Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Aturan, dan Teknik Dasarnya

permainan softball
Ilustrasi oleh dribbble.com

Permainan softball dilakukan secara beregu yang terdiri dari dua tim, dimana memiliki teknik dasar seperi melempar bola, menangkap dan memegang kayu pemukul (bat).

Pengertian Softball

Softball atau sofbol merupakan olahraga bola yang beregu dua tim yang bertanding yaitu terdiri dari regu berjaga defensif serta regu yang memukul offensif. Permainan ini dapat dimainkan oleh berbagai kalangan, putra-putri, anak-anak, maupun orang dewasa yang terbentuk dua regu tim.

Sofbol ini merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau hardball. Bola saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter; bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).

Dalam pertandingan softball terdapat tiga tipe permainan softball, antara lain:

  • Fast Pitch Softball
    Metode permainan ini ditentukan oleh pitcher yaitu dengan melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan bisbol. Perbedaan terdapat pada gaya lemparpitcher dan cara pelepasan bola yaitu bola diletakkan di bawah atau sama dari posisiglove.
  • Modified Pitch Softball atau modball.
    Metode ini digunakan untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang “ketat” di sofbol seperti strike zone, jarak antara base, lamanya permainan dan lain-lain.
  • Slow Pitch Softball
    Memberikan kemudahan bagi batter untuk memukul bola. Batter diberi bola terus-menerus oleh pitcher sampai bisa memukul bolanya.

Sejarah Permainan Softball

Hasil gambar untuk gambar sejarah softball

Permainan ini diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 di Amerika Serikat dan pertama kali dimainkan di Chicago. Dengan berkembangnya permainan ini di berbagai tempat, maka diperlukan peraturan-peraturan. Maka lahirlah Federasi Softball Internasional (ISF). 

Di awal abad ke-20 sofbol mulai dimainkan di luar ruangan sebagaimana dilakukan di dalam ruangan. Tahun 1908 organisasi amatir untuk permainan baru ini (National Amateur Playground Ball Association of the United States) mengatur olahraga ini untuk dimainkan diluar ruangan menggunakan bola yang lebih besar.

Pada tahun 1933, kejuaraan dunia pertama dilaksanakan dalam lindungan Asosiasi Sofbol Amatir Amerika (Amateur Softball Association of America) dimana telah digunakan sebagai peraturan pokok di Amerika.

Baca Juga  Daftar Biaya Pajak Mobil Berbagai Merek

Sampai tahun 1966 permainan softball di Indonesia masih dianggap sebagai olahraga kaum wanita, setelah Asean Games Bangkok barulah kaum pria bermain softball. Pertama kali softball masuk agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia pada penyelenggaraan PON ke VII di Surabaya (Engkos Kosasih, 1993:314).

Aturan Permainan Softball

Setiap regu terdiri 9 orang pemain dengan durasi permainan softball yaitu 7 inning, masing-masing dari kelompok mendapatkan giliran menjadi regu bertahan sebanyak 7 kali dan penyerang sebanyak 7 kali.

Cara mendapatkan poin dalam permainan softball yaitu dengan cara apabila pemukul baik pemukul sendiri ataupun satu regunnya berhasil menuju kembali ke home plate dengan selamat.

Kelompok tersebut memperoleh 1 poin. Kemenangan diperoleh jika salah satu kelompok mendapatkan nilai yang lebih banyak dalam 7 inning.

Teknik Dasar Permainan Softball

Berikut beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh seseorang permainan softball:

1. Teknik Melempar Bola

Melempar softball ada tiga cara yaitu melempar bawah, melempar samping dan melempar atas.

teknik melempar softball
a. Lemparan Atas (Overhand Throw)
softball

Pada saat melempar bola, ayunan tangan ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat badan bertumpu pada kaki yang di depan, badan sedikit condong ke belakang.

b. Lemparan Samping (Sidehand Throw)
teknik melempar dalam permainan softball

Dalam lemparan samping, lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit lecutan pergelangan tangan.

c. Lemparan Bawah (Underhand Throw)
teknik dasar softball

Lemparan bawah umumnya digunakan dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk.

2. Teknik Dasar Menangkap Bola

Berdasarkan arah datangnya bola, teknik dasar menangkap bola dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

a. Bola Datar (Straight Ball)

Posisi badan saat menangkap bola dengan teknik ini adalah berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada.

Bola ditangkap dengan menggunakan tangan kiri yang memakai glove, sedangkan tangan kanan bersiap untuk melempar bola.

b. Bola Lambung

Posisi badan saat melakukan tekni yang satu ini adalah ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola tersebut kemudian ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

c. Bola Menggelinding (Ground Ball)

Cara yang digunakan untuk menangkap bola yang menggelinding adalah dengan cara berlutut dan tangan yang memakai ditempatkan tepat pada arah datangnya bola, sedangkan tangan yang lainnya bersiap untuk menangkap dan melempar bola.

Baca Juga  Pengetahuan Implisit Dan Eksplisit – Pengertian, Faktor, Tingkatan, Cara, Pengukuran, Dasar, Para Ahli

3. Teknik Dasar Memegang Kayu Pemukul (Bat)

Cara memegang kayu pemukul atau bat dalam permainan softball adalah dengan cara pemukul atau kayu tersebut dipegang erat-erat tangan merapat atau sedikit renggang dengan posisi tangan kanan di sebelah atas dan tangan kiri di sebelah bawah.

a. Teknik Dasar Memukul Bola

Teknik dasar memukul bola dapat dibedakan menjadi 2 pukulan, yakni sebagai berikut.
Pukulan swing

Sikap awal dalam pukulan swing adalah berdiri dengan kedua kaki dijarangkan. Kemudian kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher. Berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan sedikit condong ke depan.

Pemukul dipegang erat-erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu. Pandangan lurus kearah datangnya bola serta lengan kanan lebih rendah dibandingkan lengan kiri.

Jika bola sudah dilempar oleh pitcher, Setelah bola dilempar oleh pitcher, selanjutnya bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan. Posisi badan adalah kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.

Setelah bola berhasi dipukul, selanjutnya gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

b. Pukulan Tumbuk (bunt)

Pengertian pukulan tumbuk adalah memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul. Pada waktu pukulan tumbuk atau bunt, sikap kedua kaki cukup dengan posisi kaki disejajarkan dengan arah datangnya bola.

Demikian pembahasan terkait permainan Softball baik dari pengertian, sejarah, aturan main, dan teknik dasarnya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • gurupendidikan.co.id
  • yuksinau.id

Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Aturan, dan Teknik Dasarnya