Redmi Note 10, Ini Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasinya

Redmi Note 10 kelebihan dan kekurangan spesifikasinya
Redmi Note 10 kelebihan dan kekurangan spesifikasinya (Sumber gambar: Xiaomi)

Redmi Note 10 kelebihan dan kekurangan spesifikasinya patut diketahui oleh calon pembeli. Di Indonesia, ponsel Xiaomi dari seri Redmi Note itu mulai dijual 6 April 2021.

Ponsel ini resmi diperkenalkan pada 30 Maret 2021 bersama dengan Redmi Note 10 Pro. Sesuai dengan penamaanya, Redmi Note 10 merupakan penerus langsung dari Redmi Note 9 yang dirilis tahun lalu.

Adapun Redmi Note 10 dibanderol Rp 2,5 jutaan untuk pasar Indonesia. Lantas, dengan harga seperti itu, apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari ponsel tersebut? Simak penjelasannya menurut versi resumecheap.com:

Kelebihan

Layar sudah AMOLED

Kelebihan pertama, Redmi Note 10 sudah menggunakan layar berpanel AMOLED. Bahkan, spesifikasi yang satu ini menjadi “jualan” utamanya yang terus digaungkan Xiaomi. Kita bisa mengetahuinya dari slogan yang digunakan saat promosi dan peluncurannya, yaitu “JawaranyaAMOLED”.

Secara lebih rinci, Redmi Note 10 memiliki layar berdiagonal 6,43 inci, beresolusi 2.400 x 1.080 piksel, berpanel AMOLED, dan sudah diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 3.

Menurut laman themobileindian.com, layar AMOLED punya beberapa kunggulan, di antaranya adalah irit konsumsi daya, mampu menampilkan warna lebih cerah, hingga menyajikan sudut pandang yang lebih baik (masih bisa terlihat jelas walau dilihat dari samping).

Tampilan Redmi Note 10 (Sumber gambar: Xiaomi)

Chipset Snapdragon 678

Kelebihan selanjutnya, Redmi Note 10 sudah dibekali chipset yang bertenaga di kelasnya. Chipset yang dimaksud adalah Snapdragon 678, penerus dari Snapdragon 675.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 678 lebih kencang. Menurut laman Kompas Tekno, itu terjadi lantaran chipset itu memakai CPU Kryo 460 dengan clock speed 2,2 Ghz. Clock speed itu lebih cepat dari pendahulunya, Snapdragon 675 yang mempunyai clock speed 2,0 Ghz.

Untuk diketahui, performa chipset berpengaruh terhadap kecepatan pengoperasian sebuah ponsel, dari membuka satu aplikasi ke aplikasinya, bahkan yang paling terasa saat digunakan bermain game berat.

Menurut laman kimovil, Redmi Note 10 versi global memperoleh skor Antutu v8 benchmark sebesar 277.254. Skor itu lebih tinggi dibandingkan dengan Redmi Note 9 (menggunakan chipset MediaTek Helio G85) yang memperoleh skor Antutu v8 205.946.

Dibekali empat kamera

Dari sejak era Redmi Note 8, Redmi Note 9, dan sekarang sampai ke Redmi Note 10, Xiaomi selalu menyematkan empat kamera belakang dan satu kamera selfie di salah satu ponsel andalannya ini.

Baca Juga  Spesifikasi iPhone SE 2021 Indonesia, Baterai Tahan Lama?

Adapun kamera belakang Redmi Note 10 berkonfigurasi 48 MP (f/1.8, 26mm) PDAF, kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, 118 derajat), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan depth sensor 2 MP (f/2.4). Sedangkan, di bagian depan ada kamera selfie beresolusi 13 MP (f/2.5).

Adanya empat kamera belakang dengan berbagai macam lensa ini tentu menjadi hal yang baik, apalagi bagi Anda penyuka fotografi. Jika Anda gemar memotret gambar objek dari jarak dekat (contoh: makanan) maka bisa memanfaatkan lensa makro. Atau, apabila Anda gemar memotret pemandangan yang luas, bisa memanfaatkan kamera utamanya, atau kamera ultrawide.

Baterai besar, pengisian daya cepat

Untuk menunjang kinerjanya agar bisa digunakan seharian, Redmi Note 10 dibekali baterai berkapasitas besar, 5.000 mAh. Menariknya, baterai tersebut juga didukung fitur pengisian daya cepat 33 Watt.

