Sony Xperia M5 Dual REVIEW

Sony Xperia M5 Dual hadir sejak Agustus tahun lalu sebagai flagship smartphone dari Sony untuk kelas mid-range. Desainnya akan dengan cepat mengingatkan kita pada smartphone kelas high-end Sony, Xperia Z3 Plus. Tetapi jika Anda sudah menggenggamnya, Anda akan merasakan perbedaannya.

Sony Xperia M5 Dual

Meskipun tampilannya mengadopsi desain Xperia Z3+, Xperia M5 Dual membenamkan spesifikasi yang cukup “berbahaya” bagi smartphone lain di kelas yang sama. Xperia M5 Dual bisa menjadi raja mid-range smartphone tahun ini. Dengan chipset besutan Mediatek MT6795 serta dapur pacu Octa-core yang bergerak pada kecepatan 2.0 GHz, Xperia M5 Dual menawarkan apa yang jarang ditawarkan oleh Sony sebelumnya.

Dukungan sertifikat IP68 akan memberikan hasil lebih berkualitas untuk ketahanan hidup dalam air dengan kedalaman 1.5 meter dan 30 menit serta anti debu pada produk ini. Selain itu, beberapa spesifikasi komponen yang dimilikinya antara lain pada sektor layar dan juga fotografi. Seperti apakah “jeroan” Xperia M5 Dual sebetulnya?

[nextpage title=”Design & Display”]

Xperia M5 Dual hadir dengan tiga pilihan warna berbeda, yakni hitam, putih, dan emas. Perangkat review yang datang ke kantor kami adalah Xperia M5 Dual putih yang cukup elegan, meskipun tidak begitu inovatif. Lebih jauh lagi, perangkat ini menggunakan desain OmniBalance yang dikenal sebagai ciri khas Sony yang pertama kali diperkenalkan pada perangkat Xperia Z.

Sony Xperia M5 Dual

Pada bagian punggungnya, Xperia M5 Dual juga menggunakan kaca pelindung goresan yang biasanya ada pada perangkat kelas premium Sony. Sekelilingnya dilapisi oleh kerangka metal yang membuat perangkat tampak lebih futuristik. Untuk tombol-tombolnya, Sony telah menyeimbangkan lokasinya sehingga terasa ergonomis. Sisi bagian kanan masih dihuni oleh tombol Power khas vendor asal negeri sakura tersebut. Ditemani oleh tombol Volume dan tombol fisik kamera. Sementara di sisi kiri hanya ditempati oleh slot untuk kartu SIM berjenis nano dan karti microSD.

Sony Xperia M5 Dual memang bukan smartphone tertitpis yang ada saat ini. Sama seperti Xperia Z3+, perangkat ini terasa licin ketika ada di dalam genggaman tangan. Dengan dimensi penuh 145 x 72 x 7.6 mm serta bobot mencapai 142,6 gram, Xperia M5 Dual akan cukup sulit digenggam oleh pengguna dengan tangan yang mungil. Pun begitu, desainnya ini tetap cantik. Terlebih lagi, Xperia M5 Dual juga sudah disertifikasi IP68 sehingga tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Untuk melindungi desainnya ini, Xperia M5 Dual pun menggunakan teknologi anti debu.

Sony Xperia M5 Dual hadir dengan layar IPS LCD Full HD berukuran 5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel serta kerapatan piksel mencapai 441 ppi. Kualitas yang dipegang oleh layarnya memang bukan yang paling sempurna di pasaran, tetapi cukup menyajikan kesempurnaan. Dalam hal pencahayaan, Xperia M5 Dual menyuguhkan saturasi dan akurasi warna yang baik. Tetapi saat digunakan di bawah pencahayaan matahari yang terik, pencahayaan layarnya mungkin tidak akan memuaskan Anda.

Baca Juga  Begini Cara Dimas Kanjeng Taat Pribadi Promosi Lewat Internet

[nextpage title=”Softwares & Camera”]

Sony Xperia M5 Dual berjalan pada sistem operasi Android 5.0 Lollipop dengan rencana upgrade ke Android 6.0 Marshmallow. Untuk membalut perangkat ini dengan cita rasa Sony, user interface-nya menggunakan Xperia seperti halnya Sense UI dari HTC untuk para perangkatnya. Meskipun menggunakan Xperia UI, ekosistemnya akan membuat pengguna yang baru beralih bisa beradaptasi dengan cepat. Satu hal yang kami sukai dari perangkat Xperia adalah bundle aplikasi dan ikon widget yang tidak berlebihan. Anda tetap ditawarkan untuk mencopot aplikasi Sony yang tidak Anda sukai.

Sony Xperia M5 Dual

Fitur SIM Dual memungkinkan Anda menggunakan dua SIM secara efektif. Untungnya, kedua SIM akan sama-sama aktif saat digunakan. Jika Anda tengah melakukan panggilan dengan SIM pertama, Anda tetap bisa menerima panggilan telepon melalui SIM kedua, bukannya masuk ke dalam voicemail. Kinerja optimal juga disajikan oleh chipset Mediatek MT6795 dengan dapur pacu Octa-core yang memiliki tenaga 2.0 GHz. Kemudian dari segi gaming didukung oleh GPU besutan PowerVR seri G6200. Sony Xperia M5 Dual didukung penuh oleh RAM 3 GB yang memudahkan Anda untuk menjalankan berbagai macam tugas dengan cepat dan responsif.

