Saham : Penjelasan, Jenis, dan Contohnya [LENGKAP]

saham adalah
Ilustrasi oleh dribbble

Saham adalah sebuah tanda bukti penyertaan modal dari seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Dewasa ini, saham merupakan sebuah bentuk investasi yang dapat dibilang menjanjikan. Selain itu, hanya segelintir orang khususnya yang berkecimpung di dunia saham. Hal ini membuat saham menjadi sebuah ladang baru yang dapat berkembang pesat nantinya.

Namun, bermain saham tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Seorang investor pemula yang ingin terjun di dunia saham harus memiliki pengetahuan akan saham tersebut.

Terutama pengertian saham serta cara kerja dari saham wajib diketahui oleh seorang investor. Maka dari itu, kita akan membahas tentang saham lebih lanjut.

saham adalah

Pengertian Saham

Sebelum memulai akan berinvestasi khususnya saham, kita perlu mengetahui sebenarnya apa yang dimaksud dengan saham.

“Saham adalah sebuah tanda bukti penyertaan modal dari seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.”

Saham dapat didefinisikan sebagai sebuah bukti penyertaan modal dari seseorang atau pihak dalam suatu perusahaan atau

Dengan membeli saham, maka seorang investor memiliki sebuah investasi dalam perusahaan yang bersangkutan.

Semakin berkembang perusahaan tersebut maka nilai dari investasi juga secara tidak langsung ikut berkembang. Hal inilah yang nantinya akan menjadi keuntungan dari investor yang membeli saham.

Jenis Saham

Pada umumnya, terdapat dua jenis saham yang sering beredar yaitu saham tipe common stock atau saham biasa dan saham preferred stock atau saham preferen.

Saham Biasa

Pada saham biasa, umumnya pemegang saham diberikan hak prioritas ketika perusahaan yang bersangkutan menerbitkan saham baru. Selain itu, pemegang saham juga diberikan hak suara untuk pemilihan dewan komisaris. Kurang lebihnya, ciri-ciri dari saham biasa adalah sebagai berikut :

  • Pemegang saham memiliki hak suara memilih dewan komisaris.
  • Hak prioritas bila perusahaan menerbitkan saham baru.
  • Tanggung jawab yang terbatas akan jumlah yang diberikan.

Saham Preferen

Saham preferen adalah sebuah jenis saham lagi yang sering kita temui di dunia investasi. Hal ini dikarenakan, saham preferen memberikan lebih banyak pilihan kepada pemegangnya. Ciri-ciri dari saham preferen adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai berbagai tingkatan atau pilihan.
  • Tagihan akan aktiva dan pendapatan mempunyai prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam aspek pembagian dividen atau keuntungan.
  • Dividen dapat bersifat akumulatif yang berarti apabila belum diberikan pada periode sebelumnya maka pada periode selanjutnya akan diberikan.
  • Dapat ditukar menjadi saham biasa bila terdapat kesepakatan antara investor dengan perusahaan yang bersangkutan.
Baca Juga  Globalisasi Di Bidang Ekonomi Beserta Dampak Positif Dan Negatifnya

Kategori Saham

Secara garis besar, saham memang dibagi menjadi dua jenis. Namun apabila ditinjau dari kinerja perdagangan, saham dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Kelompok-kelompok tersebut adalah :

Blue Chip Stocks

Saham jenis blue chip stocks dapat diartikan sebagai saham dari sebuah perusahaan yang berdiri kokoh dan terpercaya dengan kinerja dilihat dari sejarahnya.

Mungkin saham jenis blue chip stocks memanglah terpercaya, akan tetapi hal ini membuat dividen yang diberikan bernilai kecil.

Hal ini dikarenakan kestabilan akan pertumbuhan dari perusahaan tersebut memiliki nilai jualnya sendiri.

Income Stocks

Apabila kalian menginginkan keuntungan yang besar maka saham jenis income stocks merupakan pilihan yang bagus.

Hal ini dikarenakan saham jenis ini memberikan kemungkinan deviden yang relatif lebih besar dari jenis lain. Akan tetapi, saham ini memiliki resiko yang cukup besar karena pertumbuhan nilainya tidak teratur.

Growth Stocks

Seperti namanya ‘growth‘ yang berarti pertumbuhan, saham jenis ini memiliki pertumbuhan saham yang lebih cepat dibandingkan dengan industri yang dikelola.

Speculative Stocks

Pada umumnya, saham jenis ini sering diperdagangkan pada bursa efek. Saham jenis speculative stocks memiliki kemungkinan dengan dividen tinggi pada masa depan.

Oleh karena itu, saham ini biasanya ditargetkan untuk keuntungan per tahun.

Cyclical Stocks

Saham cyclical stocks merupakan jenis saham dengan perusahaan penerbit yang dapat dengan mudah dan mempengaruhi tren ekonomi secara umum.

Dengan nilai saham yang demikian, saham cenderung untuk turun selama masa resesi lalu kembali meningkat selama boom (economic booms).

Emerging Growth Stock

Pada dasarnya, saham emerging growth stock merupakan saham yang dikeluarkan oleh perusahaan yang relatif lebih kecil serta memiliki daya tahan kuat meskipun dalam kondisi ekonomi tertentu masih kurang mendukung.

Defensive Stocks

Saham defensive stocks memiliki karakteristik yang berlawanan dengan jenis cyclical stocks.

Pada jenis ini, nilai saham cenderung tidak terpengaruh selama masa resesi terjadi. Hal ini dikarenakan saham jenis ini bergerak di bidang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman dan kebutuhan pokok lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai saham, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Saham : Penjelasan, Jenis, dan Contohnya [LENGKAP]