Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro

Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Note 10 Pro
Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Note 10 Pro (sumber: GSM Arena)

Smartphone alias HP Xiaomi Mi Note 10 Pro akhirnya masuk ke Indonesia. Tentu saja, yang menarik perhatian dari spesifikasinya adalah kameranya yang beresolusi 108 megapiksel.

Saat berselancar di media sosial Twitter, saya sempat melihat di beranda, iklan-iklan Mi Note 10 Pro bertebaran. Yang ditonjolkan adalah kameranya. Hasil jepretan smartphone itu diklaim bisa dicetak seukuran baligo dengan tinggi kurang lebih empat meter, tanpa mengurangi kualitas gambarnya.

Spesifikasi tersebut tentu menjanjikan. Smartphone Xiaomi yang satu ini rasanya bakal memanjakan pecinta fotografi. Jadi, kalau enggak bawa kamera DSLR sekalipun, Mi Note 10 Pro bisa diandalkan.

Baca tulisan menarik lainnya: Deretan Aplikasi yang Berguna Banget Saat Liburan

Masih berbicara soal kamera, pihak Xiaomi juga mengklaim, resolusi kamera sebesar yang dimiliki Mi Note 10 Pro adalah yang pertama di dunia. Ya, di 2021, beberapa smartphone yang diluncurkan memang baru dibekali kamera 64 megapiksel.

Sepertinya, saingan berarti Xiaomi dalam hal kamera adalah Samsung. Perlu diketahui, Samsung juga bakal meluncurkan Samsung Galaxy S11 di 2021. Ponsel pintar tersebut bakal dipersenjatai kamera yang resolusinya sama dengan punyanya Xiaomi.

Apakah Kamera 108 Megapiksel Cuma Gimmick?

Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Note 10 Pro (sumber: GSM Arena)
Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Note 10 Pro (sumber: GSM Arena)

Akhirnya, tak sedikit muncul pertanyaan di benar para pemerhati gadget tanah air mengenai tren kamera 108 megapiksel. Tak sedikit yang mempertanyakan resolusi kamera sebesar itu apakah cuma gimmick belaka atau benar-benar bisa mengambil gambar kualitas tinggi sampai bisa dicetak di baligo.

Ternyata, ada beberapa pihak yang mempercayai kamera tersebut bukan gimmick belaka. Pasalnya, angka piksel tinggi itu diimbangi dengan kenaikan ukuran permukaan sensor.

Adapun sensornya naik menjadi 1/1.33. Di smartphone sebelumnya, sensornya hanya 1/1.7 inci atau 1/2.5 inci.

Naiknya permukaan sensor itu ada berkat penggunaan sensor ISOCELL Bright HMX. Sensor ISOCELL Bright HMX diklaim menjadi sensor kamera HP pertama yang mengadopsi ukuran permukaan sensor besar dengan resolusi mencapai 12032 x 9024 piksel.

Spesifikasi Lain

Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Note 10 Pro (sumber: GSM Arena)
Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Note 10 Pro (sumber: GSM Arena)

Masih di sektor fotografi, kamera 108 megapiksel Xiaomi Mi Note 10 Pro bakal dilengkapi dengan empat kamera lainnya. Empat kamera itu di antaranya kamera telephoto 5 megapiksel (5x optical zoom), 12 megapiksel “portrait” (2x optical zoom), ultrawide 20 megapiksel, dan makro 2 megapiksel.

Sementara itu, di bagian depan, ada kamera selfie 32 megapiksel. Kamera tersebut ditempatkan di notch dengan desain menyerupai waterdrop atau tetesan air.

Baca Juga  Lima Alasan Membeli Apple iPod Touch Terbaru

Semua kinerja Mi Note 10 Pro bakal ditopang dengan chipset gaming kelas menengah Qualcomm Snapdragon 730G. Chipset tersebut dilengkapi juga dengan RAM 8GB dan memori internal 256 GB.

Baca juga tulisan menarik lainnya: Samsung Galaxy Fold, HP Layar Lipat Buat Siapa?

Sayangnya, untuk sistem operasinya, Mi Note 10 Pro masih akan menjalankan sistem operasi Android 9 Pie. Namun, antarmukanya menggunakan MIUI 11 terbaru.

Bagi Anda yang berminat membeli Xiaomi Mi Note 10 Pro ada tiga warna yang bisa dipilih yakni Glacier White, Aurora Green, dan Midnight Black. Adapun smartphone ini untuk sementara dibanderol Rp 6.999.000.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro