Poco X3 Pro: Kelebihan dan Kekurangan, Gaming ‘Rata Kanan’

Poco X3 Pro kelebihan dan kekurangan
Poco X3 Pro (Sumber gambar: situs resmi Poco Indonesia)

Poco X3 Pro kelebihan dan kekurangan spesifikasinya patut Anda ketahui. Smartphone atau ponsel itu sudah diperkenalkan Poco Indonesia (Xiaomi) pada 20 April 2021.

Adapun Poco X3 Pro merupakan varian lebih tinggi dari Poco X3 NFC. Sebelumnya, Poco X3 NFC sudah lebih dulu dirilis di Indonesia.

Kini, perilisan Poco X3 Pro juga mencuri perhatian. Bagaimana tidak, Poco X3 Pro membawa chipset kelas flagship Snapdragon seri 8 di ponsel harga Rp 3 jutaan.

Secara lebih rinci, Poco X3 Pro dibanderol Rp 3,5 juta untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB, dan Rp 4 juta untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Baca juga: Mending Redmi Note 10 Pro atau Poco X3 NFC? Ini Rekomendasinya

Dengan banderol harga seperti itu, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro:

Kelebihan Poco X3 Pro

Chipset kelas flagship

Poco X3 Pro dipersenjatai chipset Snapdragon 860. Ini merupakan chipset kelas flagship yang sudah pasti performanya kencang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di Poco X3 Pro, chipset itu dipadankan dengan varian RAM 6 atau 8 GB, dan memori internal 128 atau 256 GB.

Adapun Poco X3 Pro mendapatkan skor Antutu v8 sebesar 453.223. Skor itu termasuk tinggi.

Baca juga: Intip Perbedaan Redmi 9T atau Poco M3, dari Spek dan Harga

Perlu diketahui, chipset merupakan salah satu faktor penentu performa kecepatan ponsel saat dioperasikan, baik saat membuka dan menjalankan aplikasi, ataupun saat digunakan untuk bermain game. Sudah tentu Poco X3 Pro mampu memainkan game-game berat tanpa kendala di pengaturan grafik dan framerate tertingginya.

Menurut video di channel YouTube Jagat Review, ponsel ini dapat menjalankan game PUBG Mobile di pengaturan grafik HDR dan framerate extreme di 60 FPS alias sangat lancar. Kemudian, Genshin Impact dapat dimainkan di pengaturan tertingginya alias highest 60 FPS di kisaran 40-55 FPS.

Refresh rate layar 120 Hz

Layar di Poco X3 Pro sudah tersedia dalam opsi refresh rate 120 Hz. Artinya, gerakan layar di ponsel ini bisa bejalan sangat mulus.

Refresh rate 120 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 120 kali. Biasanya, ponsel di harga Rp 3 jutaan memiliki refresh rate layar 90 Hz, atau bahkan masih ada yang bertahan di 60 Hz.

Baca Juga  Orang yang Gemar Bersumpah- Serapah Kemungkinan Juga Lebih Jujur

Ada pengisian daya cepat

Poco X3 Pro memiliki baterai berkapasitas besar, yaitu 5.160 mAh. Baterai itu sudah dibekali fitur pengisian daya cepat 33 Watt.

Pihak Poco mengklaim, Poco X3 Pro bisa bertahan digunakan bermain game selama 11 jam, digunakan menonton video selama 18 jam, hingga digunakan untuk mendengarkan musik selama 110 jam.

Kemudian, baterai di ponsel ini bisa terisi sampai 59 persen dalam pengisian daya selama 30 menit. Lalu, baterainya bisa terisi 100 persen hanya dalam waktu 59 menit saja.

Baca juga: Pilih Poco M3 atau Redmi Note 9? Ini Perbandingan Speknya

Speaker ganda

Fitur ini bisa memanjakan Anda yang kerap bermain game, menonton film, hingga mendengarkan musik di ponsel. Berkat speaker-nya yang sudah ganda, suara yang dikeluarkan dari Poco X3 Pro terdengar sangat kencang.

Ada NFC

Poco X3 Pro sudah dibekali NFC. Fitur ini banyak dibutuhkan oleh pengguna ponsel di kota-kota besar seperti Jakarta.

Pasalnya, di kota besar banyak transaksi membutuhkan e-money, seperti misalnya transaksi jalan tol hingga menggunakan transportasi umum. Nah, berkat adanya NFC, pengguna bisa mengecek langsung saldo dan isi ulang saldo e-money langsung di ponsel.

Baca juga: Cek Performa Gaming Poco M3, Kuat Main Genshin Impact?

