Redmi Note 10 Pro Ada NFC, Ini Cara Menggunakannya, Cek eMoney

Redmi Note 10 Pro ada NFC
Di Redmi Note 10 Pro ada NFC (Sumber gambar: GSMArena dan SeekPNG)

Redmi Note 10 Pro ada NFC. Itu membuat smartphone atau ponsel dari Xiaomi ini memiliki fitur yang sama seperti pendahulunya, Redmi Note 9 Pro yang juga dibekali NFC.

Xiaomi Indonesia merilis dua varian Redmi Note 10, yakni versi Redmi Note 10 “reguler” dan juga Redmi Note 10 Pro. Selain beberapa fitur menarik seperti layar AMOLED, refresh rate 120Hz, dan kamera 108 megapiksel, versi Pro juga turut membawa NFC.

NFC atau near field communication adalah sebuah teknologi yang memungkinkan dua perangkat untuk berkirim, menerima, dan mengolah informasi atau data. Adapun kedua perangkat itu harus didekatkan satu sama lain, hal ini sesuai dengan namanya, “near field”.

Baca juga: Ini Kelebihan Layar AMOLED Redmi Note 10 Series, Irit Daya?

Dalam NFC, dikenal adanya perangkat aktif dan perangkat pasif. Perangkat pasif contohnya adalah kartu eMoney. Tanpa membutuhkan daya, perangkat pasif seperti kartu eMoney dapat mengirim informasi ke perangkat NFC aktif seperti ponsel.

Lantas, bagaimana cara menggunakan NFC di Redmi Note 10 Pro? Ini adalah langkah-langkahnya:

Mengaktifkan NFC di perangkat Xiaomi

Berikut ini Teknonia.com menghimpun cara mengaktifkan NFC untuk perangkat Xiaomi Mi Note 10 dari laman infos-geek.com. Lantaran sama-sama menggunakan antarmuka MIUI, jadi besar kemungkinan cara mengaktifkan NFC di Redmi Note 10 Pro juga sama.

Ada dua cara mengaktfikan NFC. Pertama, Anda bisa tarik atau slide layar dari atas ke bawah. Setelah menu dari bagian atas layar muncul ke bawah, silakan cari ikon dan tulisan “NFC”, dan tap untuk mengaktfikannya.

Baca juga: Spesifikasi Redmi Note 10 Pro, Ada NFC, Kameranya 108MP

Cara kedua, Anda bisa mengaktfikan NFC melalui menu “setting” atau “pengaturan”. Saat masuk di menu pengaturan, silakan masuk ke opsi “connections” atau “koneksi”. Pilih NFC dan aktifkan dengan cara tap opsinya.

NFC untuk cek saldo dan top up eMoney

Di ponsel yang sudah dibekali NFC, pengguna bisa menggunakannya untuk mengecek saldo eMoney atau uang elektronik di perangkatnya langsung. Caranya, Anda harus memasang aplikasi untuk cek saldo.

Dua aplikasi yang direkomendasikan Pricebook adalah “Electronic Money Card Balance” dan “eSaldo Info – Cek saldo & Riwayat uang elektronik”. Berikut adalah link download dua aplikasi tersebut: Electronic Money Card Balance | eSaldo Info.

Baca Juga  Cara Membuat Best Nine Instagram 2021, Tanpa Aplikasi!

Baca juga: Spesifikasi Redmi Note 10, Layar AMOLED, Chipset Snapdragon 678

Selain dua aplikasi itu, Anda juga bisa mengecek saldo eMoney lewat aplikasi sesuai penyedia layanan eMoney-nya. Misalnya jika kartu Anda adalah Mandiri e-Money, maka tinggal unduh saja aplikasi Mandiri e-Money di PlayStore.

Setelah mengaktifkan NFC melalui cara yang sebelumnya kami anjurkan, silakan buka aplikasi cek saldo itu. Berikutnya, Anda tinggal menempelkan kartu eMoney di bodi belakang ponselnya. Secara otomatis, gambar kartu sekaligus jumlah saldonya bakal muncul.

Top up atau isi saldo eMoney

Untuk melakukan top up atau isi saldo eMoney, Anda bisa menggunakan aplikasi resmi penyedia layanan eMoney-nya. Anda bisa isi saldo lewat marketplace seperti Tokopedia dan dompet digital seperti GoPay. Kendati begitu, tidak semua kartu eMoney dapat diisi saldonya melalui marketplace dan dompet digital.

Untuk isi saldo ini caranya terhitung mudah. Buka aplikasi penyedia layanan eMoney-nya terlebih dahulu. Kemudian, tempelkan kartu eMoney di bodi belakang ponsel. Setelah itu, pilih opsi top up atau isi saldo.

Baca juga: MIUI 12.0.2.0 Hadir di Redmi Note 8 Indonesia, Ini Hal Barunya

Buat memastikan saldo sudah terisi atau belum, Anda harus update balance tersebut. Apabila saldonya bertambah, berarti proses top up berhasil.

Demikianlah penjelasan mengenai NFC dan kegunaannya di Redmi Note 10 Pro. Sekarang, di Redmi Note 10 Pro ada NFC, apakah Anda tertarik untuk membelinya?

Link pembelian Redmi Note 10 Pro: Tokopedia

Redmi Note 10 Pro Ada NFC, Ini Cara Menggunakannya, Cek eMoney