Review Redmi K20: Flagship Killer 2.0

Xiaomi menggebrak pasar smartphone, pada akhir kuartal kedua ini, dengan Redmi K20 Pro. Global Vice President Xiaomi, Manu Kumar Jain, pada Twitternya menyebutkan bahwa Redmi K20 Pro ini sebagai flagship killer yang dapat mengalahkan flagship OnePlus. Dilansir dari tribunnews.com, Redmi K20 Pro merupakan nama yang dikhususkan untuk pemasaran di Tiongkok. Sedangkan, untuk pemasaran global nantinya akan berubah menjadi Mi 9T Pro.

Desain

Hal yang paling menonjol dari perangkat ini adalah desain bagian belakang yang dilapisi kaca. Desain yang ditunjukkan oleh Redmi K20 ini berbentuk seperti kobaran api yang mencuat dari bagian samping kiri dan kanannya, serta warna hitam legam pada bagian tengah. Varian warna ‘kobaran’ yang disajikan oleh Redmi K20 ini adalah Carbon Black, Flame Red, dan Glacier Blue. Menariknya lagi, kobaran ini akan menunjukkan gradasi warna lain jika kita lihat dari sudut yang berbeda.

Bagian belakang juga terdapat 3 kamera, 1 lampu flash, serta tulisan “Redmi Designed by Xiaomi”. Tombol power dan volume terdapat disebelah kiri smartphone ini. Xiaomi masih menyediakan headphone jack 3.5mm dibagian atas bersebelahan dengan pop-up camera.

Disediakan headphone jack 3.5mm
yang terletak dibagian atas smartphone ini.
Lalu, pada bagian bawahnya, Redmi K20 ini menggunakan USB Type-C, dan satu buah
speaker yang terletak di bagian bawah. Selain itu, Redmi K20 ini memiliki slot dual nano-sim hybrid.

Corning Gorilla Glass 5 melindungi layar Super AMOLED berukuran 6.3
inch dengan rasio 19.5:9 FHD+ yang disematkan untuk Redmi K20 ini. Redmi K20
tidak memiliki notch sama sekali, hanya bezel yang sangat tipis dibagian muka.

Keamanan

 Sensor fingerprint
yang disuguhkan oleh Xiaomi pada Redmi K20 Pro dipindahkan kedalam layar
dengan teknologi Optical Sensor yang berarti smartphone ini membutuhkan waktu untuk menangkap gambar, bukan
menggunakan gelombang frekuensi seperti Ultrasonic Sensor yang ada di Galaxy
S10. Karena menangkap gambar, pembacaan fingerprint
akan susah jika tangan sangat lembab.

Untuk pengamanan, selain fingerprint, Redmi K20 juga menyediakan face unlock. Namun, kita perlu men-swipe dahulu agar pop-up camera depannya muncul. Ya, smartphone ini menggunakan teknologi pop-up camera untuk kamera selfie dengan balutan cahaya warna disamping-samping kamera tersebut.

Kamera

Selain kamera selfie yang memiliki 20 MP, f/2.2, serta memiliki fitur HDR ini, Redmi K20 juga memberikan pixel yang besar untuk kamera utamanya, yaitu 48 MP, f/1.8 (wide), 8 MP, f/2.4 (tele) 2x optical zoom, dan 13 MP, f/2.4 (wiltrawide). Kamera-kamera ini dapat menggunakan fitur Nigth Mode, AI, dan HDR, serta Manual untuk pengaturan yang lebih spesifik. Namun, kameranya tidak mendukung OIS (Optical Image Stabilizer). Jadi, kita harus stabil dalam mengambil gambar. Video yang dihasilkan dapat mencapai 4K dengan 30/60fps pada kamera 48 MP, serta FHD hingga 960fps.

Baca Juga  Sennheiser G4ME Zero REVIEW

Performa

Karena ditenagai dengan chipset Snapdragon 855 2.84GHz octa-core, serta GPU Qualcomm Adreno 640, game PUBG Mobile memberikan rekomendasi setting high dalam smartphone ini. Apalagi dengan kapasitas RAM yang sangat cukup untuk membantu menjalankan game-game kelas berat, seperti PUBG Mobile, Asphalt, Arena Of Valor, apalagi Mobile Legends, smartphone ini jauh dari kata ‘kewalahan’. Varian RAM yang mereka berikan adalah 6 dan 8 GB, serta kapasitas storage 64, 128, dan 256 GB. Performa tersebut juga ditenagai dengan kapasitas baterai sebesar 4000mAh yang dapat diisi dengan tenaga 27W (Quick Charge 4+).

Fitur

Redmi K20
dijalankan dengan sistem operasi MIUI 10 dengan basis Android Pie. Selain itu,
Redmi K20 juga menyematkan lampu LED untuk notifikasi yang ditempatkan pada pop-up camera-nya. Always-on Display juga akan kita dapatkan pada Redmi K20 ini dengan
tampilan yang dapat kita ubah.

Review Redmi K20: Flagship Killer 2.0