Poster: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya [LENGKAP]

poster adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Poster adalah media publikasi berisikan gambar, tulisan atau keduanya dengan bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain.

Berikut penjelasan lengkap terkait poster beserta kumpulan contoh-contoh poster.


Pastinya kalian pernah menjumpai beberapa poster baik itu poster yang ditempel secara langsung maupun poster digital yang melaluiBiasanya, poster-poster yang pernah kita temui berisikan tentang promosi, iklan, pemberitahuan atau pengumuman.

Mulai dari promosi sebuah harga barang di swalayan, iklan barang elektronik atau kendaraan atau event yang akan diselenggarakan suatu organisasi. Selain itu, poster sudah menjadi sebuah tren di masyarakat untuk memberikan sebuah informasi yang cukup penting.

Pada umumnya, poster digunakan untuk memberikan atau mengingatkan sebuah informasi kepada khalayak umum. Sehingga, poster berisikan konten-konten yang menarik mulai dari gambar beserta tulisan. Untuk lebih lanjutnya, mari kita bahas lebih dalam mengenai poster.

Pengertian Poster

“Pada dasarnya, poster merupakan sebuah media publikasi berisikan beberapa konten yang terdiri dari gambar, tulisan atau keduanya dengan bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain.”

Pada umumnya, informasi yang disampaikan poster memiliki maksud untuk mengajak pembacanya. Oleh karena itu, poster seringkali ditemukan di tempat-tempat yang strategis seperti pasar, puskesmas serta beberapa fasilitas umum lainnya.

Poster juga termasuk dari salah satu bentuk seni grafis dua dimensi. Hal ini dikarenakan, poster haruslah menarik pembacanya sehingga poster berisikan paduan tulisan dan gambar yang indah jika dilihat.

Selain itu, poster juga sering ditempelkan di papan pengumuman atau tempat-tempat yang ramai. Oleh karenanya, poster haruslah terlihat bagus agar tidak terkesan mengotori tempatnya.

Tujuan dan Fungsi Poster

Seperti pengertiannya, poster berisikan informasi yang bersifat mengajak seseorang. Oleh karena itu, poster merupakan sarana publikasi agar dapat diterima, dibaca dan diikuti masyarakat luas.

Namun, poster memiliki tujuan khusus dimana tujuan dari poster adalah ajakan secara subjektif sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembuat poster. Selain itu, poster juga memiliki tujuan komersial yang berarti menarik simpati masyarakat untuk menggunakan, membeli atau bahkan menyewa apa yang disampaikan dalam poster.

Sudah pasti poster memiliki fungsi dalam kehidupan kita. Salah satu dari fungsi poster adalah sebagai sarana informasi baik digital maupun langsung. Selain itu, beberapa poster juga memiliki sarana edukasi dengan menyelipkan beberapa konten untuk memberikan pengetahuan kepada pembacanya.

Baca Juga  Arti Prosa

Harapannya adalah dengan memberikan penjelasan, pembaca dapat tergerak hatinya untuk mengikuti anjuran atau arahan yang ada di dalam poster tersebut.

Jenis-Jenis Poster

Terdapat banyak poster yang tersebar di media sosial ataupun di lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu, poster digolongkan menjadi berbagai jenis untuk memudahkan kita. Adapun, penggolongan tersebut didasarkan atas isi dan tujuan dari poster.

Jenis Poster Berdasarkan Isi

Dengan melihat isi di dalamnya, poster dapat digolongkan menhadi berbagai jenis:

  • Poster niaga, yaitu poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang dan/atau jasa.
  • Poster layanan masyarakat adalah poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal. Misalnya poster tentang bahaya merokok atau poster tentang keluarga berencana (KB).
  • Poster kegiatan, merupakan media untuk memberitahukan tentang suatu kegiatan yang akan diselenggarakan.
  • Poster pendidikan, yakni poster yang memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat. Biasanya berhubungan dengan dunia pendidikan dan dipasang di sekolah-sekolah.

Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Sedangkan dilihat dari tujuannya, poster digolongkan menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis dari poster adalah sebagai berikut :

  • Poster kampanye adalah jenis poster yang digunakan untuk menarik simpati masyarakat terhadap partai politik serta calon yang akan maju dalam pemilihan umum.
  • Poster ‘cheesecake’ adalah sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik.
  • Poster film yaitu poster yang dibuat khusus untuk mempromosikan suatu film yang tengah ditayangkan di bioskop.
  • Poster buku dan/atau komik memiliki pengertian yang sama dengan poster film. Kesamaan tersebut yaitu untuk mempopulerkan suatu buku atau komik yang dijual di toko buku.
  • Poster propaganda yaitu poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang.
  • Poster ‘dicari’ (dalam Bahasa Inggris poster ‘wanted’) merupakan jenis poster memuat informasi penjahat yang tengah menjadi buronan, orang hilang, atau bahkan mengenai lapangan pekerjaan.
  • Poster riset yaitu poster yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset.
  • Poster afirmasi adalah poster yang bertujuan untuk memberikan misalnya tentang kepemimpinan.
  • Poster komersial memiliki pengertian yang sama dengan poster niaga, yaitu untuk mempromosikan suatu produk agar semakin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.

Contoh Poster

Berikut adalah berbagai contoh poster agar kalian dapat dengan mudah memahami apa yang disebut dengan poster.

Contoh 1
poster adalah
Contoh 2
poster adalah
Contoh 3
poster adalah
Contoh 4
poster adalah
Contoh 5

Demikianlah pembahasan mengenai poster beserta contohnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Baca Juga  Indeks Buku

Referensi:

  • yuksinau.id
  • gurupendidikan.co.id

Poster: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya [LENGKAP]