Spesifikasi Asus ROG Phone 3, Pakai SoC Snapdragon 865+

Asus ROG Phone 3
(Sumber gambar: Asus)

Asus ROG Phone 3 rilis pada 24 September 2021 di Indonesia. Ponsel gaming ini merupakan generasi ketiga dari seri HP Asus ROG, penerus dari ROG Phone I dan II.

ROG Phone 3 (versi Snapdragon 865 Plus) varian RAM 16 GB/512 GB, dijual dengan harga 1.099 euro (Rp 18,6 juta). Lalu varian RAM 12 GB/512 GB dijual dengan harga 999 euro (Rp 16,9 juta). Itu adalah harga versi globalnya.

Dibanding pendahulunya, ROG Phone 3 ini tentu saja membawa spesifikasi yang lebih canggih dari seri sebelumnya, terutama dari sektor dapur pacu.

Mari kita bahas satu per satu desain dan spesifikasi dari ROG Phone terbaru ini.

Baca juga: Asus Zenfone 7, HP Berkamera Flip, Cek Spek dan Harganya

Desain Asus ROG Phone 3 masih “gaming” banget

Dari desain, ROG Phone yang satu ini masih memiliki corak layaknya HP gaming. Di bagian belakang terdapat beberapa garis -garis yang masih mirip dengan ROG Phone generasi sebelumnya. Namun, tak ada lekukan-lekukan di bodi belakangnya.

Logo ROG masih ditempatkan di bagian tengah. Logo itu dilengkapi lampu RGB. Di samping logo ROG tersebut, ada aerodynamic system. Lalu di bagian bawah, ada tulisan “Republic of Gamers” yang merupakan kepanjangan dari ROG.

Asus ROG Phone 3
(Sumber gambar: Asus)

Di bagian atas-kiri, ada tiga kamera belakang yang ditempatkan berderet horizontal dalam bingkai berwarna hitam.

Beralih ke bagian depan, bagian bezel di atas dan bawahnya sedikit lebih tebal dibanding di kanan dan kirinya. Yang mana, di bezel bagian atas, terdapat lubang kamera depan.

Sementara itu, di sisi samping (atau di atas saat ponsel diposisikan horizontal) ada air trigger yang berguna jadi tombol tambahan ketika bermain game. Pengguna bisa memisahkan satu air trigger-nya jadi dua tombol.

Baca juga: Adu Spesifikasi Black Shark 2 Pro dan Asus ROG Phone 2

Refresh rate layarnya mencapai 144 Hz

Beralih ke bagian layar, tentu saja HP ini bakal memanjakan pengguna saat bermain game. ROG Phone 3 sudah menggunakan layar AMOLED dengan diagonal 6,59 inci (1080 x 2340 piksel). Layar tersebut juga sudah terlindungi oleh Gorilla Glass 6.

Baca Juga  Bonum POS : Aplikasi Kasir Online Terbaik Bagi Sahabat UMKM

Yang membuat layar ini semakin ciamik adalah refresh rate-nya yang bisa mencapai 144 Hz. Pengguna juga bisa memilih refresh rate-nya, antara 90 Hz, 120 Hz, 144 Hz, atau bahkan mode “auto”.

Asus ROG Phone 3 pakai Snapdragon 865 Plus

Asus ROG Phone 3
(Sumber gambar: Asus)

Untuk urusan performa, ROG Phone 3 ditunjang oleh system-on-chip Snapdragon 865 Plus. Tak diragukan lagi kemampuan dari chipset Qualcomm varian tertinggi untuk ponsel tersebut. Pasalnya, chipet itu menawarkan performa kecepatan clock hingga 3,09 GHz.

Untuk versi global, chipset itu dipadukan dengan RAM 12 GB atau RAM 16 GB. Lalu, memori internalnya adalah 128 GB, 256 GB, atau 512 GB.

Agar penggunanya semakin mudah mengoperasikan ponsel gaming ini, ROG Phone sudah menggunakan Android 10 yang dibalut sistem antarmuka ROG UI atau Zen UI.

Baca juga: 6 HP Baterai 6.000 mAh, Samsung M21 hingga ROG Phone 3

Laman Kimovil mencatat, skor Antutu v8 dari ROG Phone 3 ini adalah 626.992. Tak perlu diragukan lagi performa gaming-nya, game-game berat yang kini tengah populer, pasti bisa dijalankan dalam settingan gratis “rata kanan”.

Baterainya berkapasitas jumbo, 6.000 mAh

Baterai tentu saja menjadi salah satu aspek penting dari sebuah HP gaming. Kapasitas baterainya haruslah besar, agar membuat pengguna nyaman, bisa bermain game berjam-jam.

Untunglah di ROG Phone 3 ini baterainya berkapasitas 6.000 mAh. Baterai tersebut juga didukung oleh teknologi fast charging 30 watt.

Dilengkapi tiga kamera belakang dan satu kamera depan

(Sumber gambar: Asus)

Untuk urusan fotografi, ROG Phone 3 ini memiliki peningkatan dari ROG Phone 2, terutama untuk jumlah kamera belakang. Di ROG Phone 3, ada satu kamera depan dan tiga kamera belakang.

Kamera belakangnya berkonfigurasi 64 MP (f/1.8) kamera utama; 13 MP (f/2.4) kamera ultra wide; dan 5 MP (f/2.0) kamera macro. Kemudian, kamera depannya berkonfigurasi 24 MP (f/2.0).

Itulah spesifikasi dari Asus ROG Phone 3. Apakah Anda tertarik memainkan game favorit di ponsel gaming ini?

Spesifikasi Asus ROG Phone 3, Pakai SoC Snapdragon 865+