Menurut laman GSMArena, pihak Xiaomi mengklaim, dengan fitur pengisian daya cepat itu, daya baterai di Redmi Note 10 bisa terisi 50 persen dalam waktu 25 menit dan terisi 100 persen dalam waktu 74 menit.

Kekurangan

Belum ada pilihan RAM dan memori internal yang lebih besar

Sampai tulisan ini dibuat, Redmi Note 10 yang dipasarkan di Indonesia hanya tersedia untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB saja. Tentu ini patut disayangkan.

Padahal, untuk versi globalnya, Redmi Note 10 hadir dalam tiga varian, mulai dari varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, varian RAM 4 GB dan memori internal 128 GB, dan varian RAM 8 GB dan memori internal 64 GB.

Memori internal yang besar saat ini semakin dibutuhkan. Apalagi ukuran file seperti video, aplikasi, bahkan game punya ukuran yang besar. Untuk game berat, banyak yang ukurannya bisa “membangkak” lebih dari 1 GB.

Sementara itu, RAM berguna sebagai ruang penyimpanan berbagai data aplikasi yang masih aktif dalam ponsel. Jadi, RAM lebih besar berarti aplikasi aktif yang terbuka bisa lebih banyak.

Pemindai sidik jari belum di bawah permukaan layar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Redmi Note 10 menggunakan layar AMOLED. Satu keungulan lainnya dari layar berpanel AMOLED adalah sudah mendukung fitur fingerprint in display atau pemindai sidik jari (untuk membuka kunci) di layar.

Sayangnya, pemindai sidik jari di Redmi Note 10 masih ditempatkan di sisi samping bodi ponsel. DI laman Suara, pihak Xiaomi Indonesia sendiri sudah memberikan keterangan, penempatan pemindai sidik jari di sisi samping bodi itu bertujuan untuk menampilkan desain yang elegan dan memperhatikan kenyamanan pengguna saat menggengam ponselnya.

Baca Juga  Spesifikasi Poco M3, Chipset Snapdragon 662, Desain Beda

Menurut pihak Xiaomi, pemindai sidik jari di sisi samping bodi bukan merupakan hal yang tidak baik. Namun, ke depannya (di Redmi Note 11?), pihak Xiaomi tak menutup kemungkinan akan menggunakan pemindai sidik jari di bawah permukaan layar.

Pemindai sidik jari di Redmi Note 10 (Sumber gambar: Xiaomi)

Nah, demikianlah pemaparan Xiaomi Redmi Note 10 kelebihan dan kekurangan spesifikasinya berdasarkan versi resumecheap.com. Ponsel ini punya kelebihan dari segi layar yang sudah AMOLED, chipset lebih bertenaga, konfigurasi kamera yang beragam, hingga baterai besar yang sudah didukung fitur pengisian daya cepat.

Namun, tentu saja bukan berarti ponsel ini tak membawa kekurangan. Berdasarkan penilaian di atas kertas, kekurangan dari Redmi Note 10 sejauh ini adalah belum adanya pilihan RAM dan memori internal yang lebih besar hingga tidak menggunakan pemindai sidik jari di layar.

Dihimpun resumecheap.com dari GSMArena, berikut ini adalah rincian spesifikasi Redmi Note 10:

Rincian Spesifikasi Redmi Note 10

  • Dimensi: 160.5 x 74.5 x 8.3 mm
  • Berat: 178, 8 gram
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Panel Super AMOLED, tingkat kecerahan maksimal 1100 nits (peak), diagonal layar 6.43 inci, 83,5% rasio layar ke bodi, resolusi 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio, kerapatan piksel 409 ppi, proteksi Corning Gorilla Glass 3
  • Sistem operasi: Android 11 dibalut MIUI 12
  • Chipset: Snapdragon 678
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
  • GPU: Adreno 612
  • Kartu memori: microSD
  • RAM dan memori internal: RAM 4 GB, memori internal 64 GB
  • Kamera belakang: 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: 13 MP, f/2.5, (wide), 1/3.06″, 1.12µm
  • Video kamera belakang: [email protected], [email protected]/60fps
  • Video kamera depan: [email protected]
  • 3,5 mm jack: Ada
  • USB: USB Type-C 2.0
  • Sensor: Pemindai sidik jari di bodi samping, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 5.000 mAh, pengisian daya cepat 33 Watt

Redmi Note 10, Ini Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasinya