Struktur Teks Deskripsi [LENGKAP]: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

struktur teks deskripsi

Struktur teks deskripsi terdiri atas empat elemen dasar yaitu judul, identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi. Elemen tersebut membangun gambaran secara detail dari sebuah objek, tempat ataupun peristiwa.


Kalian pasti pernah membaca sebuah. Umumnya teks deskripsi terdapat pada ensiklopedia, buku bacaan atau bahkan kemasan dari produk makanan atau obat-obatan.

Namun, teks deskripsi berbeda dengan teks prosedur yang terdapat pada kemasan obat. Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai teks deskripsi mulai dari pengertian, ciri, struktur dan contohnya.

Pengertian

Tes deskripsi adalah sebuah teks yang berisikan tentang gambaran secara detail dari sebuah objek, tempat atau peristiwa yang sedang dibahas.

Tujuan dari teks deskripsi adalah mengajak pembaca untuk membayangkan dan merasakan secara tidak langsung topik yang dibahas pada teks deskripsi.

Ciri-Ciri

Teks deskripsi memiliki sifat-sifat tertentu yang dapat dengan mudah dikenali oleh pembacanya. Umumnya, ciri-ciri dari teks ialah:

  1. Tiap paragraf berisikan deskripsi atau penggambaran.
  2. Penjelasan yang digambarkan sangat rinci dan mendetail.
  3. Melibatkan kesan indera sehingga pembaca ikut membayangkan apa yang sedang dibahas.
  4. Menjelaskan ciri fisik atau psikis objek.
struktur teks deskripsi

Struktur

Pada umumnya, teks deskripsi disusun oleh empat elemen dasar yaitu:

  1. Judul : untuk mengetahui apa isi dari teks deskripsi tersebut.
  2. Identifikasi : merupakan kalimat pengantar mengenai apa yang akan dijelaskan pada teks deskripsi.
  3. Klasifikasi : berisikan urutan atau penggolongan dari topik yang akan dibahas.
  4. Deskripsi : penjelasan secara detail mengenai topik yang dibahas.

Jenis

Seperti yang kita tahu, teks deskripsi memiliki cakupan yang luas. Oleh karena itu, teks deskripsi digolongkan menjadi tiga jenis yaitu :

  1. Teks deskripsi subjektif, merupakan teks deskripsi yang mengambil topik berdasarkan kesan atau penilaian dari penulis teks tersebut.
  2. Teks deskripsi spastal, yaitu teks deskripsi yang menggambarkan sebuah lokasi atau ruang.
  3. Teks deskripsi objektif, teks deskripsi yang menggambarkan keaadan dari sebuah objek tanpa menambahkan penilaian dari penulis teks.

Contoh

Untuk lebih mudah dalam memahami teks deskripsi, berikut adalah contoh dari teks deskripsi.

Judul

Burung sekretaris

struktur tesk deskripsi

Identifikasi

Di dunia ini ternyata banyak sekali jenis yang unik, baik itu dari namanya maupun dari ciri khas yang dimilikinya. Salah satu jenis burung yang unik yang harus anda ketahui yaitu burung sekretaris.

Klasifikasi

Burung sekretaris adalah sejenis burung pemangsa berukuran besar yang hidup terestrial. Burung ini merupakan unggas endemik dari Afrika, sering dijumpai di padang rumput terbuka dan savannah di wilayah sub-Sahara Afrika. Meskipun termasuk ordo Accipitriformes, yang juga mencakup banyak burung pemangsa diurnal lainnya seperti burung layang-layang, elang, burung bangkai, dan harrier, jenis ini digolongkan ke dalam familia tersendiri, yaitu Sagittariidae.

Baca Juga  √ 5+ Spesifikasi Smart TV Samsung & Coocoa Terbaru

Deskripsi

Pada bagian tubuh burung sekretaris diselimuti dengan bulu bulu yang di dominasi dengan warna putih, hitam dan juga warna abu-abu muda. Perlu anda ketahui, jika burung sekretaris ini bisa tumbuh sampai dengan mencapai tinggi 1 meter.

Burung yang mempunyai warna orange di bagian wajahnya ini termasuk salah satu jenis burung pemangsa ular. Pada saat membunuh ular, pada umumnya burung ini akan menendangnya dengan kuat. Hal yang dilakukan ini tentu saja juga didukung oleh kakinya yang panjang dan kuat.

Salah satu keunikan dari ciri burung sekretaris yaitu pada bagian kakinya yang cukup panjang seperti ciri burung bangau. Padahal untuk jenis burung ini juga tidaklah spesies burung yang sering hidup di air seperti halnya beberapa burung air yang memiliki bagian kaki yang panjang.

Keunikan lain yang dimiliki oleh burung sekretaris yaitu sosoknya yang sangat di takuti oleh ular. Burung sekretaris ini juga bisa membunuh seekor ular dengan cara menendang dengan sangat keras ular dengan menggunakan kakinya yang panjang.

Maka dari itu, inilah sebenarnya fungsi dari kaki yang sangat panjang yang dimiliki burung sekretaris. Cara yang lain dari burung ini juga untuk membunuh yaitu dengan mencengkram ular dengan memakai kuku-kukunya yang tajam.


Sekian pembahasan mengenai teks deskripsi. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Struktur Teks Deskripsi [LENGKAP]: Pengertian, Ciri, dan Contohnya