Sertifikasi IP53

Ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi IP53. Artinya, ponsel ini bisa tahan terhadap debu. Dalam artian, jumlah debu yang masuk ke dalam perangkatnya tidak akan sampai mengganggu kinerja.

Selain tahan debu, ponsel ini juga tahan air. Dalam artian, ponsel ini punya proteksi terhadap semprotan air sampai kemiringan 60 derajat dari posisi vertikal.

Layar diproteksi Corning Gorilla Glass 6

Layar di Poco X3 Pro ternyata sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 6. Berkat proteksi tersebut, layar ponsel ini diklaim tahan jatuh dari ketinggian hingga 1,6 meter ke permukaan yang keras dan kasar.

Kemudian, layar di Poco X3 Pro juga tahan terhadap gores. Peningkatan ketahanannya sampai dua kali dibandingkan dengan aluminosilikat alternatif.

Poco X3 Pro
Poco X3 Pro (Sumber gambar: Poco Indonesia)

Kekurangan

Material bodi masih plastik

Bodi belakang di Poco X3 Pro ternyata belum menggunakan material kaca, tapi masih menggunakan material plastik. Untuk yang peduli dengan tampilan, bodi belakang plastik bisa saja membuat kesan ponsel ini kurang terasa premium.

Berat dan tebal

Bagi Anda yang menginginkan ponsel yang ramping dan ringan, tampaknya Poco X3 Pro tak masuk dalam kriteria tersebut. Ponsel ini termasuk sebagai perangkat yang berat dan cukup tebal.

Poco X3 Pro memiliki berat 215 gram dan memiliki ketebalan sampai 9,4 milimeter. Sebagai perbandingan, beberapa ponsel lain yang dikategorikan sebagai ponsel ramping dan ringan memiliki ketebalan di kisaran 7-8 milimeter dan berat kurang dari 200 gram.

Baca Juga  Review Hasil Foto Kamera Oppo A5 2020, Membuat Kamu Kagum

Baca juga: Spesifikasi Poco M3 di Indonesia, Harga Cuma Rp 1,8 Jutaan

Resolusi kamera mengalami penurunan

Di sektor fotografi, beberapa bagian kamera dari Poco X3 Pro ini ternyata mengalami penurunan resolusi dibandingkan Poco X3 NFC. Untuk kamera utamanya, di Poco X3 Pro ini resolusinya adalah 48 MP. Padahal, di Poco X3 NFC resolusi kamera utamanya adalah 64 MP.

Lalu, di Poco X3 Pro, kamera ultrawide-nya beresolusi 8 MP. Sementara itu, di Poco X3 NFC kamera ultrawide-nya beresolusi 13 MP.

Panel layar IPS

Beberapa ponsel di kelas harga Rp 3 jutaan kini sudah banyak menggunakan layar berpanel AMOLED. Namun, Poco X3 Pro masih menggunakan layar berpanel IPS LCD.

Dua panel layar ini sebenarnya punya kelebihan masing-masing. Kendati demikian, tak sedikit pembeli yang lebih tertarik dengan layar AMOLED lantaran bisa menampilkan gambar dengan saturasi warna lebih tinggi, lebih irit daya, hingga mampu menyajikan sudut pandang yang lebih baik.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Poco X3 Pro dari segi kelebihan dan kekurangan spesifikasinya. Semoga konten tulisan ini berguna sebagai panduan buat Anda yang hendak membeli ponsel Poco X3 Pro. Bagi Anda yang punya pendapat lain mengenai ponsel ini, bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah.

Baca juga: Inilah Performa Gaming Poco X3 NFC, Genshin Impact Lancar?

Rincian spesifikasi

  • Dimensi: 165.3 x 76.8 x 9.4 mm
  • Berat: 215 g
  • Material: Kaca di bagian depan (Gorilla Glass 6), bodi belakang plastik
  • SIM: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Panel IPS LCD, refresh rate 120Hz, diagonal 6,67 inci, 84,6 persen rasio layar ke bodi, resolusi 1080 x 2400 piksel, kerapatan piksel 395 ppi
  • Sistem operasi: Android 11, MIUI 12 for POCO
  • Chipset: Snapdragon 860
  • Slot kartu memori: microSD
  • RAM dan memori internal: 6/128 GB dan 8/256 GB
  • Kamera belakang: 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: 20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm
  • 3,5 mm jack: Ada
  • NFC: Ada (tergantung region)
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Pemindai sidik jari(di bodi bagian samping), accelerometer, gyro, proximity, compass, IR blaster
  • Baterai: 5160 mAh, pengisian daya cepat 33 Watt
  • Warna: Phantom Black, Frost Blue, Metal Bronze

Poco X3 Pro: Kelebihan dan Kekurangan, Gaming ‘Rata Kanan’