Pengertian Tipografi, Jenis, Fungsi, Klasifikasi, Menurut Para Ahli dan Contoh

tipografi
Ilustrasi oleh dribbble.com

Tipografi adalah suatu kesenian menata dan memilih huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu dan kenyamanan bagi pembaca.

Pengertian Tipografi

Tipografi atau dalam bahasa Inggris yaitu typography merupakan suatu ilmu memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia.

Untuk dapat menciptakan kesan tertentu dan khusus sehingga dapat menolong para pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Seni tipografi disebut juga suatu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama dan pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

Tipografi Menurut Para Ahli

Danton Sihombing ( Anggota DGI. 2001:58 ) Tipografi merupakan representasu visual dari sebuah bentuk komunikasi adalah sifat verbal dan prperti visual dan efektif.

Roy Brewer (1971) dalam buku “Pengantar Tipografi” “Tipografi dapat memiliki arti luas, yang meliputi penataan dan pola halaman, atau cetakan atau dalam arti yang lebih sempit hanya mencakup pemilihan, pengaturan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengaturan jalur pengaturan huruf (set), tidak termasuk ilustrasi dan elemen lainnya, bukan surat di halaman dicetak “. (Sudiana, 2001: 2).

Dendi Sudiana (2001:1) dalam buku “Pengantar Tipografi” Gambar adalah elemen grafis yang paling mudah dibaca. Tetapi melalui kata-kata yang terdiri dari huruf oleh huruflah memandu pemahaman pembaca pesan atau ide. (Sudiana, 2001: 1).

  • Menurut  Manuale Typographicum

Typography can defined an art of selected right type printing in accordance with specific purpose; of so arranging the letter, distributing the space and controlling the type as to aid maximum-the-reader’s.

Fungsi Tipografi

Hasil gambar untuk gambar Tipografi

Maraknya penggunaan tipografi karena penggunanya mampu mengoptimalkan fungsi tipografi dengan keadaan yang baik. Simak fungsi tipografi yaitu sebagai berikut ini :

1. Kemudahan Dalam Membaca

Kemudahan dalam membaca adalah sebuah fungsi tipografi yang pertama. Hal ini sangat ditentukan pemilihan pada jenis font dan ukurannya.

2. Dapat Menarik Perhatian

Fungsi tipografi selanjutnya adalah untuk dapat menarik perhatian pembaca. Komponen huruf yang telah tertata dengan sempurna harus juga didukung dengan warna yang menarik.

Baca Juga  Seni Lukis: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya [LENGKAP]
3. Dapat Menciptakan Keindahan

Fungsi tipografi yang ketiga yaitu untuk menimbulkan sebuah kesan keindahan dalam hurup yang dirangkai dengan apik.

4. Mendulang Rupiah

Penggunaan tipografi dalam dunia bisnis juga memanfaatkan fungsi tipografi yang memiliki nilai jual berdasarkan yang tinggi.

Jenis – Jenis Tipografi Berdasarkan Bentuk

Berikut jenis-jenis bentuk tipografi, diantaranya yaitu:

Hasil gambar untuk gambar Tipografi
1. Roman

Ciri dari huruf ini adalah memiliki sebuah sirip,kaki atau serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Huruf Roman memiliki sebuah ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Kesan yang ditimbulkan yaitu klasik, anggun, lemah gemulai dan feminin.

2. Egyptian

Suatu jenis huruf yang memiliki ciri kaki,sirip atau serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulakn yaitu kokoh, kuat, kekar dan stabil.

3. Sans Serif

Pengertian San Serif adalah huruf tanpa sirip atau serif, jadi huruf jenis ini tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya dan hanya memiliki ketebalan huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini yaitu modern, kontemporer dan efisien.

4. Script

Huruf Script yang menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya yaitu sifast pribadi dan akrab.

5. Miscellaneous

Huruf jenis ini merupakan suatu pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan ornamen, atau garis-garis yang. Kesan yang dimiliki yaitu dekoratif dan ornamental.

Klasifikasi Rupa Huruf Tipografi

Berdasarkan klasifikasi umum berdasarkan timeline sejarahnya dan fungsinya, jenis huruf diklasifikasikan sebagai berikut :

  • Blackletter atau Inggris Kuno atau Textura

Blackletter yaitu sebuah tulisan tangan berdasarkan (script) yang populer pada Abad Pertengahan (sekitar abad ke-17) di Jerman (gaya gothic) dan Irlandia (Celtic gaya).

Sebuah tulisan tangan berdasarkan (script) gaya Romawi di Italia. Humanis ini disebut karena stroke seperti tulisan tangan manusia.

Merupakan seni serif font yang memiliki suatu bentuk jenis logam, gaya ini telah mendominasi industri percetakan selama 200 tahun.

Transitional rupa pada huruf serif, pertama kali muncul sekitar 1692 oleh Philip Grandjean, bernama Roman du Roi atau “jenis huruf raja”, karena dibuat atas perintah Raja Louis XIV.

Modern yaitu sebuah rupa huruf serif, muncul sekitar akhir abad ke-17, sebelum era modern.

  • Slab Serif atau Egytian Arts Serif
Baca Juga  Pengertian dan Ciri-ciri Ideologi Terbuka Beserta Contohnya

Yang muncul sekitar abad ke-19, kadang-kadang juga disebut Egytian karena bentuknya yang mirip dengan gaya seni Mesir kuno dan arsitektur.

Sans adalah sebuah rupa huruf tanpa kait.

Grotesque yaitu sebuah rupa hurf yang muncul sebelum abad 20.

Geometris merupakan dalam bentuk huruf tersebut berdasarkan sebuah bentuk geometris, seperti lingkaran persegi panjang dan segitiga.

Yaitu sebuah bentuk huruf seperti tulisan tangan manusia.

Yang muncul sekitar abad ke-19, untuk dapat mengatasi kebutuhan di dunia periklanan. Karakternya yaitu  ukurannya yang besar.

Yaitu huruf yang menyerupai tulisan tangan-tulisan tangan manusia. Script, yaitu huruf kecil dan terhubung satu sama lain, sementara Cursive tidak.

Contoh Tipografi

Berikut ini beberapa jenis huruf berdasarkan klasifikasi yang dilakukan oleh James Craig, antara lain:

Ciri dari huruf ini adalah memiliki sirip/kaki/serif yang berbentuk lancip pada ujungnya. Kesan yang ditimbulkan adalah, anggun, lemah gemulai dan feminin.

Jenis huruf yang memiliki ciri kaki/sirip/serif yang berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulakn adalah kokh, kuat, kekar-dan-stabil.

San Serif yaitu tanpa sirip/serif, jadi huruf jenis ini tidak memiliki sirip pada ujung hurufnya. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini adalah modern, kontemporer dan efisien.

Huruf Script menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifast pribadi dan akrab.

Huruf jenis ini merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan ornamental.

Legibility adalah kualitas pada huruf yang membuat huruf tersebut dapat terbaca dengan mudah.

Readability adalah penggunaan huruf dengan memperhatikan hubungannya dengan huruf lain sehingga terlihat jelas.

Clarity adalah yaitu kemampuan huruf – huruf yang digunakan dalam suatu karya desain dapat dibaca dan di mengerti oleh target pengamat yang dituju.

Itulah ulasan tentang tipografi, baik dari pengertian, jenis, fungsi, klasifikasi serta bentuk contohnya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • gurupendidikan.co.id
  • dosenpendidikan.co.id
  • seputarpengetahuan.co.id

Pengertian Tipografi, Jenis, Fungsi, Klasifikasi, Menurut Para Ahli dan Contoh