan telepon yang memakai protokol standar komunikasi yang disebut dengan TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Baca Juga  Cara Registrasi Kartu XL

7. Heywood (1996)

Internet adalah istilah teknologi yang menghubungkan sejumlah besar komputer dan jaringan di seluruh dunia.

Internet adalah jaringan komputer yang memungkinkan pengguna komputer untuk terhubung dengan komputer lain di berbagai belahan dunia.

9. Allan (2005)

Internet adalah sistem jaringan komputer di seluruh dunia yang bisa membuat pengguna di satu komputer mendapatkan informasi dari komputer lain (dan kadang-kadang berbicara langsung dengan pengguna di komputer lain).

10. Turban (2005)

Internet didefinisikan sebagai sekelompok jaringan komputer yang terhubung dan memungkinkan adanya komunikasi elektronik. Jaringan ini bisa terdiri dari situs pendidikan, komersial, atau pemerintah, dan bisa terdiri dari dua komputer hingga tak terbatas

11. Rainer

Internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan yang saling berhubungan menggunakan protokol komunikasi standar.

12. Potter

Internet adalah sistem jaringan yang terhubung secara global, yang memfasilitasi komunikasi di seluruh dunia dan akses ke sumber data melalui koleksi jaringan pribadi, publik, bisnis, akademik, dan organisasi pemerintah.

Cara Kerja Internet

Jika dilihat secara fisik, Internet menggunakan sumber daya jaringan telekomunikasi publik yang sudah ada saat ini. Sedangkan secara teknis, Internet menggunakan seperangkat protokol yang disebut Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

Dua jaringan paling baru dari teknologi Internet saat ini adalah ekstranet dan intranet, yang juga menggunakan protokol TCP/IP. Internet sendiri memiliki dua komponen utama, berupa:

1. Protokol Jaringan

Protokol Jaringan

Protokol seperti TCP/IP suite menyajikan kumpulan aturan yang harus diikuti perangkat untuk menyelesaikan tugas. Tanpa kumpulan aturan umum ini, mesin tidak akan dapat berkomunikasi.

Protokol juga bertanggung jawab untuk menerjemahkan teks alfabet dari sebuah pesan menjadi sinyal elektronik yang dapat dikirim melalui Internet, dan kemudian kembali lagi menjadi teks alfabet yang dapat dibaca.

2. Perangkat Keras

Perangkat Keras

Perangkat keras adalah komponen utama kedua dari Internet, yang mencakup segala sesuatu mulai dari komputer atau smartphone yang digunakan untuk mengakses Internet, hingga kabel yang membawa informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Jenis perangkat keras lainnya termasuk radio, satelit, server, menara ponsel, dan router.

Berbagai jenis perangkat keras ini adalah koneksi di dalam jaringan. Perangkat seperti komputer, smartphone, dan laptop adalah titik akhir (klien), sedangkan mesin yang menyimpan informasi disebut dengan server.

Jalur transmisi yang bertukar data dapat berupa sinyal nirkabel dari satelit atau 4G dan menara telepon seluler atau jalur fisik seperti kabel dan serat optik.

Baca Juga  Cara Transfer Pulsa XL

Adapun proses transfer informasinya adalah:

  • Proses transfer informasi dari satu perangkat ke perangkat lain bergantung pada packet switching. Setiap komputer yang terhubung ke Internet diberi alamat IP unik yang memungkinkan perangkat dikenali.
  • Satu perangkat yang mencoba mengirim pesan ke perangkat lain mengirimkan data melalui Internet dalam bentuk “paket” yang bisa dengan mudah dikelola. Setiap paket ini diberi nomor port yang akan menghubungkannya ke titik akhir (atau disebut dengan “klien”).
  • Paket yang memiliki alamat IP unik dan nomor port dapat diterjemahkan dari teks alfabetis menjadi sinyal elektronik dengan melakukan perjalanan melalui lapisan model OSI dari lapisan aplikasi atas ke lapisan fisik bawah.
  • Pesan tersebut kemudian akan dikirim melalui Internet dan diterima oleh router penyedia layanan Internet (ISP). Router akan memeriksa alamat tujuan yang ditetapkan untuk setiap paket dan menentukan kemana harus mengirimkannya.
  • Akhirnya, paket tersebut mencapai titik akhir (klien) dan berjalan secara terbalik dari lapisan fisik bawah model OSI ke lapisan aplikasi teratas. Selama proses ini, data perutean (nomor port dan alamat IP) dilepaskan dari paket, sehingga memungkinkan data diterjemahkan kembali ke dalam teks abjad dan menyelesaikan proses transmisi.

Manfaat Internet

Manfaat Internet

  1. Membuat manusia dapat mengakses berbagai informasi, pengetahuan, dan pendidikan
  2. Meningkatkan komunikasi dan mudah berbagi file atau data lainnya.
  3. Dapat membuat seseorang melakukan pekerjaan hanya dari rumah, serta membantu kolaborasi antar rumah, kota, provinsi, atau bahkan negara menjadi lebih mudah.
  4. Membuat banyak orang memiliki peluang untuk menjual produk dan menghasilkan uang secara online.
  5. Menyediakan sumber hiburan yang tak terbatas, mulai dari video, film, musik, hingga jutaan game.
  6. Kemampuan untuk memperkuat dampak pesan serta memungkinkan organisasi lain menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan jumlah total donasi.
  7. Bisa mengakses Internet of things (IoT), yang memungkinkan peralatan dan perangkat rumah terhubung dan dikontrol dari komputer atau smartphone.
  8. Dapat menyimpan data dan berbagi file dengan mudah menggunakan penyimpanan cloud.
  9. Mampu memantau dan mengontrol akun pribadi secara cepat dan mudah, seperti rekening bank atau tagihan kartu kredit.

Saat ini, Internet telah menjadi fasilitas publik, kooperatif, dan mandiri yang dapat diakses oleh jutaan orang di seluruh dunia. Istilah Internet dan World Wide Web sering digunakan secara bergantian, tapi keduanya tidak sama.

Pengertian Internet mengacu pada sistem komunikasi global (termasuk hardware dan infrastruktur), sedangkan web adalah layanan yang dikomunikasikan melalui Internet.

Baca Juga:

Pengertian Internet