Perpaduan Processor, GPU dan RAM yang mumpuni mampu menyajikan performa terbaik dari ponsel ini. Selain itu memori internal 16 GB menawarkan ruang penyimpanan yang luas. Tak hanya itu, penyimpanan eksternal melalui microSD yang bisa diisi hingga 200 GB!
Dari sisi konektivitas, Sony Xperia M5 Dual dilengkapi Wi-Fi 802.11 yang mendukung jaringan a/b/g/n dual-band serta dapat digunakan sebagai hotspot. Fitur lain adalah Wi-Fi Direct dan DLNA untuk saling berbagi data. Di samping itu, terdapat pula konektivitas, Bluetooth versi 4.1 dan microUSB v2.0. Pun Sony Xperia M5 Dual sudah dilengkapi navigasi dengan fitur GPS A-GPS, GLONASS sehingga sobat dapat memanfaatkanya untuk navigasi saat berkemudi.

Sony Xperia M5 Dual

Untuk kameranya sendiri, Xperia M5 Dual membenamkan kamera utama beresolusi 21 MP dengan kemampuan autofokus dan LED Flash. Bagi Anda yang gemar mengambil foto selfie, kamera depannya berukuran 13 MP sehingga sama baiknya. Kamera utamanya bisa menangkan gambar dengan sangat baik, terutama ketika kami menggunakannya di luar ruangan dengan pencahayaan yang mendukung. Gambar yang kami hasilkan memiliki tingkat akurasi dan ketajaman warna yang terjamin. Detailnya juga sungguh kaya sehingga tidak tampak perbedaan antara foto yang dihasilkan dengan keadaan aslinya. Kami tidak menemukan banyak noise saat mengambil gambar.

Baca Juga  Inilah Cara Mudah Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi dan Redmi

Di suasana dengan pencahayaan yang tricky, Xperia M5 Dual pun berfungsi dengan baik. Bahkan ketika berada di dalam ruangan dengan pencahayaan yang seadanya, produksi gambar tetap bisa diandalkan meskipun tampak sedikit noise. Sama halnya ketika kami menggunakan kamera utamanya untuk merekam video. Gambar yang bergerak menawarkan detail warna yang kaya dengan kecerahan yang terjaga. Kamera utamanya juuga bisa merekam video hingga berkualitas 4K.

Tetapi bagaimana dengan kamera sekunder yang biasa digunakan untuk mengambil selfie? Sama baiknya. Meskipun tentu tidak bisa kami bandingkan dengan produksi gambar kamera utamanya, kamera sekunder menyuguhkan produksi gambar yang sangat layak untuk urusan selfie. Foto yang diproduksi memiliki detail yang baik dengan sedikit noise. Meskipun kulit kami terlihat seperti diperhalus, pencahayaan tetap dipertahankan dengan baik. Berbeda saat kami mengambil gambar di dalam ruangan dengan kamera sekunder Xperia M5 Dual yang memperlihatkan sejumlah noise. Untungnya, noise tersebut tidak terlalu menganggu.

[nextpage title=”Performance”]

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Xperia M5 Dual ditenagai oleh prosesor buatan Mediatek, MT6796 Helio X10 Octa Core yang berjalan pada kecepatan pacu 2GHz. Prosesornya tersebut ditemani oleh PowerVR GPU serta RAM sebesar 3GB. Untuk smartphone kelas mid-range, kekuatannya tersebut patut diacungi jempol. Bagaimana dengan penggunannya?

Sony Xperia M5 Dual

Awam kita ketahui kalau Helio X10 merupakan prosesor mobile unggulan dari MediaTek. Pun begitu, kinerjanya bergantung pada implementasi sehari-hari. Setelah kami gunakan beberapa waktu, prosesor tersebut cukup bisa menanggung semua keutuhan performa Xperia M5 Dual. Perangkat ini berjalan dengan mulus dan cepat. Bahkan untuk urusan multitasking, kami yakinkan Anda tidak akan menemukan lag yang berarti.

Saat digunakan untuk bermain aplikasi game standar seperti Candy Crush dan Temple Run, Xperia M5 Dual menyuguhkan performa mumpuni. Tetapi jika Anda mencoba untuk bermain game yang lebih menuntut kekuatan perangkat seperti Asphalt 8: Airborne dan Mortal Combat X, Anda mungkin akan menemukan sejumlah gal saat bermain. Terutama jika Anda memasang pengaturan game pada level tertinggi.

Pun demikian, ada satu aspek yang menurut kamu perlu ditingkatkan pada perangkat selanjutnya, yakni daya tahan baterai. Xperia M5 Dual membenamkan baterai berkapasitas 2600 mAh yang terbilang kurang. Untuk penggunaan standar, tanpa menggunakan WiFi dan memutar video, perangkat ini bisa bertahan hingga hampir seharian penuh. Tetapi kalau Anda menggunakannya untuk memutar video 1080p, bermain game yang beraty, memutar musik, serta berselancar di Internet, Xperia M5 Dual hanya bertahan sekitar 10 jam.

Sony Xperia M5 Dual REVIEW